[Inovasi] Alat Monitoring Kondisi Transformator - Anak Teknik Indonesia

[Inovasi] Alat Monitoring Kondisi Transformator

Inovasi mahasiswa yang kian marak diharapkan dapat berguna mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada, seperti inovasi buatan mahasiswa PENS ini yang rencananya akan diimplementasikan ke beberapa perusahaan..

Alat transformator

    Transformator distribusi yang digunakan oleh perusahaan sangat rentan terhadap kerusakan akibat panas yang sangat tinggi karena bekerja non-stop. Dengan pengawasan yang kurang, transformator dapat meledak karena status overheat (panas melebihi kapasitas ketahanan) yang terlalu lama. Untuk itu, transformator harus diawasi sesering mungkin sehingga pekerja dapat merespon cepat untuk menghentikan kerja transformator jika kondisi sudah berbahaya.
     Dengan melihat permasalahan tersebut, 4 orang mahasiswa asal PENS jurusan Teknik Elektronika yaitu Mochammad Hanif Nur Hizbullah, Holomarangka Ansari Nasution, Robiatul Adawiyah, dan Elsa Nopitasari menciptakan alat untuk melakukan pengawasan terhadap kondisi transformator dengan menggunakan teknologi XBee, yaitu modul pengiriman data secara nirkabel. Alat ini dibuat sebagai Program Kreativitas Mahasiswa bidang Teknologi dengan menjalin relasi pada mitra yaitu CV. Crosstech, perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan, perawatan, dan perbaikan transformator. Alat ini diberi nama SI TRANS yang diambil dari kata Kondisi dan Transformator.
 “Kami merancang ini untuk mempermudah para pekerja dalam mengawasi, sehingga waktu mereka tidak terbuang hanya untuk melihat indikator kondisi transformator di atas badan tiap-tiap transformator, cukup dengan melihat parameter-parameter di monitor laptopnya saja”, jelas Angka, selaku anggota kelompok sekaligus pencetus ide SI TRANS.

   “Untuk pengiriman data sensor antar transformator, kami menggunakan XBee Series 2 Pro sebagai transceiver, jadi komunikasi dilakukan secara wireless”, ungkap Hanif, selaku ketua PKM. Sebagai modul pengiriman, SI TRANS menggunakan XBee karena daya yang kecil sehingga tahan lama (kurang lebih satu tahun) dan juga ada berbagai fitur menguntungkan untuk memperlancar pengiriman dalam jaringan.

   Dengan SI TRANS, pengawasan sangat lebih mudah karena sudah tersedia interface (tampilan antar muka) pada laptop pekerja yang memperlihatkan kondisi tiap transformator berdasarkan oli dan suhu. Keuntungan SI TRANS tidak hanya untuk mempermudah pengawasan saja. Pekerja juga dapat menggunakan waktu yang sebelumnya terbuang untuk mengawasi transformator secara manual untuk hal menguntungkan lainnya, sehingga dapat mempercepat kerja di bidang lainnya, otomatis meningkatkan profit perusahaan pekerja tersebut. Rencananya alat ini akan diajukan ke beberapa perusahaan seperti PT PLN (Persero) yang memiliki banyak sekali tranfo.
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget