SPLU PLN Siap Memenuhi Kebutuhan Kendaraan Listrik di Tempat Umum - Anak Teknik Indonesia

SPLU PLN Siap Memenuhi Kebutuhan Kendaraan Listrik di Tempat Umum

PT PLN (Persero) rupanya mengaku sudah membuat 545 stasiun pengisian listrik umum (SPLU) yang tersebar di beberapa lokasi di Jakarta. Langkah ini diklaim menjadi wujud mendukung pemanfaatan energi bersih khususnya kendaraan listrik.

pln

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah menyiapkan sekitar 500 unit Electric Vehicle Charging Station atau Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU). Hal ini dilakukan sebagai persiapan infrastruktur dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat serta menyambut kedatangan era kendaraan listrik baik sepeda motor maupun mobil.

Manajer Commerce and Customer Service PLN Distribusi Jakarta Raya Leo Basuki, menjelaskan, SPLU yang dinamakan Beji Lintar ini awalnya merupakan fasilitas untuk melayani konsumen-konsumen non-rumah seperti pelaku usaha kecil dan pedagang kaki lima. Selain untuk mengkomodir kebutuhan listrik masyarakat, juga menjadi pencegahan dari maraknya aksi pencurian listrik. Selain itu karena maraknya kehadiran kendaraan listrik yang mulai berkembang fasilitas SPLU ini juga bisa dipakai.
 
pln
http://splu-pln.com
Cara isi ulangnya cukup mudah. Dijelaskan Leo, pertama-tama yang harus dilakukan adalah mencatat nomor SPLU di terminalnya. Kemudian, beli voucher di tempat yang telah ditetapkan seperti di bank dan di tempat penjual pulsa. "Lalu kalau sudah masukkan 20 digit ke SPLU itu. Di sana muncul berapa energi yang kita beli," sambungnya. Setelah itu, maka SPLU siap dipakai.

Meski demikian, isi ulang seperti ini memang masih punya kelemahan. Hal ini berkaitan dengan durasi isi ulang baterai yang bisa mencapai lima jam lebih. Tentu, tidak mungkin isi ulang di tempat umum selama itu. Sehingga harapannya nanti bisa dikembangkan teknologi fast charging yang sudah diasopsi oleh produk smartphone.
 
listrik pintar
otomotif.kompas.com
Dan untuk jenis kendaraan yang saat ini bisa menikmati SPLU tersebut masih sebatas untuk sepeda motor listrik. Tapi nantinya akan terus dikembangkan menyesuaikan dari jenis kendaraan yang akan datang ke Indonesia.

Melihat dari situs resmi SPLU-PLN, memang sudah ada beberapa daftar SPLU Beji Lintar yang terpasang dalam beberapa wilayah kerja PLN Distribusi Jakarta Raya, seperti ;

-18 unit di wilayah kerja PLN Area Ciracas
-18 unit di wilayah kerja PLN Area Lenteng Agung
-17 unit di wilayah kerja PLN Area Bandengan
-17 unit di wilayah kerja PLN Area Pondok Kopi
-16 unit di wilayah kerja PLN Area Bintaro
-15 unit di wilayah kerja PLN Area Ciputat
-15 unit di wilayah kerja PLN Area Tanjung Priok
-13 unit di wilayah kerja PLN Area Kramat Jati
-12 unit di wilayah kerja PLN Area Bulungan
-12 unit di wilayah kerja PLN Area Jatinegara
-12 unit di wilayah kerja PLN Area Kebon Jeruk
-12 unit di wilayah kerja PLN Area Pondok Gede
-10 unit di wilayah kerja PLN Area Marunda
-9 unit di wilayah kerja PLN Area Cempaka Putih
-9 unit di wilayah kerja PLN Area Cengkareng,
-4 unit di wilayah kerja PLN Area Menteng.

 source : kompas.com dan liputan6.com
Labels:
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget