I-On Smart Home - Teknologi Kendali Rumah Jarak Jauh - Anak Teknik Indonesia

I-On Smart Home - Teknologi Kendali Rumah Jarak Jauh

Pada zaman modern,kini orang-orang menjadi sangat sibuk. Saking sibuknya, mereka terkadang sampai tidak punya waktu untuk mengurusi rumah. Padahal, hampir semua rumah kini memiliki perangkat elektronik yang terus beroperasi siang dan malam. Tentu saja, hal ini bisa membuat tagihan listrik jebol. Belum lagi, banyak orang yang khawatir akan keamanan rumahnya.


Berawal dari kecintaanya di dunia teknologi internet of things, Asmara Nova Susanto selaku CEO PT Ion-Smart bersama ketiga rekannya Agus, Viqi,dan Ishom menciptakan suatu produk yang memudahkan konsumen dalam mengatur segala peralatan listrik di rumah mereka tanpa perlu instalasi yang membingungkan (konsep plug and play). Dimana produk ini dapat mengontrol perlengkapan rumah yang terhubung dengan listrik melalui internet yakni dengan perangkat gadget android dan website.

Asmara yang masih berstatus mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ini menjelaskan, tim sudah melakukan riset dan pembuatan peralatan rumah pintar sejak pertengahan 2015. Dan saat ini Ion Smart telah berhasil mendapat penghargaan dan pendanaan sebagai Juara 1 Kategori Digital melalui program Wirausaha Muda Mandiri (WMM) yang diselenggarakan PT Bank Mandiri Tbk mengalahkan 5.064 peserta lain.

wirausaha muda mandiri
Juara 1 Wirausaha Muda Mandiri Kategori Digital
Pengontrolan dibagi menjadi tiga macam, yaitu on/off, penjadwalan, dan fitur monitoring daya yang digunakan. Dengan dua alat yang menunjang kemampuan aplikasinya. Yaitu Smart Gateway dan Smart Plug. Smart Gateway berfungsi sebagai pemancar yang terhubung dengan HP pengguna. Sedangkan Smart Plug adalah semacam steker dimana dia berfungsi sebagai perantara stop kontak dengan peralatan listrik yang ingin disambungkan dengan I-ON Smart.

smarthome

Pada awalnya, tim membuat sistem yang memungkinkan untuk menghidupkan dan mematikan lampu secara otomatis melalui ponsel saja. Namun saat ini fiturnya lebih variatif. “Saat ini, alat yang kami buat sudah memiliki fitur utama monitoring dari jarak jauh keadaan rumah melalui ponsel, teknologi CCTV modern dengan sistem deteksi keamanan menggunakan sensor real motion, fitur atur jadwal otomatis kapan listrik akan mati dan menyala, hingga fitur sistem rekapitulasi dan statistik energi” jelas Asmara. 
“Hampir seluruh peralatan elektronik di rumah dengan daya maksimal 2.200 watt bisa dikontrol. Mulai dari lampu, AC, kipas angin, peralatan multimedia TV, DVD, pelantang suara, penanak nasi, kompor listrik, pemanas air, CCTV, kulkas, hingga pengaman pintu,” tambah Asmara.

smart home
Adapun keunggulan i-On Smart Controller dibandingkan produk Smarthome yang lain adalah fiturnya yang multifungsi dan sangat mudah digunakan / user-friendly. Berikut ini adalah beberapa perbedaan i-On Smart Controller dengan produk lain:
  •     Dikemas elegant sehingga timbul kesan premium dan tergolong praktis dan efisien sehingga dapat dengan mudah dalam proses installasinya.
  •     Memiliki multi fungsi sehingga kita tidak perlu menggunakan perangkat lainnya untuk setiap fungsi yang ada. i-On tidak membutuhkan tegangan listrik yang besar, sehingga hemat energi.
  •     Adanya sistem hybrid yang digunakan sebagai mode cadangan penggunaan saklar konvensional yang bekerja tanpa i-On Smart Controller.
mahasiswa pens
Bersama Moh Nasir, Menristek Dikti
Saat ini, i-ON Smart sudah menggunakan rangkaian PCB yang dibuat dan diproduksi di PENS. Dan produk ini sedang dalam produksi massal dengan menggandeng beberapa vendor untuk perakitan perangkat elektronik dan pengemasan. Dan pemesanan produk ini bisa langsung via website ionsmart.co yang dijual dengan harga paket Rp 1,6 juta.

“i-ON Smart adalah salah satu produk unggulan teknologi rumah pintar / Smart City yang dikembangkan oleh anak bangsa dan layak diapresiasi. Produk ini perlu terus dikembangkan lebih lanjut sehingga fitur-fiturnya semakin lengkap, khususnya integrasi antar-perangkat sensor, cloud server, dan end-user,” saran Udin Ketua Riset Grup Wireless Sensor Network PENS.

Baca Juga : INOVASI Alat Monitoring Transformator Karya Mahasiswa
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget