13 Jurusan dengan Gaji Tertinggi Didominasi Lulusan Teknik - Anak Teknik Indonesia

13 Jurusan dengan Gaji Tertinggi Didominasi Lulusan Teknik

Minat dan bakat boleh jadi salah satu pertimbangan mahasiswa dalam memilih jurusan Tapi soal masa depan dan potensi gaji saat kerja nanti juga tak bisa dikesampingkan.

gaji lulusan teknik
amazonews.com

Coba tanyakan dalam diri kita, pada usia berapakah kamu mulai ambil ancang-ancang menentukan jurusan kuliah yang ingin diambil? Pertimbangan apa yang diambil? Padahal memilih jurusan kuliah enggak bisa dianggap enteng. Karena, sedikit banyak periode hidupmu selama 3-4 tahun itu akan menentukan lebih dari 70% kehidupan dewasamu kelak. Enggak mau kan, menghabiskan waktu 4 tahun / lebih namun berujung sia-sia?

Seperti yang telah dilansir oleh PayScale, yakni perusahaan pembuat basis data bayaran gaji terbesar di dunia. Payscale memantau rata-rata bayaran awal dan pertengahan karir bagi lebih dari jutaan sarjana, termasuk sarjana profesional dari 963 universitas yang ada di dunia. 

PayScale pun telah menyortir hasil data tersebut sesuai kampus, tingkat dan jurusan. Contohnya adalah untuk jurusan teknik perminyakan yang mendapatkan gaji awal sekitar RP 814 juta per tahun. Besaran ini bisa jadi tak berlaku di Indonesia karena Payscale melakukan pemantauan di dunia. Namun kita sebagai lulusan teknik nantinya juga harus mampu dong untuk bersaing dan bekerja di tempat asing? Apa saja jurusan nya? Simak...

1. Teknik Perminyakan


Teknik perminyakan adalah salah satu jurusan yang berfokus kepada tambang minyak, gas, dan panas bumi, meliputi kegiatan pengeboran, eksplorasi, distribusi dan ekonomi migas. Teknik perminyakan sendiri mirip dengan teknik pertambangan, yang mempelajari bagaimana menambang benda padat seperti logam, batubara atau bahan galian lainnya.

Rata-rata gaji awal: US$ 96.700 atau Rp 1,2 milyar
Rata-rata gaji pertengahan: US$ 172.000 atau Rp 2,2 miliar


2. Teknik Kimia


Teknik kimia mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Serta mempelajari pengaruh fisikanya, perubahan-perubahannya, proses ekstraksi, proses termodinamika, stokhiometri, dll.

Rata-rata gaji awal: US$ 69.800 atau Rp 907 juta
Rata-rata gaji pertengahan: US$ 119.000 atau Rp 1,5 miliar


3. Teknik Material dan Metalurgi

Jurusan satu ini mungkin agak asing namanya. Bidang kerja lulusan satu ini, berkaitan erat dengan Pertambangan. Bedanya, Teknik Material dan Metalurgi lebih spesifik mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam. Jurusan satu ini tergolong langka, lho!

Rata-rata gaji awal: US$ 65.800 atau Rp 855 juta
Rata-rata gaji pertengahan: US$ 108.000 atau Rp 1,4 miliar


4. Teknik Komputer

Adalah suatu disiplin khusus yang mengombinasikan teknik elektro dan ilmu komputer. Seorang teknisi komputer adalah teknisi yang berfokus pada sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data pada frekuensi radio, dan elektronika sebagai bagian dari komputer secara menyeluruh.

Rata-rata gaji awal: US$ 69.600 atau Rp 904 juta
Rata-rata gaji pertengahan: US$ 113.000 atau Rp 1,5 miliar


5.  Teknik Pertambangan

Lulusan teknik pertambangan biasanya sih akan menjadi orang lapangan. Alias, mengeksplorasi bahan-bahan tambang yang ada di perut bumi. Mulai dari berlian hingga minyak bumi.  Mulai dari mendeteksi keberadaannya, hingga bertanggung jawab atas eksekusi penggalian.

Rata-rata gaji awal: US$ 70.200 atau Rp 913 juta
Rata-rata gaji pertengahan: US$ 107.000 atau Rp 1,4 miliar


6. Teknik Nuklir

Di antara kamu ada yang ingin mengikuti jejak Prof. rer. Nat Evvy Kartini, salah satu ahli nuklir dunia? Berkecimpung di teknik nuklir, kamu akan mengakrabi prinsip-prinsip fisika nuklir. Di dunia kerja, ilmu ini diaplikasikan untuk rancang, kembang, dan perawatan sistem fisi nuklir. Bisa di dunia kedokteran atau radioaktivitas lingkungan. 

Rata-rata gaji awal: US$ 68.500 atau Rp 890 juta
Rata-rata gaji pertengahan: US$ 116.000 atau Rp 1,5 miliar


7. Teknik Elektro/Listrik 

Teknik listrik adalah ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknik listrik melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Rata-rata gaji awal: US$ 68.100 atau Rp 885 juta
Rata-rata gaji pertengahan: US$ 114.000 atau Rp 1,5 miliar


8. Teknik Kedirgantaraan
Teknik kedirgantaraan adalah teknik yang mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan upaya penjelajahan manusia di dalam atmosfer atau di luar angkasa.

Rata-rata gaji awal: US$ 65.400 atau Rp 850 juta
Rata-rata gaji pertengahan: US$ 106.000 atau Rp 1,4 miliar


9. Teknik Mesin

Teknisi mesin atau mekanik adalah mereka yang mendesain dan menganalisis pembuatan kendaraan, pesawat, pabrik industri, peralatan dan mesin industri dan lain sebagainya.

Rata-rata gaji awal: US$ 63.500 atau Rp 825 juta
Rata-rata gaji pertengahan: $103,100 atau Rp. 1,3 miliar


10. Teknik Industri

Ilmu teknik ini berkenaan dengan pengembangan, perbaikan, implementasi, dan evaluasi sistem integral dari manusia, pengetahuan, peralatan, energi, materi, dan proses.

Rata-rata gaji awal: US$ 63.800 atau Rp 829 juta
Rata-rata gaji pertengahan: US$ 104.000 atau Rp 1,3 miliar


11. Teknik Sistem Informasi

Fokus program ini adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai jiwa dan semangat technopreneur serta kompeten melakukan analisa, desain, dan implementasi sistem informasi pada perusahaan bisnis, baik dagang, ataupun jasa.

Rata-rata gaji awal: US$ 66.400 atau Rp 863 juta
Rata-rata gaji pertengahan: US$ 121.000 atau Rp 1,6 miliar


12. Teknik Biomedis

Bidang ini menggabungkan kemampuan desain dan pemecahan masalah seorang insinyur dengan ilmu medis dan ilmu biologi di bidang kedokteran, seperti diagnosa, pengawasan, dan terapi.

Rata-rata gaji awal : US$ 62.700 atau Rp 815 juta
Rata-rata gaji pertengahan: US$ 104.000 atau Rp 1,3 miliar


13. Teknik  Informatika


Informatika adalah ilmu yang mempelajar perangkat, baik sistem maupun alat, yang dapat menyebarkan informasi. Jadi, jika kamu memang tertarik dengan bahasa pemograman untuk menciptakan suatu sistem atau aplikasi canggih, ini bisa jadi pilihan tepat.

Rata-rata gaji awal: US$ 64.700 atau Rp 841 juta
Rata-rata gaji pertengahan: US$ 98.100 atau Rp 1,2 miliar
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget