Tips Untuk Mahasiswa Baru ! Wajib Tahu Sebelum Masuk Kuliah - Anak Teknik Indonesia

Tips Untuk Mahasiswa Baru ! Wajib Tahu Sebelum Masuk Kuliah

Perguruan tinggi berbeda dengan sekolah SD hingga SMA. Apalagi mahasiswa teknik memiliki tradisi berbeda dengan mahasiswa lainnya. Baik dari dosennya, tugas-tugasnya, hingga kehidupan mahasiswanya. Dan berikut adalah sedikit tips untuk mahasiswa baru khususnya mahasiswa teknik untuk mudah mengenal kehidupan kampusnya yang baru.

Fakultas teknik
Via instgrm @anakteknikindo
Mahasiswa baru adalah mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus masuk perguruan tinggi dan mereka masih dalam tahap mengenal kehidupan kampusnya yang baru. Baik dari tradisinya, penghuninya, dan kehidupan yang ada didalam kampusnya. Tujuan mengenal disini adalah agar para mahasiswa baru dapat berinteraksi dan mengetahui kehidupan sosial yang menjadi budaya di lingkungan barunya. Karena tidak dipungkiri perguruan tinggi berbeda dengan sekolah SD hingga SMA. Apalagi mahasiswa teknik memiliki tradisi berbeda dengan mahasiswa lainnya. Baik dari dosennya, tugas-tugasnya, hingga kehidupan mahasiswanya. Dan berikut adalah sedikit tips untuk mahasiswa baru khususnya mahasiswa teknik untuk mengenal kehidupan kampusnya yang baru.

Fakultas teknik
Via instgrm @anakteknikindo
1. Dapat Mengenal Dan Menggali Kehidupan dan Tradisi Kampus

Anak teknik harus mengenal dengan baik adat istiadat, budaya, maupun aturan di lingkungan barunya. Dan sudah seharusnya mahasiswa baru dapat mengikuti dan mematuhi segala aturan yang ada. Tak perlu banyak menuntut karena dalam tahap ini mereka diharuskan menjadi pengamat dan pendengar yang baik dalam beradaptasi dengan kerasnya kehidupan kampus khususnya di fakultas teknik. 

Tips mahasiswa
Via instgrm @anakteknikindo
2. Menyesuaikan tradisi yang ada dan menerapkannya dengan taat

Setelah kita tahu tradisi dan budaya yang ada di lingkungan tersebut, sudah seharusnya kita menerapkan aturan-aturan yang ada. Biasanya di tempat yang baru kita diharuskan untuk selalu ramah dengan warganya. Baik sekedar memberikan senyum dan sapa terhadap dosen, karyawan dan senior kita. Apalagi di FT yang dikenal dengan mahasiswa yang bersolidaritas tinggi. Kita harus aktif bersosialisasi dengan warganya. 
Solidaritas tinggi
Via instgrm @anakteknikindo
3. Disiplin keras adalah kunci "survive" di lingkungan baru

Sudah bukan lagi siswa, sudah bukan lagi hidup manja menggantungkan orang tua. Di fase ini kita sebagai mahasiswa dituntut mandiri dan disiplin di segala urusan. Karena kita tahu, bahwa disiplin adalah salah satu kunci sukses, tak terkecuali bagi anak teknik. Dengan kedisiplinan, segala tugas khas anak teknik yang dinilai cukup berat dan tak berperikemanusiaan akan dapat diatasi dengan baik. 

Sarjana teknik
Via instgrm @anakteknikindo
4. Pupuk jiwa korsa dan solidaritas antar teman. 

Sudah bukan rahasia umum kuliah di jurusan teknik itu berat dan susah lulusnya. Apalagi tugas, praktikum dan laporan selalu menghantui tiap minggu. Sehingga beratnya tugas ini membuat kalian para mahasiwa baru kesulitan untuk melakukan sendiri. Sehingga kalian harus bisa bekerja dalam tim dengan baik. Mulai dari membagi tugas, saling membantu apabila teman kesusahan. Dan kalian Dan disinilah yang membuat persaudaraan antar anak teknik menjadi kuat dan mengesankan. Sikap egois adalah sikap yang harus dibuang jauh-jauh oleh anak teknik. 

Mahasiswa teknik
Via instagram @anakteknikindo
5. Mahasiswa teknik harus kritis dan pandai menganalisa hingga mengeksekusi

Semua hal yang dilakukan anak teknik baik praktikum, kuliah, tugas, project harus dilakukan sesuai aturan dan terukur dalam data, angka, fakta yang ada. Jika kalian tidak terbiasa kritis dan menganalisa masalah, maka masalahmu akan semakin menumpuk. Dan jika ngawur sudah menjadi kebiasaan, bisa-bisa julukan mu saat semester akhir nanti akan berubah menjadi 'mahasiswa teknik abadi' alias mahasiswa gak lulus-lulus.

Berkarya
Via instagram @anakteknikindo
6. Jaga kesehatan fisik dan mentalmu

Kuliah di jurusan teknik memang susah-susah gampang. Karena akan banyak sekali proyek dari dosen. Baik di kelas atau di lapangan yang dapat dikatakan tidak berperikemanusiaan. Selain itu tugas dan laporan juga akan menghantui mahasiswa teknik. Dan kebanyakan, kamu sebagai mahasiwa teknik harus merelakan jam tidurmu untuk menyelesaikan proyek yang ada. Untuk itu, kamu harus memperhatikan kesehatan fisik. Baik dari makan teratur, mengusahakan tidur cukup dan rajin olahraga. Jangan sampai kamu malah jatuh sakit dan membuat semua proyekmu jadi terbengkalai.

Anak teknik
Via instagram @anakteknikindo
7. Mahasiswa teknik wajib menguasai teori dan praktek

Di sekolah dulu khususnya SMA kita masih dibatasi dengan kurikulum yang mengharuskan kita untuk menguasai banyak teori ketimbang prakteknya. Begitupun yang dari lulusan SMK yang lebih banyak belajar praktek ketimbang teori. Nahh, sekarang di tempat yang baru yakni kampus dengan fakuktas teknik kalian perlu beradaptasi lagi. Karena kalian nanti akan dihadapkan dengan teori dan praktek yang bisa dikatakan hampir seimbang. Dan kalian wajib menguasai keduanya. Karna didunia kerja nanti, skill kalian akan sangat dipertanggungjawabkan. 

Solidaritas teknik
Via instgrm @anakteknikindo
8. Mahasiswa teknik wajib bermental baja! 

Selain karena kehidupan kuliahnya yang super padat dan mengharuskan kalian untuk gak boleh ngeluh, dosen dan senior yang killer juga sudah menanti. Untuk itu, jangan sampai kamu cengeng ketika sudag menjadi mahasiswa teknik. Karena ada puluhan ribu orang yang ingin menjadi seperti kalian. Yakni mahasiswa keren yang nantinya bergelar Sarjana Teknik!!!! Jadi jangan sia-siakan ya brader sister!!!! ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡

Naahh,  sekarang sudah tahu kan apa saja yang kamu butuhkan agar dapat menjadi mahasiswa teknik yang sukses?? Yang perlu kalian lakukan adalah belajar belajar dan belajar dengan giat. Kuasai ilmu teknik agar kalian 

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget