Prospek Kerja Luas Bagi Lulusan Mahasiswa Teknik Perkapalan - Anak Teknik Indonesia

Prospek Kerja Luas Bagi Lulusan Mahasiswa Teknik Perkapalan

Teknik perkapalan adalah suatu disiplin ilmu keteknikan / rekayasa yang mempelajari sistem kapal atau bangunan apung yang menyangkut perencanaan dan pembangunannya. Namun bisa juga mempelajari perencanaan operasi kapal dan manajemen kepelabuhanan tergantung keprofesiannya.

teknik perkapalan

Banyak masyarakat yang menyalahkan persepsi lulusan mahasiswa teknik perkapalan yang nanti akan bekerja sebagai pelaut ataupun pelayaran Kapal. Padahal bidang pelayaran itu kebanyakan berasal dari lulusan sekolah pelayaran semisal Politeknik Ilmu Pelayaran atau Akademi Maritim.Namun juga beberapa juga ada posisi yang membutuhkan dari lulusan perkapalan. Bahkan parahnya ada orang awam malah mengira lulusan teknik perkapalan adalah bekerja di kapal mencari ikan -_- *emangnya nelayan.... 

Maka dari itu, disini kita akan berkenalan lebih dalam dengan Teknik Perkapalan dan prospek kerjanya setelah lulus nanti. Apalagi saat ini dibawah pemerintah Presiden Jokowi sedang marak sekali pembangunan pelabuhan-pelabuhan, tol laut dan infrastruktur di bidang kemaritiman dan perkapalan. Dan disinilah besarnya kesempatan dan peluang kerja bagi lulusan teknik perkapalan. Sebelumnya perlu diketahui bahwa Teknik perkapalan adalah suatu disiplin ilmu keteknikan / rekayasa yang mempelajari sistem kapal atau bangunan apung yang menyangkut perencanaan dan pembangunannya. Namun bisa juga mempelajari perencanaan operasi kapal dan manajemen kepelabuhanan tergantung keprofesiannya.

teknik perkapalan
https://instagram.com/anakteknikindo
 Dan harapannya nanti seorang lulusan teknik perkapalan bisa mendesain sebuah badan kapal, kebutuhan daya mesinnya, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal yang sudah jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transporasi laut. Adapun bidang / keahlian yang berkompeten dengan Jurusan Teknik Perkapalan adalah diantaranya :

  • Tenaga ahli untuk bidang perencanaan, pembangunan, perbaikan kapal dan alat apung lainnya pada industri maritim.
  • Owner superintendent pada perusahaan pelayaran.
  • Surveyor pada biro klasifikasi nasional maupun internasional.
  • Konsultan pada bidang teknik perkapalan.
  • Tenaga ahli perkapalan dilingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.
  • Tenaga ahli pada laboratorium teknik perkapalan
  • Tenaga edukatif pada perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan.
  • Tenaga ahli pada perusahaan asuransi yang bergerak dibidang perkapalan dan bidang lainnya.
  • Tenaga ahli pada industri mesin-mesin dan peralatan, serta industri penunjangnya.
  • Dan usaha-usaha lain dalam bidang perkapalan.
https://instagram.com/anakteknikindo

Dan sebenarnya bidang-bidang profesional dan lapangan pekerjaan yang membutuhkan kompetensi dengan Jurusan Teknik perkapalan begitu luas, namun demikian kemampuan intelektual dan profesionalisme haruslah didukung dengan kecakapan beradaptasi dengan lingkungan dan teknologi sebagaimana yang diharapkan lulusan Teknik Perkapalan,yang memungkinkan mereka mampu berkiprah dan sukses di bidang-bidang lainnya. Namun perlu diketahui beberapa jenis industri perkapalan yang sedang dan sudah dibangun di Indonesia. Dan inilah nantinya yang menjadi prospek atau tempat kerja bagi lulusan teknik perkapalan, diantaranya:

1.Pembangunan Kapal Baru ( Shipbuilding )
2.Pemeliharaan dan reparasi kapal ( Shipyard )
3.Pembangunan industri sarana lepas pantai ( Fabricator )
4.Pemeliharaan & raparasi bangunan/peralatan sarana lepas pantai( Contractor / Oilfield service)
5.Industri komponen / peralatan kapal ( engineering)
6.Jasa konsultasi dan perekayasaan ( design & engineering )


Perkapalan

Selain itu Prospek kerja bagi luilusan teknik perkapalan juga bisa memasuki ke dunia usaha Industri Maritim Nasional yang terbagi menjadi dua bagian yaitu industri pelayaran dan lembaga yang terkait dengan dunia maritim.
  • Pada Industri Pelayaran ( Shipping Line, Ship Management, Ship Chandler, Freight forwarder, Ship Agencies, Ferries, Fisheries, Oil field servicesMining Services)
  • Pada Lembaga maritim ( Perbankan, Lembaga Keuangan Investasi, Asuransi, Regulator, Instansi Pemerintah, Pendidikan & Latihan, Pelabuhan, Perikanan, Pertahanan & Keamanan, Perindustrian, Pariwisata, Bea & Cukai, Perdagangan, Migas, Pertambangan non migas)

source : Heriyanto Rantelino, dan berbagai sumber.
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget