Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia - Anak Teknik Indonesia

Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia

Teknik kimia adalah salah satu jurusan teknik yang termasuk dicintai dan dicari oleh banyak perusahaan. Bagaimana tidak, lowongan untuk jurusan ini hampir selalu bisa ditemukan di berbagai perusahaan manufaktur bonafit yang tentunya dengan gaji lumayan besar.

teknik kimia


Sudah bukan hal asing jurusan teknik dicari dan dibutuhkan di berbagai perusahaan. Karena berbagai jurusan teknik menerapkan teori dan praktek yang hampir seimbang. Seperti halnya teknik kimia yang berbeda dengan jurusan kimia murni yang ada di MIPA. Karena mata kuliah di mipa lebih pada pencarian material baru, sedangkan di teknik kimia lebih menrapkan material baru tersebut untuk diterapkan dan meningkatkan skalanya serta menemukan cara baru yang lebih efisien. Setelah kita tahu prinsip dasar dari teknik kimia, mari kita bahas apa-apa saja yang diajarkan di teknik kimia.

Yakni salah satu ilmu teknik / rekayasa yang mempelajari dan menerapkan cara pemrosesan pembuatan barang mentah atau raw material hingga menjadi barang jadi dengan mempertimbangkan bahan kimianya. Serta mempelajari pengaruh fisikanya, perubahan-perubahannya, proses ekstraksi, proses termodinamika, stokhiometri, dll.

Teknik kimia hampir mirip dengan teknik material. Karena mereka menerapkan prinsip-prinsip kimia, biologi, fisika dan matematika untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi dalam proses produksi kimia, bahan bakar, obat-obatan, makanan dan produk lainnya.

Jurusan ini mengajarkan cara merancang alat-alat berat dan produk yang dihasilkan di industri proses kimia, seperti ; industri pupuk, pengelolah minyak bumi, polimer, kertas, logam, gas, makanan dan obat-obatan untuk produksi skala besar, merencanakan dan menguji metode produksi, dan pemeliharaan fasilitas, supaya produksi dapat berjalan lancar.
Beberapa contoh profesi yang dapat ditekuni oleh lulusan jurusan teknik kimia adalah:

Ceramic engineer

Terlibat dalam proses mengubah keramik menjadi produk jadi. Keramik pada industri tidak bisa dibayangkan sebagai benda-benda seni. Beberapa contoh keramik industri adalah pipa selokan, insulator listrik, bata tahan panas dan lainnya. Keramik engineer di industri membuat keramik dari bubuk yang telah diberi tekanan sedemikian rupa kemudian dipanaskan pada temperatur tinggi. Keramik tradisional seperti porcelain, ubin (keramik lantai) dan tembikar dibuat dari bubuk yang terdiri dari berbagai material seperti tanah liat (lempung), talc, silika dan faldspar. Akan tetapi, sebagian besar keramik industri dibentuk dari bubuk kimia khusus seperti silikon karbida, alumina dan barium titanate.

Composites engineer


Membuat bahan baru dari dua atau lebih bahan yang sifat masing-masing bahan berbeda satu sama lainnya baik itu sifat kimia maupun fisikanya dan tetap terpisah dalam hasil akhir bahan tersebut (bahan komposit). Proses ini menggunakan dengan teknologi khusus, dan kemudian digunakan dalam industri pesawat terbang, kapal laut, automobil dan industri lainnya.

Metallurgical engineer

Engineer yang merekayasa, memproses pembuatan dan mengendalikan sifat – sifat material logam maupun non logam. Mereka mengkhususkan diri dengan bahan baja seperti besi, alloy dan aluminium, untuk diolah menjadi produk jadi. Mulai dari ekstrasi hingga pembuatan paduan. Cakupan metalurgi cukup luas, mulai dari pabrik mobil, mesin pesawat, alat elektronik dll.

teknik kimia

Plastics engineer

Mengembangkan dan menguji plastik atau polimer untuk kegunaan lain. Atau menjadikan plastik menjadi film atau fiber sintetik dengan variasi yang banyak berdasarkan panas, keras, adaptasi komposisi yang dapat digunakan diberbagai industri.

Semiconductor processing engineer

Menerapkan prinsip ilmu materi dan teknik untuk menghasilkan materi mikroelektronik untuk pembuatan teknologi komputer, penginderaan, dan lain-lain. Anda juga bisa masuk di support system perusahan lainnya, seperti di pengelolahan limbah di oil gas industry.

Renewable Energy Engineer

Dalam industri ini anda akan dituntut untuk lebih dekat dengan lingkungan dan memperbaiki alam dan lingkungan disekitaran industri menggunakan proses-proses kimia dan teknologinya agar menjadi ramah lingkungan dan efesien.

Peneliti

Sarjana Teknik kimia juga memiliki Peluang menjadi seorang peneliti diberbagai lembaga penelitian kimia,seperti bekerja di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LIPI), menjadi asisten profesor/dosen untuk membantu penelitiannya,Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Baca Juga : Lulusan PWK Itu Calon Menantu Idaman ?
Baca Juga :  Prospek Kerja Luas Bagi Lulusan Mahasiswa Teknik Perkapalan
Reactions:

Post a Comment

Iya baru sadae kalo cover utamanya lab tekkim poltek

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget