Tim Perwakilan Indonesia Tampil Elegan di Student Formula Japan 2017 - Anak Teknik Indonesia

Tim Perwakilan Indonesia Tampil Elegan di Student Formula Japan 2017

Kontes otomotif tingkat asia SFJ 2017 diikuti oleh perwakilan kampus-kampus di Indonesia. Di Student Formula Japan (SFJ) 2017 telah banyak bersiap. Dan beberapa perwakilan telah menorehkan prestasi membanggakan.

student formula japan

SFJ ( Student Formula Japan) merupakan event tahunan yang diadakan oleh JSAE (Japan Society of Automotive Engineering). Event yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa pecinta otomotif dan mobil balap. Formula Student ini sebenarnya tidak hanya diadakan di Jepang atau se Asia, tetapi juga dibenua lain, seperti Australia, Europe, dan Amerika.

Dan event bergengsi se Asia ini diikuti oleh tim dari Indonesia, yakni mereka terdiri dari Tim Bengawan dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Tim Garuda dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Tim Sapuangin dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Tim Bimasakti dari Universitas Gajah Mada (UGM).

Rangkaian Student Formula Japan 2017 ini telah usai dilaksanakan pada tanggal 5-9 September 2017 lalu di Stadium Ecopa, Jepang. Pada Dynamic Event, Garuda UNY Racing Team dan Bengawan UNS merupakan tim dari Indonesia yang mampu menyelesaikan tahap krusial pada Technical Inspection.

student formula japan

Bahkan Garuda UNY dengan mobil formula FG-17 tampil cekatan dengan berhasil menyelesaikan proses TI dalam satu hari saja. Hal ini tentu patut diapresiasi mengingat hari pertama TI hanya ada 30% tim yang lolos, sedang sisanya harus melakukan perbaikan lagi untuk lolos tahap ini.

Setelah lolos TI, tim lalu melakukan proses scrutineering, yaitu Tilt Test, Weigh, Noise dan Brake Test serta mendapatkan poin tertinggi. Setelah dikalkulasi, total poin yang diperoleh Garuda UNY Racing Team adalah 301,21 poin dengan peringkat 52 dari 94 tim. Poin itu juga yang mengantarkan tim dari UNY ini menjadi tim Indonesia yang meraih peringkat terbaik pada kompetisi 2017 Student Formula Japan.

Pada hari pertama dan kedua, seluruh peserta mengikuti Static Event terlebih dahulu, yakni Technical Inspection, dan tiga agenda presentasi: Cost and Manufacturing, Design Report, dan Business Logic Plan.

student formula japan
Untuk mengikuti Dynamic Event yang terbagi dalam empat kategori: Autocross, Skidpad, Acceleration, dan Endurance, syarat utamanya adalah lolos Technical Inspection.

Pada kategori Acceleration, GURT berhasil meraih peringkat 24 dengan catatan waktu 4,624 detik, kategori Autocross menduduki peringkat 35 dengan capaian 1 menit 3 detik, dan Skidpad meraih peringkat 18dengan capaian waktu 5,320 detik yang merupakan rekor terbaik yang dicatat oleh tim Indonesia pada ajang Student Formula di Jepang.
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget