Honda Pasarkan Pesawat Pribadi HondaJet di Indonesia - Anak Teknik Indonesia

Honda Pasarkan Pesawat Pribadi HondaJet di Indonesia

Dikenal sebagai pesawat jet pribadi, pesawat ini dikembangkan oleh Honda Jepang namun dibangun di Amerika Serikat. Kabarnya, HondaJet mampu menampung enam penumpang, memiliki bentang sayap 12,15 meter dengan total panjang 12,71 meter. HondaJet ini memiliki kecepatan jelajah 778 km perjam dengan kemampuan jelajah sejauh 2.593 km.

honda

Setelah sukses membuat mobil, motor dan robot, Honda kini punya satu perusahaan yang memproduksi pesawat terbang. Kabar baiknya, Indonesia menjadi salah satu destinasi unjuk rupa pesawatnya. Yakni Honda Aircraft Company (HAC) mematok harga 4,5 juta dollar AS (sekitar Rp 60 miliar) untuk pesawat jet pribadi buatannya, HA-420 HondaJet. HondaJet, pesawat terbang yang diproduksi oleh Honda, untuk pertama kalinya mengunjungi Indonesia, setelah mendarat di Bandara Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, 25 September 2017.

Kunjungan ini merupakan bagian dari perjalanan ke-26 negara di dunia yang dilakukan oleh konsumen HondaJet, Julian dan Kim MacQueen yang memakan waktu selama 80 hari.


Dengan banderol 60 Milyar, HondaJet HA-420 ditenagai oleh dua mesin GE Honda HF120 yang mendapatkan sertifikasi produksi pada 2015 lalu. Secara keseluruhan, HondaJet HA-420 terasa ringkas dengan banderol harga yang relatif murah, jika dibandingkan dengan pesawat sekelasnya.

Pesawat ini memiliki jangkaun jelajah sejauh 1.400 mil atau sekitar 2.200-an kilometer, dengan kecepatan maksimal 420 knots atau sekitar 682 km per jam. "Spesifikasi ini sudah mencukupi untuk mobilitas di Asia Tenggara," kata Vishal.

Perjalanan ini merupakan penerbangan keliling dunia yang pertama untuk HondaJet, sekaligus kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dan performa HondaJet di berbagai negara. Dalam tur ini, HondaJet juga akan digunakan untuk pertunjukan statis dan penerbangan demo untuk pelanggan potensial di beberapa bandara dunia.


Dikenal sebagai pesawat jet pribadi, pesawat ini dikembangkan oleh Honda Jepang namun dibangun di Amerika Serikat. Kabarnya, HondaJet mampu menampung enam penumpang, memiliki bentang sayap 12,15 meter dengan total panjang 12,71 meter. HondaJet ini memiliki kecepatan jelajah 778 km perjam dengan kemampuan jelajah sejauh 2.593 km.

"Saya sangat senang karena pelanggan kami memutuskan menggunakan HondaJet untuk tur dunia mereka. Saya berharap banyak orang di seluruh dunia melihat HondaJet secara langsung dan melihat kinerja, kualitas dan keandalan pesawat ini," ujar Presiden dan CEO Honda Aircraft Michimasa Fujino, dalam keterangan resminya, Selasa (26/9/2017).

Sebagai gambaran, kompetitor terdekat HondaJet HA-420 adalah Embraer Phenom 100E dan Cessna Citation M2. Embraer Phenom 100E sendiri dijual dengan harga mulai 4,1 juta dollar AS. Sementara Cessna Citation M2 memiliki banderol harga mirip dengan HondaJet HA-420, yakni di kisaran 4,5 juta dollar AS.

Meski demikian, HondaJet HA-420 memiliki operating cost per hour yang sedikit lebih murah di antara ketiganya. Menurut situs AOPA, biaya operasional per jam HondaJet HA-420 adalah 1.134 dollar AS, sementara Embraer Phenom 100E dan Cessna Citation M2 masing-masing adalah 1.151 dollar AS dan 1.395 dollar AS.
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget