Tips Menghadapi Dosen Super Galak - Anak Teknik Indonesia

Tips Menghadapi Dosen Super Galak

Pasti semua mahasiswa memiliki dosen yang terkenal killer dan galak. Dan sebenarnya ada caranya kok buat bikin beliau mencair dan asyik kepada mahasiswanya. Apa saja?

Fakultas teknik

1. Jangan Larut Dengan Emosi Beliau

Dosen galak biasanya mudah emosi. Jangan buat beliau semakin emosi dengan perdebatanmu. Cobalah respect dengan kritik saran beliau. Dan jadilah pendengar yang baik. Coba mengalah dan buat beliau senang dengan sikapmu yang open minded.

2. Utamakan 3S setiap Bertemu

Ini nih yang ampuh mencairkan hati dosen galak. Karena dosen senang dengan mahasiswanya yang murah senyum, salim dan sapa. Hal ini menunjukkan sikap care dan menghormati beliau. Dan pasti beliau akan menunjukkan balasan yang sama.

3. Sering-sering lah Pendekatan Personal

Hal ini penting apabila kita memiliki dosen pembimbing skripsi. Karena nantinya kalian harus sering-sering berhubungan dalam hal konsultasi proyek akhir untuk menerima kritik saran beliau. Tentu dalam bimbingan buat hubungan kalian jangan terlalu kaku agar penyampaian bisa lebih mudah. Bumbui dengan candaan atau sekedar pertanyaan-pertanyaan personal kepada beliau. Namun jangan terlalu menanyakan hal privasi. Seperti contoh; sekedar menanyakan hobi beliau, tempat favorit makan atau sekedar kabar anaknya, hehehe

4. Cobalah Berteman di Media Sosial

Cara paling ampuh mengetahui kegemaran dan karakter dosen adalah dengan cara kepo di media sosial beliau. Cari tahu hobinya lewat postingan-postingan, foto, share post beliau. Bisa jadi itu menjadi bahan obrolan mu dengan beliau agar tidak terlalu serius dan kaku. 

5. Jangan Terlalu Sering Menghubungi via telfon / sms / chat

Ini yang sering menjadi masalah dengan dosen. Apalagi mahasiswa kekinian yang lebih sering mengandalkan smartphone dalam berkomunikasi. Tentu ini banyak membuat dosen kesal karna membuat kalian terlihat malas dan kurang berniat membutuhkan beliau. Cobalah untuk mencari terlebih dahulu ke ruangan beliau. Dan utamakan konsul dengan bertemu secara langsung. 

6. Bawakan Oleh-Oleh Khas Daerah mu

Kesannya jelek tapi sebenarnya ampuh apabila cara penyajiannya benar. Ketika kalian pulang ke daerah asal, cobalah membawakan oleh oleh khas daerah untuk beliau. Atau bawakan makanan yang beliau sukai dan bilanglah kalo itu adalah bentuk terimakasih atau sekedar titipan oleh-oleh dari orangtua. Pasti beliau akan menunjukkan sikap yang berbeda dari sebelumnya. 

7. Respect dengan Ikuti Kritik & Saran Beliau 

Cara respect yang baik adalah selalu mengikuti saran dan arahan beliau. Karena kunci kelulusan dan baik tidaknya nilai ipk mu adalah dari beliau. Jadi cobalah untuk menerima dan mengikuti apa yang diperintah beliau. Namun apabila ada kendala dan kesulitan, berusahalah terlebih dahulu. Setidaknya kamu sudah mencoba dan sampaikan bahwa hasil kritik dan saran beliau sudah dicoba namun masih belum bisa. Setelah itu kalian bisa ajukan saran berbeda. Dan hal lain untuk memudahkan skripsi.

Sebenarnya dosen memiliki cara tersendiri dalam mendidik dan mengajarkan karakter dan mental mahasiswanya. Jadi positif thinking saja dengan dosen yang terlihat galak, sebenarnya niatnya baik kok..

Baca Juga : Sebelum Masuk Teknik Ketahui Dulu Persiapannya
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget