Pesan CEO Apple Kepada Mahasiswa Baru - Anak Teknik Indonesia

Pesan CEO Apple Kepada Mahasiswa Baru

Sebagai pemimpin perusahaan raksasa teknologi, CEO Tim Cook berpesan kepada mahasiswa untuk lebih bijak lagi dalam menggunakan teknologi.


Siapa tak kenal Tim Cook? CEO Apple yang dengan kepemimpinannya dapat membawa perusahaan besutan Steve Jobs itu menjadi perusahaan pertama dalam sejarah dengan pendapatan Triliunan Dollar! Tentu hal ini tak didapat dengan mudah dan butuh perjuangan yang keras, dan pada kesempatan pidatonya di depan para mahasiswa kelas 2017 di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Tim Cook ingin berbagi kunci sukses hidupnya dan pesan dalam menghadapi era teknologi digital yang begitu banyak membawa perubahan di dunia ini khususnya bagi generasi muda yakni pelajar dan mahasiswa. Tentu perubahan itu bisa baik dan juga bisa buruk tergantung kebijaksanaan kita terhadap jaman yang serba canggih seperti saat ini..

Tim Cook mengatakan bahwa tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan teknologi. “Teknologi jika berdiri sendiri tidak bisa menjadi solusi, bahkan terkadang dapat menimbulkan masalah,” ujar Cook, seperti dikutip dari laman Recode. Dan beliau mengatakan bahwa ada tiga hal yang harus diperhatikan setiap ingin berbuat sesuatu yang besar, yakni ; pikiran, kerja keras, dan hati yang jernih. Jika semuanya seimbang, ia percaya perkembangan teknologi di tangan generasi muda akan lebih banyak mendatangkan manfaat.

    “Ukurlah dampak yang kalian buat untuk kemanusiaan, bukan dari banyaknya likes (di media sosial) tapi kehidupan yang Anda sentuh,” kata Cook, sebagaimana yang dilansir dari Inc. Ia menambahkan. “Jangan ukur dari popularitas, tapi orang banyak yang Anda layani,”

Dia juga menambahkan bahwa dirinya tidak takut terhadap perkembangan teknologi kecerdasan buatan. Justru dirinya takut terhadap manusia yang ingin memiliki pola pikir seperti komputer.
    “Saya tidak khawatir tentang kecerdasan buatan yang dapat memberikan komputer dapat berfikir seperti manusia. Saya lebih takut orang ingin berfikir seperti komputer, tanpa nilai atau belas kasih, tanpa memperdulikan konsekuensinya,” tutur Cook.
Baca Juga : Wow Markas Apple Bisa Tampung 14 Ribu Karyawan & 11 Ribu Kendaraan

Dia berharap, seluruh umat manusia untuk lebih bijak lagi dalam menggunakan teknologi. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diingnkan, terutama jika menggunakan teknologi. Apalagi masyarakat modern saat ini berlomba-lomba memamerkan kehidupan sehari-hari untuk mendapat popularitas dan pengakuan orang lain lewat komentar dan likes. Padahal hal itu sangatlah tidak produktif bagi seorang mahasiswa yang lebih baik melakukan kegiatan dengan berkarya dan belajar untuk umat manusia. Dan ia berpesan kepada mahasiswa MIT untuk lebih bijak lagi menggunakan ilmu yang telah diperoleh. Apalagi MIT dikenal kerap menciptakan strategi peretasan alias hack. Menurut Cook hal itu cerdas, namun sebaiknya lebih memikirkan dampak untuk orang banyak.

Baca Juga : Gaji Para CEO Perusahaan Terkemuka Dunia
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget