Prospek Kerja Luas Lulusan Teknik Industri - Anak Teknik Indonesia

Prospek Kerja Luas Lulusan Teknik Industri

Hampir semua jurusan teknik memiliki prospek kerja yang luas, seperti halnya teknik industri. Dimana jurusan ini memiliki mata kuliah dan pelajaran yang sangat luas dibanding jurusan lain yang konkret.

teknik industri

Jika kita berbicara mengenai prospek kerja lulusan Teknik Industri maka banyak dari teman-teman yang akan bingung lingkup perkuliahan dan prospek kerjanya. Mengapa? Sebab mata kuliah yang dipelajari di Teknik Industri kurang begitu jelas dan sangatlah luas. Jika teman-teman melihat sebuah jembatan atau gedung bertingkat maka teman-teman akan membayangkan Teknik Sipil. Ketika melihat pesawat terbang maka teman-teman akan mengaitkannya dengan Teknik Pesawat atau Teknik Mesin. Kemudian, jika teman-teman melihat panel proteksi dan panel jaringan listrik kita pasti akan mengkaitkannya dengan jurusan Teknik Elektro. Lalu bagaimana dengan teknik industri? Maka teman-teman Teknik Industri dengan lantang menjawab, bahwa mereka mempelajari mata kuliah dari jurusan-jurusan itu semua!!

Bagaimana tidak, mahasiswa teknik industri belajar membubut dan mengelas layaknya teman-teman Teknik Mesin, belajar membuat rangkaian elektronik menginstalasi listrik yang merupakan bidangnya Teknik Elektro, bahkan membuat program dan basis data yang merupakan bidang dari Teknik Informatika. Karena dalam teknik industri yang dipelajari adalah pengetahuan umum mengenai ilmu teknik proses perancangan sistem yang terintegrasi secara luas, seperti manusia, material, mesin, energi dan informasi. Dan obyek yang dirancang bukan sesuatu yang konkret seperti jembatan, gedung, pesawat terbang, mesin interface, pemrograman atau yang lain seperti jurusan teknik lain. 

anak teknik pembangkit

Lalu bagaimana dengan prospek kerjanya?  Mari kita pahami lebih lanjut.

Hampir semua jurusan teknik memiliki prospek kerja yang luas, seperti halnya teknik industri. Beberapa diantaranya adalah:

  •     Bidang produksi/ operasi dan penjaminan mutu
        Di bidang ini lulusan Teknik Industri bertugas untuk menangani perencanaan dan pengendalian produksi, pengendalian kualitas, pengembangan sistem manajemen kualitas. Dan hampir semua perusahaan membutuhkan ini, khususnya perusahaan manufaktur seperti Toyota Astra Motor, PT Epson, PT Kubota, PT BBI, PT Panasonic, Rekayasa Industri, PT Krakatau Steel, dll.
  •     Bidang sistem informasi
        Posisi yang bisa diduduki lulusan TI misalnya staf IT, staf dalam pemasangan sistem informasi, bahkan banyak alumni yang membuka usaha di bidang software house. Perusahaan yang membutuhkan lulusan TI misalnya: SAP Indonesia, Oracle, Telekomsel, XL Axiata, Google Indonesia, PT Pertamina, P&G, dll.
  •     Bidang pemasaran
        Selain di bidang teknik, lulusan TI juga dapat masuk ke bagian non teknik yakni dalam bidang marketing. Mereka bertugas untuk menentukan barang atau produk apa yang akan dijual, menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas dan kuantitas barang, dan menentukan media promosi apa yang digunakan .Beberapa posisi yang biasanya ditempati oleh lulusan TI misalnya market research, technical sales, dll. Misalnya di perusahaan Gudang Garam, Unilever, Nestle, Samsung, dll.
  •     Bidang logistik
        Pada bidang logistik lulusan TI bertugas pada perencanaan dan pengelolaan sistem distribusi peralatan atau perlengkapan ke unit terkecil, pengadaan dan penyusunan fasilitas perusahaan. Adapun perusahaan yang bisa menjadi tempat kerja yaitu P&G, PT Semen Gresik, PT Taspen dll.
  •     Bidang manajemen sumber daya manusia
        Di tingkat manajer SDM lulusan TI bertugas mengelola sumber daya manusia suatu perusahaan mulai dari masalah rekruitmen, pengembangan sistem penggajian, SOP, dan manajemen personalia termasuk pengembangan SDM dalam pelatihan dan pendidikan. Alumni TI yang bekerja di bidang ini misalnya di PT PLN, PT Indonesia Power, PT PJB, PT Semen Padang, P&G, PT Semen Indonesia, dll.
  •     Bidang keuangan (bank dan asuransi)
        Di bidang ini juga banyak ditempati oleh lulusan TI. Karena persyaratannya yakni dari segala jurusan. Dan lulusan TI juga diberikan bekal pengelolaan di bidang ekonomi dan non teknik. Adapun tempat kerja yang bisa dimasuki misalnya di BNI, Bank Mandiri, BRI, Bank Niaga, dsb.
  •     Bidang konsultasi manajemen
        Dalam bidang ini mereka bertugas sebagai pemberi keputusan dan opini untuk pengembangan bisnis suatu perusahaan.Apalagi dalam menyongsong era persaingan global, perusahaan membutuhkan strategi jitu dalam mengembangkan aset perusahaan dengan cara dan trik tertentu yang diberikan oleh konsultan manajemen. Adapun lingkup kerjanya adalah Boston Consulting Group, Accenture, Nielsen Company, dsb.

Baca juga :

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Kimia 
Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Fisika
Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Lingkungan
Reactions:

Post a Comment

Kok lanjutan nya malah teknik informatika bukan teknik industri??

TI yg di maksud di artikel ini Teknik Industri mas bukan Teknik informatika

T.I itu teknik industri. Menurut dosen saya di kampus sih T.I lebih identik ke teknik industri karena kurusan teknik industri lebih dulu ada dibandingkan teknik informatika

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget