Kehebatan Panser Anoa Amfibi Karya Anak Bangsa - Anak Teknik Indonesia

Kehebatan Panser Anoa Amfibi Karya Anak Bangsa


Kendaraan Tempur Anoa Amphibious merupakan pengembangan lebih lanjut dari kendaraan tempur anoa 6x6 produksi PT Pindad. Anoa ini dibuat dengan memperhatikan kondisi geografis serta kontur bumi Indonesia dimana sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari perairan seperti sungai dan danau.

Dirut PT Pindad (persero) Abraham Mose mengatakan, untuk mendukung performa para personel TNI dalam berpatroli di segala medan dan cuaca, dibutuhkan kendaraan yang dapat memberikan kemudahan mobilisasi sebaik mungkin. Untuk itu, Panser Anoa Amphibious didesain untuk bisa melintasi wilayah NKRI khususnya di daerah pedalaman yang medannya sangat berat dan yang belum di tunjang oleh infrastruktur yang memadai seperti jalan dan jembatan, sehingga kendaraan harus bisa melintasi sungai dan danau.

Dengan berat kosong 12 ton, panser ini dilengkapi propulsi water propeller‎ atau baling-baling yang terdapat di dua sisi di bagian belakang dengan sistem hidrolik . Alat tersebut membuat manufer panser lebih cepat di dalam air dan dapat berputar 360 derajat. Bahkan kendaraan ini bisa maju dan mundur di dalam air. Dengan kecepatan 10 km/jam dan mampu membawa 10 orang personel dengan kapasitas bahan bakar sebanyak 200 liter.

"Terkait kecepatan, on highway bisa mencapai 80 km/h, off road 30 km/h, dan 10 km/h in water"

Lebih jauh, ranpur ini bisa memiliki jangkauan hingga 600 km dengan tenaga mesin diesel in line 6 cyliendre 320 HP dan transmisi automatic.

Jakartagreater.com

Pindad membanderol Panser Anoa yang standar seharga Rp 12 miliar per unit. Maka dari itu, diperkirakan harga satu unit yang memiliki kemampuan bisa bermanuver di dua matra tersebut lebih mahal.

Saat ini, untuk memastikan kelaikan dalam penggunaan di lapangan, Panser Amphibious Pindad sudah siap melalui proses sertifikasi. Dengan Kapasitas produksi 80 unit per tahun, saat ini fasilitas produksi Pindad sudah siap untuk melakukan produksi varian terbaru Panser Anoa.

Saat berkunjung ke Mabes TNI, Presiden Jokowi mencoba langsung Panser Anoa Amphibious buatan PT Pindad ini. Panser ini merupakan alutsista baru yang diproduksi anak negeri.

Jokowi naik Anoa ini dari pintu masuk Mabes TNI. Anoa yang dikendarai dua Korps Wanita TNI AD (Kowad) ini kemudian menuju sebuah danau yang ada di Mabes TNI. Jokowi cukup terkesan dengan produksi baru PT Pindad ini. Sebuah kendaraan berat bisa masuk ke air dengan stabilitas yang baik.
Labels:
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget