Netizen Kecewa, Kenapa Telegram Diblokir Pemerintah - Anak Teknik Indonesia

Netizen Kecewa, Kenapa Telegram Diblokir Pemerintah

Pemblokiran telegram dilakukan pada 11 domain name system (DNS) Telegram, yakni: t.me, telegram.me, telegram.org, core.telegram.org, desktop.telegram.org, macos.telegram.org, web.telegram.org, venus.web.telegram.org, pluto.web.telegram.org, flora.web.telegram.org, dan flora-1.web.telegram.org.

telegram banned
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI penyedia layanan internet alias ISP (internet service provide) dan operator seluler memblokir akses ke situs layanan chatting Telegram, baik dari peramban desktop maupun mobile. Namun sejauh ini masih bisa digunakan di perangkat mobile. Walaupun begitu netizen sangat kecewa dengan keputusan pemerintah terlihat dari kata kunci “Telegram” menempati posisi pertama dengan lebih dari 10.900 kicauan di twitter. Bahkan Keluhan Netizen tak hanya membanjiri media sosial. Mereka juga melayangkan petisi online melalui situs Change.org. Dimana Petisi itu diinisiasi pengguna Change.org bernama Dodi IR. Mulanya target pendukung dipatok 1.000 orang lantas ditingkatkan menjadi 2.500 orang.

Dalam keterangan resmi yang didapat melalui Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, bahwa alasan pemerintah memblokir adalah adanya konten bermuatan radikalisme dan terorisme yang beredar di telegram.
“Pemblokiran ini harus dilakukan karena banyak sekali kanal yang ada di layanan tersebut bermuatan propaganda radikalisme, terorisme, paham kebencian, ajakan atau cara merakit bom, cara melakukan penyerangan, disturbing images, dan lain-lain yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia,” tutur Semuel.

Pemblokiran dilakukan pada 11 domain name system (DNS) Telegram, yakni: t.me, telegram.me, telegram.org, core.telegram.org, desktop.telegram.org, macos.telegram.org, web.telegram.org, venus.web.telegram.org, pluto.web.telegram.org, flora.web.telegram.org, dan flora-1.web.telegram.org. Sejak Jumat sore, pemblokiran sudah dilakukan dan telegram tidak bisa diakses menggunakan koneksi internet sejumlah operator telekomunikasi di Indonesia. Namun operator telekomonikasi justru tidak tahu menahu soal pemblokiran ini. Ketidaktahuan operator telekomunikasi ini disebabkan karena situs yang bermuatan radikal atau terorisme bisa langsung diblokir oleh pemerintah karena Kemenkominfo, memiliki mekanisme pemblokiran bernama TRUST Positif. Di dalamnya berisi daftar berbagai situs yang diadukan karena bermuatan negatif.



Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget