9 Barang Yang Selalu Dibawa Anak Teknik - Anak Teknik Indonesia

9 Barang Yang Selalu Dibawa Anak Teknik

Perlu diketahui saja, beriku adalah benda-benda yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan Anak Teknik!

 
Setiap mahasiswa punya ciri khasnya sendiri, apalagi setiap jurusan atau fakultas pasti memiliki ciri dan tradisinya sendiri-sendiri. Begitupun Fakultas Teknik yang diisi dengan mahasiswa-mahasiswa yang bisa dibilang unik dan berbeda dengan fakultas-fakultas lain. Perbedaan ini didasari dengan budaya perkuliahannya dan pekerjaan lapangannya yang menuntut mereka berpikir dengan permasalahan benda-benda mati dan hal lain sesuai logika dan fakta. Sehingga tuntutan perkuliahan inilah yang membuat mereka gemar / kebiasaan membawa perlengkapan / peralatan yang tak biasa dibawa oleh mahasiswa fakultas lain. Apa saja?

1. Tabung Gambar


Siapa sih yang gak tahu matkul gambar teknik? Pasti semua mahasiswa teknik pernah ngerasain matkul ini. Hampir semua jurusan teknik ada matkul yang satu ini, mulai dari mesin, sipil, arsitek, perkapalan, elektro, dll. Dan memang kebanyakan saat ini tugas gambar teknik diberikan dalam bentuk software. Seperti autocad, sketchup, inventor, dll. Sesuai jurusan masing-masing,seperti bangunan gedung, perangkat mesin, bangunan kapal, proyeksi tatanan kota, dll. Namun walaupun begitu, mahasiswa juga harus dituntut membuat gambar secara manual,karena biasanya dosen tak percaya dengan hasil dari software. Karena banyak yang copas. Sehingga dalam membuat gambar tersebut mereka selalu menyimpannya kedalam tabung agar tidak mudah rusak.

2. Tas Ransel Besar
Emang gak peduli cewek ataupun cowok, mahasiswa teknik kebanyakan selalu membawa barang-barang berat. Karena selain laptop sebagai barang wajib, mereka juga selalu membawa peralatan gambar teknik seperti pensil mekanik, jangka, penggaris dengan 4 macam bentuk, mesin gambar, dll. Kebiasaan membawa tas ransel ini mungkin berbeda dengan mahasiswa jurusan lain yang mungkin hanya membawa tangan berisi makeup.

3. Kalkulator scientific
kalkulator

Gak jauh berbeda dengan mahasiswa MIPA, mahasiswa teknik juga disibukkan dengan angka dan hitungan kok. Mereka juga terbiasa dengan angka-angka rumit dan gak bisa dihitung secara manual..

4. Wearpack / Baju Bengkel

anak teknik

Yaa, kalo liat mahasiswa pake baju aneh dengan tulisan dengan embel-embel "engineering" gausah ditanya lagi ya itu mahasiswa apa. Dia pasti mau praktik lapangan atau pekerjaan bengkel. Mulai dari mengukur theodolit, merangkai peralatan listrik, mengelas baja dan pekerjaan berat lain. Namun itu semua adalah tidak lain sebagai penyeimbang teori-teori yang sudah mereka dapatkan di kelas.

5. Safety Shoes / perlengkapan safety lain

safety

Bagi sebagian mahasiswa teknik dengan lapangan pekerjaan berat biasanya menggunakan sepatu safety ini. Seperti teknik perkapalan, teknik sipil, teknik perminyakan, teknik listrik, teknik mesin. Dan memang sangat penting sepatu ini, selain karena sebagai alat pelindung kaki dari benda keras juga sebagai pencegah ketika ada bahaya listrik. Memang terlihat kurang gaul dibanding mereka yang terbiasa memakai sepatu sneakers. Tapi mahasiswa teknik punya daya tariknya tersendiri kok ketika memakai sepatu safety.

6. Baju PDL Jurusan


baju teknik

Mahasiswa teknik selain memiliki kebanggaan dengan jurusannya juga selalu memiliki solidaritas yang tinggi. Sehingga mereka selalu menunjukkan identitas mereka melalui atribut-atribut. Salah satunya baju PDL dengan tulisan khas "engineering"nya.Bahkan saking gemarnya pake baju ini, mereka terkadang sampe gak punya baju lain selain baju khas jurusannya itu.

7. Gelang Solidarity

 

Gak semua sih, tapi kebanyakan mahasiswa teknik memiliki gelang yang satu ini. Biasanya gelang ini dipakai ketika masih mahasiswa baru.

8. Kertas laporan

anak teknik

Bukan mahasiswa teknik kalo gak biasa bikin laporan. Biasanya mereka selalu punya stock kertas kosong / kertas bergaris untuk menulis laporan. Atau biasanya mereka punya sampul tersendiri untuk mengumpulkan laporan. Bahkan saking parahnya, mereka selalu punya stok kertas banyak banget sampe bikin tasnya berat. Kertas banyak itu bukan karena mereka rajin ngerjain, tapi karena revisi dan disuruh ngulang sama dosennya. Tapi biasanya mereka tetap simpan itu laporan yang salah. 

9. Nampan laporan

laporan

Yaaa ini sebagai pelengkapnya lah bro. Biasanya ini selalu dibawa mahasiswa teknik agar memudahkan menulis laporan di mana saja. Karena biasanya di waktu senggang mereka selalu menulis laporan, tak peduli dimanapun tempatnya...

Yaa begitulah lika-liku mahasiswa teknik. Susah seneng tetap dinikmati bareng-bareng.. Karena mereka punya jargon "masuk bareng, lulus bareng". Walaupun pada kenyataannya susah dan hampir gak pernah bisa lulus bareng... Hmmmm
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget