Prospek & Proyeksi Lulusan Mahasiswa Teknik Elektro - Anak Teknik Indonesia

Prospek & Proyeksi Lulusan Mahasiswa Teknik Elektro


mahasiswa teknik elektro
Hampir setiap hari kita menikmati listrik. Mulai dari menonton tv, bermain gadget,mengerjakan skripsi, menikmati AC, bahkan sekedar menyalakan lampu di malam hari. Tak sadarkah kita bahwa semua itu adalah berkat jasa para engineer dan insinyur teknik listrik dan elektro. Dari yang menyediakan listriknya hingga membuat gadget-gadget dan alat elektronika yang kita pakai sehari-hari. Pasti bagi sebagian sobat teknik bertanya-tanya apa sih yang dipelajari di teknik elektro? Dan pasti susah ya ngurusin kabel, rangkaian yang begitu rumit.Lalu apakah saat lulus nanti kita hanya bekerja di tempat yang berhubungan dengan listrik? Sebelum kesana mari kita berkenalan dulu apa sih teknik elektro itu?

Jurusan Teknik Elektro adalah ilmu teknik yang mempelajari rekayasa dan analisa sifat elektron serta rangkaian suatu listrik yang diterapkan di kehidupan sehari-hari ataupun dalam dunia industri. Teknik elektro dibagi menjadi 3 jenis yakni arus kuat, arus lemah (elektronika) dan telekomunikasi . Dimana keduanya sebenarnya sama namun memiliki beberapa perbedaan mendasar pada lingkup kerjanya dan tingkat resikonya. Pada teknik elektronika lebih mempelajari pada sebuah sistem perangkat elektronik dan komponen semu konduktor, mulai dari membuat rangkaian, memasang komponen hingga mengeksekusi dan memprogram perangkat tersebut sesuai dengan sifat rangkaiannya. Dan pada jaman modern ini, para mahasiswa elektronika justru lebih banyak mempelajari sebuah programming dari perangkat elektronik tertentu seperti mikrokontroller atmega, arduino, raspberry pi, intel galileo, dll. Dan merekalah cikal bakal perkembangan robot yang ada di Indonesia. 

Sedangkan mahasiswa teknik elektro arus kuat / teknik listrik yaitu cabang teknik elektro yang lebih mempelajari sebuah analisa dan rekayasi rangkaian listrik tegangan tinggi, seperti panel kontrol sistem manufaktur, rangkaian pengendali motor, jaringan listrik distribusi, dll. Namun juga teknik elektro mempelajari programming dan sistem kontrol seperti elektronika. Tapi biasanya mencakup pada sistem kontrol untuk aktuator yang besar dan membutuhkan tegangan yang besar. Seperti PLC, SCADA, ETABS dan lain sebagainya. 

Karir untuk Jurusan Elektro tentunya sangat banyak sekali, bahkan tak hanya di bidang elektro sendiri, namun juga bisa ke luar bidang elektro. Setelah masuk ke dalam suatu perusahaan, jabatan atau profesi yang bisa dimasuki bisa beragam, dari yang teknis maupun manajemen, bahkan tidak hanya mencakup bidang kelistrikan tetapi juga bisa pada bidang perencanaan, permesinan, pembangunan infrastruktur, dll tergantung kebutuhan suatu perusahaan tersebut. Namun biasanya untuk tingkat sarjana tidak sebagai pelaksana teknik secara langsung. Karena bisa juga sebagai kordinator lapangan dan pengawas.
Berikut ini hanya contoh bidang profesi atau jabatan yang bisa atau biasanya diisi oleh lulusan mahasiswa Teknik Elektro, walaupun bidang ini juga biasanya dipegang oleh jurusan lain. Yakni diantaranya:


1. Bidang Migas dan Pertambangan
Bidang ini cukup diminati karena gajinya yang cukup tinggi, Lulusan Teknik Elektro khususnya konsentrasi teknik kendali dan kontrol biasanya dibutuhkan di bidang ini dan diposisikan sebagai Control & Instrument Engineer bersama Teknik Fisika dan Fisika Instrumentasi. Teknik Elektro konsentrasi Tenaga Listrik juga sangat dibutuhkan karena di setiap industri pasti membutuhkan listrik, baik yg membeli lewat PLN maupun dengan pembangkit listrik sendiri. Teknik Elektro, juga bisa mengisi bidang IT Engineer bersama Teknologi Informasi dan Jurusan IT lainnya, tergantung kebutuhan dan keahlian individu tersebut. Dan beberapa perusahaan dalam negeri yang banyak menjadi incaran alumni Teknik Elektro adalah SCHLUMBERGER, PERTAMINA, PERSADA, CHEVRON (dulu CALTEX & UNOCAL),  ADARO, ANEKA TAMBANG, HALLIBURTON, TAMBANG BATUBARA BUKIT ASAM, FREEPORT, CNOOC (dulu Maxus), dst


2. Telekomunikasi.
Bidang telekomunikasi juga tidak kalah menjadi primadona dalam daftar incaran lulusan teknik elektro, selain karena gaji nya yang cukup tinggi, bahkan beberapa perusahaan lebih tinggi dari pada bidang perminyakan. Bidang ini cukup ekslusif diisi oleh alumni lulusan Elektro, khususnya untuk jabatan atau keahlian yang terkait dengan core bidang telekomunikasi, karena hanya di teknik elektro diajarkan bidang atau konsetrasi atau keahlian tetang telekomunikasi. tidak seperti bidang IT, instrumentasi dan Kontrol yang bisa diisi oleh lulusan Teknik Fisika, Ilkom, Teknologi Informasi, Teknik industri, Elins maupun Fisika. Beberapa perusahaan dalam negeri yang cukup menjadi incaran alumni Elektro adalah TELKOMSEL, INDOSAT, ERICSSON, XL AXIATA, SMARTFREN TELECOM, PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, dst


3. Kelistrikan
Bidang ini juga menjadi incaran para pencari kerja berasal dari jurusan elektro,  selain karena bidang engineeringnya paling diminati nomor 3 juga karena gajinya yang lumayan tinggi. Biasanya lulusan elektro ditempatkan pada bagian teknis Transmisi dan gardu induk, Distribusi dan Instalasi. Untuk bidang Pembangkitan Tenaga Listrik, lebih banyak diisi oleh alumni Teknik Mesin dan Teknik Fisika. Namun juga banyak juga lulusan elektro yang masuk pada bagian pembangkit. Apalagi saat ini sedang banyak rekrutmen insinyur kelistrikan dalam pembangunan program 35.000 MW sebagai pemerataan listrik untuk rakyat Indonesia. Sehingga cukup dibutuhkan banyak lulusan elektro untuk bergabung dalam pembangunan ini. Selain gajinya yang menjanjikan, para lulusan teknik elektro juga dapat berkesempatan untuk berkeliling ke seluruh Indonesia.
Beberapa perusahaan dalam negeri yang cukup menjadi incaran alumni Elektro adalah PLN, INDONESIA POWER, PEMBANGKITAN JAWA BALI (PJB) dan berbagai perusahaan yang memerlukan daya listrik cukup besar sehingga perlu merekrut engineer/teknisi Listrik sendiri.

4. Teknologi Informasi.
Bidang ini cukup ketat persaingannya, karena banyak jurusan lain yang bisa masuk ke sini, terutama Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Tetapi lulusan Elektro khususnya konsentrasi Teknik Komputer juga bisa bersaing, demikian juga dengan alumni jurusan lain yang mempunyai keahlian maupun sertifikat bidang IT.


5. Manufaktur dan Konstruksi
Sangat banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang ini. Dan semua konsentrasi atau minat dalam teknik elektro bisa masuk baik sebagai Engineer, teknisi maupun staf produksi bahkan staf personalia, namun persaingan juga cukup berat karena banyak jurusan lain juga bisa masuk ke sini.
Namun kesempatan sangat terbuka lebar di bidang ini karena banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang ini; contohnya : WIJAYA KARYA, WASKITA, PAL INDONESIA, SEMEN INDONESIA, KRAKATAU STEEL, dll..

Bagaimana sudah punya gambaran akan melanjutkan kemana setelah lulus nanti? Semoga bisa membuka gambaran proyeksi kedepan dalam memilih pekerjaan yang sesuai dengan bidang kita ya. Share apabila artikel ini bermanfaat dan agar teman kalian juga tahu. Salam solidaritas Antek Indonesia !!!

Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget