Yuk, Mengenal Teknologi Hybrid Pada Mobil Toyota - Anak Teknik Indonesia

Yuk, Mengenal Teknologi Hybrid Pada Mobil Toyota

Tentu kita sebagai anak teknik tak asing dengan teknologi hybrid. Yakni teknologi dengan konsumsi bahan bakar minyak tanpa mengurangi performa mobil, yang sudah banyak diterapkan oleh kendaraan-kendaraan revolusioner seperti Toyota Prius dan Toyota All New Camry. Dimana kendaraan ramah lingkungan ini digadang-gadang mampu membangun lingkungan yang bersih.

teknologi hybrid

Karena munculnya isu akan pemanasan global, polusi udara dan borosnya pemakaian bahan bakar. Saat ini Toyota kerap mengadakan pembelajaran bagi mahasiswa-mahasiswa Indonesia dalam acara Toyota For Teens untuk lebih mengenalkan teknologi hybrid. Mobil Hybrid diciptakan oleh pabrikan otomotif karena harga bahan bakar non subsidi yang terus mengalami peningkatan harga. Apalagi pemakaian di jalan perkotaan yang mengalami kemacetan setiap hari. Pembaca pun pastinya sudah tahu, konsumsi bahan bakar pada saat kemacetan lebih boros.

Pada dasarnya sistem hibrida adalah perpaduan dua penggerak yaitu mesin konvensional dan motor listrik. Cara kerjanya secara bergantian dan sekaligus menjadikan mesin sebagai generator. Pada Toyota Hybrid System (THS) dikenal dua sistem yaitu Parallel dan Series. Masing-masing menunjukan struktur hubungan antara mesin dengan motor listrik yang digunakan.

Lalu apa saja komponen yang digunakan pada teknologi hybrid? Mari kita pelajari agar semakin luas wawasan kita..

rem hybrid

1. Motor listrik

Komponen motor pada mobil hybrid. Toyota menggunakan motor listrik yang efisien, dapat menghasilkan kuat torsi naik ke rentang revolusi (rpm) tinggi.  Dimana bentuknya lebih kompak, ringan, efisien, dan halus.

Komponen tersebut menggunakan aliran listrik sistem 3 fase, mampu mengontrol secara optimum antara putaran magnet dengan rotor magnet yang mempunyai struktur ideal yaitu konfigurasi V.

2. Baterai Silicon Karbida


Toyota  berhasil mengembangkan teknologi baterai yang efisien, dingin dan berbobot ringan. Sehingga daya tahan semakin panjang. Hal tersebut diraih berkat penggunaan material nickel hydride (Ni-MH).

Penggunaan teknologi semikonduktor juga punya peran penting  dalam pengoperasian hybrid. Pada saat menghidupkan mobil dan mesin mulai panas, jika baterai dalam keadaan perlu di isi. Maka mesin generator akan mengubah energi yang dihasilkan dari mesin bensin menjadi energi listrik untuk mengisi baterai.

3. Mesin

Tipe mesin berbahan bakar gas atau bensin yang digunakan dalam teknologi hybrid Toyota diklaim lebih irit bahan bakar dengan tenaga maksimal. Selain itu bisa menghasilkan output yang lebih tinggi daripada mesin konvensional sejenis. Seperti contoh pada saat anda membawa mobil pada saat kecepatan jelajah, sekitar 60 – 80 kilometer / jam, mesin bensin akan sepenuhnya mengambil alih tenaga penggerak mobil, dan jika baterai kekurangan daya, saat kecepatan jelajah, energi yang dihasilkan mesin bensin akan dirubah oleh generator untuk mencharge baterai.

toyota

4. Power Control Unit (PCU)

PCU berfungsi untuk membagi dan mendistribusikan tenaga listrik yang dihasilkan mesin ke roda penggerak (drive train). PCU terdiri dari inverter untuk mengubah arus DC menjadi AC yang disediakan oleh baterai untuk menghidupkan motor listrik. Inverter juga akan mengonversi AC yang dihasilkan oleh motor listrik dan generator menjadi DC untuk mengisi ulang baterai. Elemen lain PCU ini adalah boosting converter. Fungsinya untuk meningkatkan voltase atau tenaga listrik normal 201,6 V pada pasokan DC menjadi tegangan 650 V untuk motor listrik. DC converter untuk mengurangi tegangan 201,6 V suplai dari baterai ke tegangan 12 V untuk peenggunaan sistem-sistem pendukung dan perangkat elektronik seperti ECU.

5. Power Split Device


Alat mengatur perputaran poros yang langsung ke mesin dan terhubung dengan motor listrik.

6. Generator


Hybrid cars menggunakan generator kecepatan tinggi untuk menghasilkan daya maksimum. Bertujuan untuk mengimbangi putaran mesin saat kecepatan kendaraan dalam keadaan rendah dan sedang.

7. Regenerative Braking

Sistem ini memanfaatkan panas rem ataupun saat pengurangan laju (deselerasi) yang memungkinkan penggunaan kekuatan rotasi dari poros. Energi yang dihasilkan disimpan di baterai. Sistem ini dapat menghemat pemakaian gas atau bensin.

8. Reduction Gear
Fungsinya untuk mengurangi rpm tinggi dari motor listrik guna memberi efek pada torsi sehingga memberikan akselerasi yang mulus pada kendaraan.


Baca Juga : Dilaporkan Melanggar, Porsche SUV Uji Coba Kelayakan Kembali


Lalu sebenarnya kelebihan mobil Hybrid dibandingkan dengan mobil non Hybrid itu apa sih?

1. Irit Bahan Bakar Minyak


Walaupun mobil Hybrid juga menggunakan bensin, tapi dalam hal konsumsi bahan bakar minyak mobil Hybrid lebih irit bahan bakar di bandingkan mobil non Hybrid. Hal yang membuat mobil Hybrid irit bahan bakar, karena mesin mobil menggunakan bensin tidak hidup terus menerus.

Di saat anda menghidupkan mobil Hybrid, mesin dengan bahan bakar minyak sama sekali tidak hidup. Sistem kelistrikan mobil Hybrid sepenuhnya di tenagai oleh baterai, baik audio, AC, power window. Saat anda menjalankan mobil Hybrid dalam kecepatan rendah, untuk menggerakkan mobil digerakkan oleh motor listrik bertenaga baterai. Dengan cara kerja ini, tentunya konsumsi bensin akan jauh lebih irit dari mobil non Hybrid. 

2. Kelebihan Mobil Hybrid Rendah Emisi Gas Buang
Tentunya mobil mewah dengan sistem fuel injection dan rasio kompresi mesin minimal 10,5, tidak akan efektif kinerjanya jika anda menggunakan bahan bakar premium. Karena lebih sedikit membakar bensin pada mobil Hybrid, kelebihan mobil Hybrid tentunya rendah emisi gas buang.

3. Minim Getaran & Rendah Suara Mesin

Saat anda mengemudikan mobil di kemacetan, suara mesin dan getaran mesin, yang membuat sebagian besar orang merasa tidak nyaman. Kelebihan mobil Hybrid, saat kemacetan mesin bensin tidak hidup dan yang menggerakan mobil Hybrid adalah motor listrik tenaga baterai. Hal ini membuat kelebihan mobil Hybrid sangat minim getaran dan lebih kedap suara ketimbang mobil non hybrid.

Baca Juga :  Nasib Mobil Listrik Karya Anak Bangsa VS Negara Lain ! MIRIS !

Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget