Sukseskan Proyek Strategis Pesawat R80 Rancangan BJ Habibie - Anak Teknik Indonesia

Sukseskan Proyek Strategis Pesawat R80 Rancangan BJ Habibie

R80 diharapkan bisa menjadi solusi manakala ada kebutuhan untuk mengangkut penumpang lebih besar di kemudian hari.

pesawat bj habibie


Proyek pengembangan pesawat R80 rancangan Presiden Ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) bersama putranya Ilham Habibie akan melibatkan sekitar 1000 engineer dan ahli industri dirgantara nasional maupun internasional.

Cita-cita Presiden Republik Indonesia ketiga yakni Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) agar Indonesia mampu menciptakan pesawat secara mandiri mulai menemui titik terang. Dimana proyek pesawat ini resmi masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 58 Tahun 2017 tentang Proyek Strategis Nasional. Pembuatan prototype atau purwarupa ini ditargetkan akan dimulai pada tahun 2019 mendatang dengan nilai investasi sebesar Rp 200 miliar. PT Regio Aviasi Industri (RAI) Ilham Habibie optimis PT Garuda Indonesia (Persero) melalui anak usahanya Citilink, dan Lion Air Group bakal melirik pesawat buatan anak bangsa R80, apabila kebutuhan mereka meningkat.

Perpres tersebut mencantumkan 248 proyek yang masuk program Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, termasuk pesawat R80 yang ditargetkan terbang perdana 2022 mendatang.

bj habibie

Ilham mengatakan, dari kelima maskapai yang tergabung dalam Airlines Working Groups R80, tinggal dua maskapai saja yakni, Citilink dan Lion Air Group yang belum menjalin komitmen pengadaan pesawat jenis baling-baling itu. Tiga maskapai lain, yakni Nam Air, Kalstar, dan Trigana Air sudah berkomitmen untuk membeli pesawat R80 masing-masing sebanyak 100 unit, 25 unit, dan 20 unit. Kemudian, setelah melewati proses sertifikasi, R80 akan diproduksi secara massal pada 2025 dan akan melayani penerbangan jarak pendek-menengah.

Untuk sisi pendanaan, pihaknya akan menggunakan beberapa skema, salah satunya fasilitas dari pemerintah yakni skema pembiayaan investasi non-anggaran pemerintah atau (PINA) hingga melakukan penggalangan dana melalui situs crowdfunding Kitabisa.com.

Pesawat R80 mampu mengangkut 80-90 penumpang. Pesawat ini juga didesain dengan desain kokpit yang modern dan menjamin kenyamanan penumpang selama mengudara.

Pesawat ini memiliki dimensi panjang 32,3 meter dengan lebar sayap 30,5 meter dan tinggi 8,5 meter. Pesawat R80 mampu melesat hingga 330 knots atau sekitar 611 kilometer per jam. Sedangkan kecepatan ekonomisnya mencapai 290 knots atau sekitar 537 kilometer per jam. Dalam sekali terbang, pesawat ini mampu menjangkau 1.480 kilometer.


Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget