Motor Listrik GESITS Bukti Konkrit Indonesia Mampu dan Siap Go Internasional ! - Anak Teknik Indonesia

Motor Listrik GESITS Bukti Konkrit Indonesia Mampu dan Siap Go Internasional !

Pasar otomotif nasional saat ini didominasi oleh merek asing. Padahal, hampir seluruh produk otomotif yang diniagakan di produksi di dalam negeri. Dan Skutik listrik Gesits disiapkan untuk go international.

motor listrik spesifikasi
Karya anak bangsa, inilah spesifikasi GESITS secara mendetail (gesits.co.id)
Harapan memiliki industri otomotif yang digerakan oleh tangan putra-putri terbaik bangsa sendiri kini tak lagi menjadi mimpi belaka, sebab inovasi anak bangsa bakal terwujud ditahun depan bahkan ditargetkan go international di tahun 2020. Pasalnya masa pemerintahan Presiden Joko Widodo sangat sering menggalakkan inovasi dalam bidang ilmu pengetahuan teknologi. Artinya bahwa anak – anak bangsa harus bisa mengembangkan kapasitasnya dalam bidang pengembangan teknologi dan menciptakan hal – hal baru yang sekiranya bermanfaat bagi bangsa ini kedepannya. Dan motor listrik Gesits karya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya jadi motor penggeraknya.

Apalagi semakin serunya pertarungan industri otomotif yang ada saat ini membuat sebagian besar produsen otomotif yang ada dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi yang semakin sengit. Setelah maraknya kehadiran motor matic dengan berbagai jenis yang dihadirkan vendor-vendor ternama dunia, memasuki era baru saat ini banyak sepeda motor baru yang menawarkan sesuatu yang beda, termasuk hadirnya sepeda motor listrik sebagai inovasi dan angin segar bagi para pecinta motor.
mesin gesits
Stabilitas berkendara desain GESITS
gesits
Day Running Light (DRL) body depan GESITS
motor listrik
Baterai GESITS didesain removable
gesits
Performa baterai dan motor listrik pada GESITS

Bicara tentang inovasi, motor listrit GESITS adalah salah satu bentuk dari inovasi anak bangsa yang sedang berada dalam tahap komersialisasi. Saat ini, motor listrik tersebut sedang dalam tahap produksi massal dan akan dipasarkan mulai 2018 mendatang, bekerja sama dengan Garasindo. Tidak tanggung – tanggung, produksi massal perdana dari GESITS mencapai lima puluh ribu. Sebagian dari jumlah tersebut telah dipesan oleh berbagai instansi seperti PT Telkom dan Pemerintah Provinsi Bali.

Kemitraan Garansindo dengan ITS Surabaya merupakan langkah awal untuk mewujudkan mimpi masyarakat Indonesia yang mendambakan bisa menjadi juara di negeri sendiri. Sebagaimana diketahui, industri otomotif telah lama dikuasai oleh `saudara tua` Indonesia. Menurut Muhammad Nur Yuniarto Kepala Proyek Gesits, mengembangkan dan memproduksi motor listrik merupakan quantum leap bagi Indonesia. "Karena kita tidak mengembangkan mesin pembakaran internal, atau hybrid, tapi langsung ke listrik," katanya.

Sebab, bila masih fokus menggarap kendaraan dengan mesin pembakaran internal Indonesia sudah ketinggalan jauh. Sementara di listrik, semua baru memulai.
Lebih lanjut, Garansindo sendiri akan fokus pada produksi dan branding Gesits, sementara ITS Surabaya menjadi pusat pengembangan produk. Kini, lebih dari 100 paten terkait motor listrik Gesits dipegang ITS Surabaya.

Motor listrik GESITS dengan daya 5 KW untuk sekali perjalanan  bisa mencapai jarak tempuh 80 – 100km.  Ini menandakan bahwa produk – produk buatan anak bangsa layak untuk diapresiasi dan diberikan tempat seluas-luasnya. Jika tak ada aral melintang, motor listrik Gesits akan diproduksi tahun ini. Sejumlah persiapan tengah dikebut. Mereka pun memperkuat kemitraan dengan sejumlah pihak, mulai dari swasta, BUMN, hingga universitas.  

Alief Wikarta bersama GESITS yang dipamerkan pada  Ritech Expo 2017 di Makassar

“Dukungan dari pemerintah, dalam hal ini beberapa kementerian yang berkaitan dengan pengurusan standarisasi, uji kelayakan hingga pengurusan perijinan pertaturan penerapan kendaraan listrik untuk digunakan masyarakat umum,” kata Alief Wikarta ST., MSc.Eng. Ph.D, salah satu  tokoh yang berada dibalik hadirnya motor listrik GESITS ketika ditemui di Arena pameran Ritech Expo 2017.

 Lebih lanjut lagi, Dosen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini menyampaikan bahwa gaung dari GESITS sebagai kendaraan nasional hanyalah tinggal menunggu pernyataan resmi dari Presiden Republik Indonesia. Jika hal itu terjadi, maka GESITS dengan resmi akan menjadi kendaraan nasional dan semoga tidak ada kendala!
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget