Jangan Diskriminatif Dong, "D4 Itu Sama Dengan S1 !" - Anak Teknik Indonesia

Jangan Diskriminatif Dong, "D4 Itu Sama Dengan S1 !"

Saat ini masih menjadi dilema antara kompetensi dan kualifikasi yang membedakan dengan S1. Dan topik ini masih sangat banyak dibicarakan. Pasalnya ada instansi yang mengakui lulusan D4 ada juga yang belum bisa menerima D4 dan lebih memprioritaskan S1. Padahal keduanya adalah setara dan sama.


Banyak masyarakat umum yang belum mengetahui perbedaan dan persamaan gelar pendidikan yang ada di Indonesia saat ini. Khususnya para pelajar SMA/SMK yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Mereka beranggapan kuliah di PTN/PTS itu ya sarjana. Seolah kebanyakan dari mereka hanya berpikiran bahwa orang sukses dengan masadepan cemerlang itu adalah lulusan sarjana. Padahal jika kita mau lihat, banyak sekali sarjana lulusan perguruan tinggi banyak menganggur. Yakni sekitar 787.000 sarjana (data kemenaker) yang menganggur dan terus meningkat tiap tahunnya Bahkan pola pikir ini masih berkembang hingga saat ini dengan doktrin orang tua, masyarakat awam, bahkan dari lembaga-lembaga yang masih mendiskriminasi lulusan perguruan tinggi selain program sarjana (S1). Padahal  KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 234/U/2000 TENTANG PEDOMAN PENDIRIAN PERGURUAN TINGGI.Disana dijelaskan pada pasal 1 ayat 16 dan 17 bahwa jenjang pendidikan profesional (D4) dan jenjang pendidikan akademik (S1) mempunyai beban studi ‘sama’ minimal 144 sks dan maksimal 160 sks dengan kurikulum 8 semester, serta mempunyai beban tanggung jawab yang sama di dunia kerja.


Lalu apa yang membedakan D4 dengan S1 ? Apakah hanya karena gelar D4 (S.ST) sedangkan S1 (S.T) membuat lulusannya tidak diakui di beberapa tempat perusahaan bahkan lembaga pemerintahan? Padahal
sudah sangat jelas tertera diatas bahwa program lulusan D4 sama dengan S1 . Bahkan seharusnya lulusan D4 lah yang lebih mudah diterima oleh instansi instansi karena program diploma yang lebih menitik beratkan pada skill kerja dengan 60 % Praktek dan 40 % Teori. Berbeda dengan program sarjana yang kualifikasinya lebih kepada teori dan analisa konsep saja yang kurang dalam hal praktek.

Baca Juga  : Kaya Skill & Praktek, Lulusan Politeknik Lebih Siap Kerja

Sehingga disinilah peran Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) untuk menggalakkan Seluruh Institusi Pendidikan Tinggi di Indonesia untuk mengitensifkan membuat jejaring akademik dengan Perguruan Tinggi di Dunia. Untuk itulah Direktorat Kelembagaan setiap tahun mereview semua Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia untuk dapat dikategorikan menjadi “Promising Universities in Indonesia”. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong kompetisi antar perguruan tinggi Indonesia untuk terus menerus berupaya mempertahankan dan memperbaiki kinerja serta mempertahankan citranya di khalayak nasional maupun internasional. Dan beberapa Politeknik Negeri telah masuk dalam katagori ini. Hal ini juga sudah masuk dalam Perpres 8/2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Dimana bangsa ini sudah memiliki KKNI Qualification Framework yang siap "disetarakan" dengan lulusan luar negeri.


Penyetaraan capaian pembelajaran yang dihasilkan melalui pendidikan dengan jenjang kualifikasi pada KKNI pada Pasal 5 terdiri atas:
a. lulusan pendidikan dasar setara dengan jenjang 1;
b. lulusan pendidikan menengah paling rendah setara dengan jenjang 2;
c. lulusan Diploma 1 paling rendah setara dengan jenjang 3;
d. lulusan Diploma 2 paling rendah setara dengan jenjang 4;
e. lulusan Diploma 3 paling rendah setara dengan jenjang 5;
f. lulusan Diploma 4 atau Sarjana Terapan dan Sarjana paling rendah setara dengan jenjang 6

Kesimpulannya adalah kesetaraan program D4 dengan S1 seharusnya sudah di akui oleh para perusahaan , lembaga pemerintahan karena titik berbeda program itu hanya pada aplikasi secara teknis dan praktek, dan yang membedakan hanya siap kerja atau siap pakai.
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget