Bagaimana Seharusnya Sikap Mahasiswa Menghadapi MEA ? - Anak Teknik Indonesia

Bagaimana Seharusnya Sikap Mahasiswa Menghadapi MEA ?

Mahasiswa harus mempersiapkan diri karena selepas mereka kuliah dengan adanya MEA mereka harus mampu beradaptasi dengan keadaan yang memaksa mereka harus berhadapan dengan warga negara asing yang nantinya dengan bebas dapat bekerja di negara Indonesia atau sebaliknya. di lingkungan masyarakat, mahasiswa bisa mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bagaimana membangun mental yang kompetitif, yang mau bersaing dan memiliki keunggulan.

mahasiswa hadapi mea

Berbicara soal Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA), Ya sekarang tidak terasa MEA sudah kita hadapi. Mau tidak mau, siap atau tidak kita harus tetap siap menghadapinya. Walaupun mungkin belum sepenuhnya siap tapi kita harus siap untuk menghadapi dan bersaing dengan Negara-negara maju lainnya. Masyarakat  ekonomi ASEAN adalah suatu keuntungan bagi negara indonesia tapi juga akan menjadi tantangan besar bagi pemuda Indonesia khususnya mahasiswa setelah lulus. Dengan dibukanya pasar bebas di kawasan Asia Tenggara, segala kegiatan ekonomi seperti ekspor dan impor barang, investasi, jasa, modal, dan tenaga kerja harus siap bersaing. Sebagai generasi penerus bangsa, para pemuda harus mempersiapkan bekal agar dapat bersaing di pasar bebas saat ini, khususnya di bidang jasa dan tenaga kerja. Namun tak kalah penting juga di butuhkan kreativitas dalam mengolah kekayaan dan sumber daya yang di miliki oleh Negara kita. Ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan mahasiswa dalam menghadapi MEA, apa saja?

Melihat kenyataan  bahwa terbukanya arus perdagangan barang dan jasa serta peluang tenaga kerja asing untuk bekerja di Indonesia maupun sebaliknya tenaga kerja Indonesia bekerja di berbagai negara di ASEAN., sumber daya manusia Indonesia mendapatkan dua tugas berat yakni pertama, membendung serbuan tenaga kerja asing, kedua, melakukan ekspansi tenaga kerja ke negara-negara tetangga. Untuk itu pemerintah telah melakukan berbagai usaha, salah satunya adalah pemberian sertifikasi bagi tenaga-tenaga ahli. Langkah ini merupakan upaya untuk menetapkan standar dan kompetensi yang diperlukan di wilayah ASEAN. Hal ini perlu dilakukan agar tenaga kerja Indonesia dapat bersaing dan dapat berperan dalam perekonomian ASEAN.

Salah satu profesi yang akan bersaing dalam MEA adalah Sarjana Teknik. Ini berlaku untuk semua Sarjana Teknik. Beberapa diantaranya adalah dari Teknik Mesin, Geodesi, Teknik Fisika, Teknik Sipil dan arsitek. Lalu bagaimana kita sebagai generasi muda menghadapi ancaman MEA ?

1. Selalu Update Informasi

Ada pepatah yang mengatakan untuk berperang kita harus mengenal medan perang, musuh, dan taktik. Begitu pun bersaing dalam MEA. Cari informasi sebanyak mungkin tentang MEA, negara anggota MEA, dan segala hal yang berkaitan dengan MEA. Selalu perbarui informasi dan pantau perkembangannya. Mulai dari berita yang sedang hangat baik di bidang teknologi, perekonomian dan pendidikan. Kita harus selangkah lebih maju di banding yang lain.


2. Menguasai Bahasa Asing

Untuk menghadapi pesaing yang gak cuma datang dari dalam negeri, wajib banget menguasai bahasa asing minimal Bahasa Inggris. Kenapa? Tentu saja karena Bahasa Inggris menjadi bahasa kedua di beberapa negara ASEAN. Bahasa Inggris akan mempermudah kita berinteraksi. Lebih baik lagi jika menguasai bahasa resmi di beberapa Negara ASEAN seperti bahasa Thai, Melayu, dan Burma. Tentu kita juga diharuskan untuk sering mempraktekkan berkomunikasi dengan orang lain agar lebih lancar dan PD aja gak perlu takut salah.


3. Networking

Memiliki banyak teman bisa memperluas jaringan. Dimulai dari lingkungan rumah, kampus maupun masyarakat luar, kita bisa aktif mengikuti organisasi, seminar, kepelatihan, pertukaran pelajar atau ikut kegiatan pemuda di lingkungan rumah. Manfaatkan juga keberadaan media sosial untuk menambah teman dan jaringan dari Asia Tenggara sehingga bisa memperkaya pengetahuan kita tentang MEA dan menemukan peluang karir di masa depan. Cobalah keluar dari zona nyaman, dan jangan berteman dengan orang itu-itu saja!


4. Upgrade Skill

Meningkatkan kemampuan diri seperti ikut kursus, pelatihan, dan seminar. Jangan membatasi diri untuk belajar hal-hal baru dan selalu berpikir maju. Asah kreativitas dan kemampuan dengan mengikuti beberapa kompetisi untuk melihat seberapa jauh skill kamu berkembang. Tekuni yang menjadi passion mu khususnya di perkuliahan yang kamu tekuni. Buat selalu inovasi dalam mendukung berkembangnya iptek


5. Public Speaking

Kemampuan berbicara di depan umum penting juga dikuasai karena menjadi salah satu penunjang dalam bersaing di era global ini. Selain melatih kepercayaan diri, public speaking akan meningkatkan keterampilan dalam berbicara dan berpikir kritis. Hal ini dapat dilatih dengan aktif mengikuti organisasi dan sering berdiskusi, berargumen dan memukakan pendapat.


7. Good Attitude

Jika semua poin-poin di atas sudah kalian miliki, jangan lupa attitude yang baik.  Dengan adanya attitude yang baik, orang-orang yang bekerja sama dengan kita akan respect dan menghargai semua kemampuan kita. Apalagi bangsa Indonesia dikenal dengan keramahtamahannya yang bisa menjadi nilai tambah dalam bersaing. Selalu murah senyum, ramah, sopan, dan hormat kepada atasan atau yang lebih tua dari kita. 


6. Profesionalisme
     

Ambil sertifikasi profesi dari lembaga sertifikasi. Walaupun mungkin kalian harus merogoh uang yang cukup besar tetapi Sertifikasi profesi dapat digunakan untuk mengukur standar kompetensi profesionalisme. Selain itu dapat pula dijadikan upaya menaikkan daya saing pekerja lokal yang berkualitas dengan pekerja asing. Profesionalisme di sini dapat diartikan tekun, kerja keras, dan fokus.


source : Inspirator Freak
 
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget