Kemenhub Me-Makeover Stasiun Manggarai, Semoga Gak Ada lagi Delay - Anak Teknik Indonesia

Kemenhub Me-Makeover Stasiun Manggarai, Semoga Gak Ada lagi Delay

“Moda kereta api paling efisien dan ekonomis. Ini program yang baik yang dilakukan pak Jonan. Kita harus mengawal lebih baik lagi ke depannya. Saat ini penumpang perhari nya mencapai sekitar 800 ribu. Akan terus dinaikkan menjadi 1,2 juta penumpang perharinya,” jelas Menhub Budi Karya.



KRL (Kereta Rel Listrik) yang beberapa tahun belakangan memang menjadi primadona para pekerja/mahasiswa yang beraktifitas di sekitar jabodetabek. Bagaimana tidak, faktanya KRL ini berpenumpang rata-rata 900.000 per hari. Tidak puas sampai disitu, pihak KRL sendiri memiliki target yang cukup fantastis. Yakni 1,2-1,3 juta per hari pada tahun 2019.

Hal tersebut cukup membuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus membenahi infrastruktur kereta api. Salah satunya dengan mengembangkan Stasiun Manggarai menjadi dua lantai.

Proyek double double track (DDT) Manggarai-Cikarang tengah dibangun oleh Kemenhub. Pemugaran stasiun manggarai menjadi dua lantai tidak lain karena padatnya lalu lintas dan angkutan kereta api pada jam sibuk maupun tidak. Terlebih seringnya kereta yang tertahan setiap ingin memasuki Stasiun Manggarai lantaran harus mengalah ketika kereta jarak jauh (KJJ) melintas.

Rupanya, 7 jalur yang kini dimiliki oleh stasiun manggarai belum dapat memaksimalkan operasional kereta. Terlebih sampai saat ini rel rel tersebut dipakai secara bergantian. Pergantian rel tersebut diakali dengan tertahannya KRL dari Depok ataupun Bogor di Stasiun Tebet.

Proses pembangunan stasiun yang beroperasi sejak 1918 tersebut rencananya akan selesai pada triwulan pertama 2019. Dan dengan harapan setelah itu tak ada lagi KRL harus mengalah dengan KJJ seperti sekarang ini, karena sudah memiliki jalur masing - masing.

Menurut Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta-Banten, Hadi Sritjahjo Legowo, "Nanti akan dibuat tiga lantai. Lantai pertama untuk kereta api jurusan Bekasi dan Bandara (Soekarno-Hatta), lantai dua tempat sentralnya penumpang, dan lantai tiga khusus jalur ke Bogor serta jalur-jalur umum," ujarnya.

Meski begitu, proyek stasiun manggarai yang kini sudah dapat dinikmati dan digunakan yaitu terowongan bawah tanah untuk lalulintas penumpang dari peron ke peron agar tidak perlu lagi melintasi jalur kereta.
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget