Sebelum Masuk Fakultas Teknik, Ketahui Dulu Persiapannya - Anak Teknik Indonesia

Sebelum Masuk Fakultas Teknik, Ketahui Dulu Persiapannya

Dibalik suksesnya alumni mahasiswa teknik, ada rahasia perjuangan yang tidak mudah.

Mahasiswa teknik

Siapa sih yang gak pengen dan bangga masuk Fakultas Teknik? Fakultas yang melahirkan insinyur-insinyur pembangun masadepan bangsa, calon insinyur yang akan mengisi perusahaan bonafit dengan gaji super tinggi. Atau bahkan calon insinyur yang dengan kemandiriannya untuk membuka lapangan pekerjaan di negara ini. Namun dibalik suksesnya alumni-alumni jebolan fakultas teknik ada rahasia umum bahwa tak mudah untuk bisa survive di fakultas yang terkenal "ganas" dan sulit untuk lulusnya ini. Karena selain karena tugas dosen, pengkaderan dan kurikulumnya yang super berat, ada juga persiapan lain yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa teknik. Apa saja? Simak artikel berikut...

1. Kebanggaan Bisa Masuk FT Jangan Membuatmu Lalai

via giphy
Mahasiswa baru adalah momen kebanggaan yang luarbiasa bisa masuk di jurusan atau di kampus yang diinginkan. Tapi momen ini jangan sampai terlalu lama dan membuatmu bangga berlebihan hingga membuatmu tak sadar dengan kerasnya kehidupan di Fakultas Teknik. Karena yang lebih dibutuhkan adalah tekun dan mau menikmati prosesnya.

2. Awalnya Terlihat Mudah, Namun Sebenarnya Butuh Tenaga Ekstra

via giphy
Jangan sampai menyepelekan mata kuliah di Fakultas Teknik, karena terkadang pelajaran di awal perkuliahan itu terlihat mudah dan gampang. Jangan sampai berpuas dan berbangga diri, karena secara tak sadar akan membuatmu tertinggal hingga kamu sulit untuk mengikuti mata kuliah yang semakin tak terjamah oleh akal sehat otak manusia biasa. Sehingga yang perlu kamu lakukan adalah tekun dan terus mencoba walaupun itu terlihat mudah, teruslah mencoba dengan perlahan meningkatkan level kesulitannya. Sering-sering kerja kelompok dan bertanya ke senior juga menjadi cara ampuh. Khususnya ketika ujian semester akhir. Cobalah bertanya materi-materi apa yang biasanya keluar, dan karakter tiap dosen. 

3. Cobalah Lebih Disiplin Mengatur Waktu Kuliah, Nugas, dan Istirahat

via giphy
Inilah yang biasa terjadi di kalangan mahasiswa teknik, yakni kurang disiplin dalam mengatur jadwal kuliah, mengerjakan tugas, berorganisasi dan beristirahat. Memang kegiatan mahasiswa sangatlah banyak, karena mereka dituntut untuk tidak hanya aktif di dalam kelas namun juga diluar kelas walaupun hanya sekedar melakukan hobi dan tugas-tugas dari dosen bahkan senior. Namun janganlah terlalu membuang waktumu hanya di satu bidang saja hingga membuatmu lupa dengan waktu beristirahat. Karena tubuh dan pikiranmu punya hak untuk berhenti dan mempersiapkan kewajiban kuliah di keesokan harinya. Cobalah untuk membuat daftar kegiatan agar yang kamu lakukan dapat sesuai dengan kebutuhannya.

4. Pandailah Mengatur Uang, Karena Banyak Kebutuhan Tak Terduga 

via giphy
Bukan mahasiswa teknik kalau gak berkutat dengan kebutuhan laporan, tugas lapangan, project, dan tetek bengeknya. Apalagi berhadapan dengan gambar teknik yang mengharuskan membeli perlengkapan gambar yang begitu banyak, mulai dari pensil, penggaris jangka, dll. Sedangkan bagi anak elektro pasti selalu mendapat tugas membuat alat yang menghabiskan banyak duit untuk membeli komponen dan alat ukurnya. Belum lagi ketika skripsi/tugas akhir yang mengharuskan membuat alat peraga. Ya begitulah rumitnya menjadi anak teknik. Selain menghabiskan tenaga juga menghabiskan dana :(

5. Perkuat Logika Berpikir Berdasarkan Data dan Angka, Bukan Opini

via giphy

Kebanyakan Anak Teknik selalu mementingkan data dan angka nya terlebih dahulu sebelum beropini. Mereka juga berpikir berdasarkan logika bukan dengan perasaan, berpikir kritis dan rasional. Namun terkadang hal ini membuat mereka tampak kaku, sehingga kegiatan diluar kelas seperti bersosial dan berorganisasi juga diperlukan.

6. Teknik Bukan Tempat Untuk Tampil Stylish Ala Model

via giphy

Kebanyakan dari kita berpikir bahwa "kuliah adalah ajang untuk tampil menawan, ajang mejeng dengan baju dan make up mentereng, ajang pamer mobil bagus". Dan seketika di FT, semua itu bulsh*tt !! Karna itu hanya ada di sinetron-sinetron dan di fakultas lain, bukan di fakultas teknik. Bagaimana tidak, fakultas ini berisikan 80 % cowo dengan ciri berkantong mata tebal, malas mandi, berpakaian lusuh khas PDL dan lupa tidur. Karena mereka lebih disibukkan kuliah, praktikum dan nugas ketimbang kegiatan gak jelas yang sering ditampilkan di sinetron-sinetron. 

7. Jangan Sekali-Sekali Melawan Dosen

via giphy

Mungkin kita sering memiliki dosen killer dan semaunya sendiri. Mulai dari suka php masuk kuliah, suka ngasih tugas bejibun, ngasih nilai susah, gemar ngasih revisi, suka emosian, dll.  Bahkan bisa dihitung dosen yang baik dan pengertian dengan mahasiswanya. Tapi juga perlu diketahui bahwa, niat dosen itu sebenarnya baik, yakni ingin melatih mental kita, melatih kesanggupan kita, melatih keingintahuan kita, memaksa kita untuk belajar dan berkembang, melatih sikap tak pantang menyerah kita. Dan itu semua baik sebagai bekal kita menghadapi kerasnya dunia kerja dan terjun di masyarakat.

8.Berpikirlah Thinking Out Of The Box

via giphy

Hanya di fakultas teknik yang memiliki mahasiswa dengan kompetensi teori dan praktek yang seimbang. Mereka mampu menerapkan teori yang ada di kelas ke dalam kehidupan praktik di lapangan. Sehingga akan banyak sekali inovasi yang dibuat mahasiswa teknik mengenai masalah-masalah yang ada di dunia ini.Yang perlu kalian lakukan adalah thinking out of the box dalam menyelesaikan masalah yang ada.

9. Setelah Lulus Nanti, Bekerjalah di Bidang Keinsinyuran yang Kamu Tekuni

via giphy
Banyak yang membuat kita dilema dengan pilihan pekerjaan setelah kita lulus nanti yakni bekerja di bidang yang sudah kita pelajari selama kuliah atau beralih ke bidang yang bukan samasekali sesuai dengan bidang yang kita tekuni sebelumnya. Namun yang perlu diketahui bahwa bangsa ini sangat membutuhkan buah karya dan pemikiranmu bagi perkembangan dan kemajuan negara khususnya di bidang keteknikan. Dan harapannya setelah lulus nanti kita sebagai alumni fakultas teknik dapat terjun ke lapangan pekerjaan yang sesuai di bidang kita..

Baca Juga :

7 Skill Mahasiswa Teknik Yang Harus Dimiliki !
Jangan Cuma Ingin Lulus, Ini Sarjana Yang Dibutuhkan Masyarakat


10. Bonus ....
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget