Robot Pembersih Kaca Gedung Ciptaan Mahasiswa ITS - Anak Teknik Indonesia

Robot Pembersih Kaca Gedung Ciptaan Mahasiswa ITS

Lima mahasiswa menciptakan robot pembersih kaca yang dapat dikontrol via smartphone. Mereka menciptakan inovasi ini didasari besarnya resiko para pembersih kaca di gedung-gedung

Mahasiswa teknik

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah ajang untuk mahasiswa berinovasi. Salah satunya adalah Winner-Bot karya. Mahasiswa Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya ini. Timnya membuat robot pembersih kaca gedung bertingkat konvensional dengan sistem kendali otomatis dan monitoring. 

Dimana sebelumnya tim ini mengajukan proposal ke dikti untuk didanai. Dan akhirnya kelima mahasiswa yakni Sifa Rahmania dari D3 Teknik Mesin dan empat rekannya dari Fakultas Vokasi D3 Instrument yakni Roni Kusumah, Johannes Bismaputra, Ahmad Haqqi Dudayef, dan Amanda Fitri Saudzah berhasil merealisasikan inovasinya.

Baca Juga : Robot FloW, Robot Humanoid “Raksasa” Karya Anak Bangsa

Pembersih kaca

"Kami cukup prihatin karena kan banyak orang kadang jatuh gara-gara bekerja sebagai tenaga pembersih kaca di gedung-gedung tinggi. Akhirnya kami berinisiatif untuk membuat Winner-Bot ini," Sifa saat ditemui stand PKM yang digelar di Hall lantai 1 BAAK ITS Surabaya, Selasa (11/7/2017). 

Sifa selaku ketua PKM menjelaskan, Winner-Bot adalah robot yang menggunakan Arduino sebagai mikrokontroller yang dilengkapi dengan Sensor Proximity dan Passive Suction Cup untuk pembersih kacanya. Pengoperasiannya cukup mudah, yakni dengan menggunakan mengandalkan sensor proximity sebagai sistem navigasi robot yang terpasang pada pinggiran kacanya. 

Sehingga harapannya nanti pengguna inovasi ini dapat mengaplikasikan melalui aplikasi di Android yang memudahkan pengguna untuk mengontrol atau meningkatkan tingkat level cairan pembersih dan sisa daya baterai selama penggunaan. Selain itu Winner-Bot dipasangi alat perekat yang mudah dilepas pasang pada bagian dinding-dinding bagannya sehingga memudahkan robot untuk berjalan dan tidak mudah terjatuh pada ketinggian.

Inovasi robot

"Komponen robotnya ada baterai Lippo 5400, tabung air, selang air, arduino, motor DC wild thunder gearbox 75:1, sensor level, sensor tegangan baterai dan spon pembersih kaca. Sebenarnya alat ini sudah ada di negara-negara maju seperti Jepang tapi dibanderol mahal sekitar Rp 25-30 juta, tapi kami membuat robot ini tanpa trial errornya hanya dengan Rp 3 juta saja," kata Sifa. 

Dalam pengerjaan robot ini Sifa bersama rekan-rekannya menghabiskan waktu sekitar 6 bulan lamanya. Dan harapannya robot ini bisa dikemas lebih praktis lagi dan dapat diproduksi secara massal dalam memudahkan manusia mengerjakan kehidupan sehari-hari..

Baca Juga : Inovasi Alat Monitoring Kondisi Transformator 
Baca Juga : I-ON Smart Home Teknologi Kendali Rumah Jarak Jauh
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget