Gambaran dan Proyeksi Lulusan Mahasiswa Teknik Sipil - Anak Teknik Indonesia

Gambaran dan Proyeksi Lulusan Mahasiswa Teknik Sipil

Setiap negara pasti memiliki keinginan untuk maju dan berkembang dengan pembangunan fasilitas, gedung, lingkungan, jalan raya dan infrastruktur lain yang menunjang berbagai kenyamanan hidup masyarakatnya. Dengan keinginan dan cita-cita tersebut pastilah lowongan pekerjaan untuk jurusan teknik sipil masih sangat terbuka lebar. Dan menurut data terbaru dari Biro Tenaga Kerja di Amerika, gaji per tahun dari para lulusan jurusan teknik sipil yang berkarir di bidang ini memiliki kisaran gaji $ 68.220 - $82.220 . Dan berikut adalah prospek / proyeksi kerja lulusan bagi mahasiswa teknik sipil :

mahasiswa teknik
via instagram @anakteknikindo
Bagi sobat teknik tentu tak asing dengan jurusan Teknik Sipil. Ya, salah satu jurusan Teknik ini sangat digandrungi oleh para calon mahasiswa baru di sbmptn 2017. Dimana jurusan ini adalah jurusan dengan minat terbanyak diantara jurusan teknik lainnya. Dan berhasil menempati 5 jurusan terfavorit. Tapi apakah kalian tahu apa bedanya teknik sipil dengan arsitektur? Perlu diketahui bahwa teknik sipil merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang perancangan, renovasi, dan pembangunan infrastruktur yang mencakup lingkungan, gedung, rumah, jembatan, dll untuk keberlangsungan hidup manusia. Ruang lingkup teknik sipil sangatlah luas, karena di dalamnya mempelajari cabang ilmu lain seperti ; matematika, kimia, fisika, biologi, geologi, lingkungan, hingga komputer. Teknik sipil selalu dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan hidup manusia dan pergerakannya. Dan biasanya para insinyur teknik sipil ini bisa dikatakan perubah wajah lingkungan yang awalnya hutan hingga menjadi kota besar dan metropolitan.

Dan apakah kita tahu perbedaan Teknik Sipil dengan arsitek? Perbedaannya dengan jurusan arsitek adalah jurusan arsitektur hanya memfokuskan pada bagaimana caranya merancang bentuk bangunan yang indah dengan mempertimbangkan segala faktor yang ada dengan target harus efisien dan efektifitas dalam penggunaannya. Namun kedua jurusan ini saling berhubungan, dimana jurusan teknik sipil biasanya menjadi eksekutor secara langsung dilapangan untu merealisasikan rancangan yang telah dibuat oleh arsitek.

teknik sipil
https://www.instagram.com/anakteknikindo/
Baca Juga : Perempuan Hebat Itu Ternyata Mahasiswi Teknik
 
Dalam mengeksekusi sebuah proyek bangunan, seorang insinyur teknik sipil harus terlebih dahulu menguasai teknik manajemen kerja serta perencanaan dan perancangan yang baik. Selain itu juga harus memastikan penggunaan sumber daya baik manusia dan bahan material se-efektif dan se-efisien mungkin. Dan dalam prosesnya perancangan bisa dilakukan bersama arsitek. Ilmu teknik sipil juga membahas mengenai pemeliharaan, perawatan, dan perbaikan yang menunjang daya tahan suatu bangunan. 

teknik sipil
https://www.instagram.com/anakteknikindo/
Selain membutuhkan kemampuan berhitung yang kuat, seorang insinyur teknik sipil juga harus mampu mempraktekkan trigonometri, geometri, dan kalkulus. Selain itu juga menerapkan kimia dan fisika dari tingkat dasar hingga lanjut.Dan sebenarnya bidang studi ini adalah bidang yang sangat tua. Dan bisa dikatakan jurusan kuno yang masih relevan hingga saat ini. Dan bagi kalian mahasiswa teknik sipil akan dispesialisasikan lagi ke beberapa sub jurusan yang bisa dipilih, misalnya teknik struktur bangunan, sumber daya perairan, konstruksi dan bangunan, lingkungan, transportasi, geoteknik, dan masih banyak lagi. kita juga diwajibkan memiliki pengetahuan tentang perhitungan yang berkaitan dengan material. Ilmu tentang material ini adalah salah satu cabang ilmu yang mempelajari jenis-jenis bahan, sifat bahan, dan penggunaannya dalam bangunan-bangunan teknik sipil.
Jurusan kuliah teknik sipil terdapat di berbagai Universitas di Indonesia. Namun juga perlu diketahui beberapa universitas negeri yang memiliki jurusan teknik sipil terbaik (dengan akreditasi A oleh BAN-PT ) di Indonesia. Yakni diantaranya : 
  • Univ Hasanuddin Makassar
  • Univ Syiah Kuala Banda Aceh
  • Univ Andalas Padang
  • Univ Brawijaya Malang
  • Univ Gadjah Mada Yogyakarta
  • Univ Sriwijaya Palembang
  • Univ Sebelas Maret Surakarta
  • Institut Teknologi Bandung
  • Univ Diponegoro Semarang
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Univ Indonesia Jakarta
[next]
Sedangkan universitas swasta yang memiliki jurusan teknik sipil terbaik (akreditasi A oleh Ban-PT) yakni diantaranya :  
  • Univ Islam Sultan Agung Semarang
  • Univ Gunadarma Jakarta
  • Univ Kristen Petra Surabaya
  • Univ Parahyangan Bandung
  • Univ Mercu Buana Jakarta
  • Univ Islam Indonesia Yogyakarta
  • Univ Tarumanegara Jakarta
  • Univ Trisakti Jakarta
  • Univ Pelita Harapan
  • Univ Atma Jaya Yogyakarta
  • Univ Bina Nusantara Jakarta
Selain itu juga perlu diketahui jenis-jenis mata kuliah yang ada di teknik sipil yang memang berbeda-beda tergantung kebijakan dari universitas yang masing-masing. Namun sebagai gambaran umumnya, berikut ini adalah beberapa jenis mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan teknik sipil.
  1. Mekanika teknik / statistika
  2. Teknologi bahan bangunan
  3. Gambar bangunan
  4. Rencana anggaran biaya bangunan
  5. Bandara
  6. Pelabuhan
  7. Struktur Jembatan
  8. Struktur Kayu
  9. Struktur Beton
  10. Hidrolika
  11. Hindrologi
  12. Ilmu ukur tanah
  13. Jalan kereta api
  14. Mekanika tanah
  15. Jalan raya
  16. Irigasi bangunan air
  17. Terowongan
  18. Hukum yang berkaitan dengan pekerjaan kostruksi
  19. Rekayasa Pondasi
  20. Sistem transportasi
  21. Manajemen Proyek
  22. Aplikasi komputer dalam bidang teknik sipil (Autocad, SAP 2000, Staad pro, dll)
pengukuran
https://www.instagram.com/anakteknikindo/

Insinyur sipil merancang dan mensupervisi pembangunan infrastruktur seperti jalanan, bangunan, terowongan, bandara, bendungan, jembatan, penyimpanan air dan sistem pembuangan kotoran.
Insinyur/ahli teknik sipil sering bekerja bersama berbagai tim, dimana mereka menggunakan teori dan model bangunan untuk memprediksikan kinerja suatu desain (bangunan). Mereka biasanya menguji suatu desain dalam skala kecil sebelum mulai membangun. Dalam mengambil keputusan, mereka harus mempertimbangkan fungsi bangunan, manfaatnya bagi masyarakat, keselamatan pekerja dan anggaran.

Baca Juga : Lulusan PWK Itu Calon Menantu Idaman Banget !

PROSPEK KERJA LULUSAN JURUSAN TEKNIK SIPIL

proyek kontraktor
 https://www.instagram.com/anakteknikindo/
Setiap negara pasti memiliki keinginan untuk maju dan berkembang dengan pembangunan fasilitas, gedung, lingkungan, jalan raya dan infrastruktur lain yang menunjang berbagai kenyamanan hidup masyarakatnya. Dengan keinginan dan cita-cita tersebut pastilah lowongan pekerjaan untuk jurusan teknik sipil masih sangat terbuka lebar. Dan menurut data terbaru dari Biro Tenaga Kerja di Amerika, gaji per tahun dari para lulusan jurusan teknik sipil yang berkarir di bidang ini memiliki kisaran gaji $ 68.220 - $82.220 . Dan berikut adalah prospek / proyeksi kerja lulusan bagi mahasiswa teknik sipil :

1. Konsultan / Kontraktor Konstruksi Bangunan

Lulusan jurusan teknik sipil bisa bekerja di bidang proyek pembangunan sebuah kontruksi, contoh posisinya adalah sebagai: structural engineer, site engineer, drafter dan estimator. Dan para sarjana lulusan teknik sipil biasanya hanya sebagai perancangan dan perencanaan mulai dari tahap awal hingga eksekusi pembangunan di lapangan.

2. Program atau proyek pembangunan

Lulusan mahasiswa teknik sipil juga bisa bekerja dalam sebuah rencana pembangunan, misalnya jalan raya, jalan tol, jembatan, rumah sakit, bendungan dan lain - lain. Apalagi saat ini negara kita dibawah pimpinan bapak Jokowi sedang menggencarkan proyek-proyek pembangunan seperti pelabuhan, jalan raya, jembatan, bahkan pembangkit listrik. Sehingga saat ini masih banyak membutuhkan insinyur dari lulusan mahasiswa teknik sipi.

3.Pegawai Negeri Sipil ( PNS )

Peluang bagi lulusan teknik sipil juga bisa mengisi instansi-instansi pemerintahan. Seperti contoh badan dan dinas seperti Badan perencanaan daerah, Jasamarga, PMU-Bina Marga, rumah sakit, Departemen ESDM, Dinas tata kota dan pertamanan.

4. Badan Usaha Milik Negara ( BUMN )

Beberapa BUMN juga menyediakan lowongan untuk sarjana teknik contohnya di Cipta karya ( Perencanan ), Waskita karya ( Bangunan Gedung ), Hutama karya (Jalan dan jembatan ) dan BUMN-BUMN lainnya.

5. Insinyur Konstruksi

Seorang insinyur konstruksi bertanggung jawab akan desain, manajemen dan supervise dari berbagai proyek konstruksi, baik itu adalah proyek bangunan, jalan, jembatan, perairan, sistem pembuangan, pelabuhan, jalan tol, dll.

Bagaimana sobat teknik? Sudah memiliki gambaran akan bekerja dan melanjutkan kemana setelah lulus nanti? Yang terpenting adalah belajar dengan giat dan tekun. Imbangi antara teori di kelas dengan praktek di lapangan. Karena bisa jadi hasil dari perkuliahan mu selama ini dapat diterapkembangkan di perusahaan tempatmu bekerja. 
Share apabila artikel ini bermanfaat yaa... Salam solidaritas Antek Indonesia !!!!

Baca Juga :  
Daftar Gaji Insinyur Sipil "WOW" Gak Nyesel Kan Ambil Jurusan Teknik? 
Kontribusi Insinyur Indonesia Pada Jembatan Bay Bridge
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget