Tiga Bandara Indonesia Masuk Peringkat 10 Besar Dunia! - Anak Teknik Indonesia

Tiga Bandara Indonesia Masuk Peringkat 10 Besar Dunia!

Terbaik dunia

Kita patut berbangga dengan tiga bandara Indonesia yang dikelola PT Angkasa Pura I . Pasalnya ketiga bandara ini masuk dalam peringkat 10 besar dunia dengan tingkat kepuasan penumpang tertinggi pada kuartal I/2017 versi Airports Council International (ACI).

Ketiga bandara itu adalah Bandara Sultan Aji Muhamad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur, dengan peringkat pertama dari total 85 bandara dunia pada kategori penumpang 5-15 juta orang per tahun. Dimana sebelumnya Bandara SAMS Sepinggan berada dari posisi ketiga di triwulan I 2017.

Kemudian, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menduduki peringkat kedua pada dari total 37 bandara pada kategori jumlah penumpang 15-25 juta orang per tahun. Lalu, Bandara Juanda Surabaya berada di posisi 10 pada kategori yang sama. Sebelumnya, pada triwulan I 2017, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menduduki peringkat 3.


Bandara Internasional Juanda Surabaya menduduki peringkat 10 pada kategori yang sama dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yaitu bandara dengan jumlah penumpang 15 - 25 juta orang per tahunnya. Bandara Juanda naik dua peringkat dari posisi 12 pada penilaian triwulan I 2017.

ACI merupakan organisasi bandara terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada. Program Airport Service Quality (ASQ) dari ACI merupakan program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara. Setiap tahunnya ACI melakukan survei empat kali pada empat triwulan di mana hasil peringkat tiap triwulan akan diakumulasikan untuk menjadi peringkat tahunan dalam berbagai kategori. 

Program ASQ ini mengukur opini dari 34 indikator kerja, antara lain seperti akses bandara, check in, security screening, fasilitas belanja, restoran dan toilet. ASQ juga menjadi standar dunia untuk mengukur kepuasan penumpang di bandara. Sejak 2006, survei ASQ telah melakukan penilaian kepuasan penumpang terhadap layanan bandara di lebih dari 250 bandara di dunia.

Sumber : Bisnis.com , Kompas.com
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget