Siswa SMK Memproduksi Senjata Rakitan Bernilai 1 Juta - Anak Teknik Indonesia

Siswa SMK Memproduksi Senjata Rakitan Bernilai 1 Juta

Pistol Seharga 1 Juta Rakitan Siswa SMK


Senjata api rakitan yang mirip dengan pistol jenis FN dirakit oleh RR remaja berusia 18 tahun, siswa sekolah menengah kejuruan di Kediri, Jawa Timur telah dijualnya dan RR ditangkap oleh polisi. Sekilas, bentuk senapan rakitan RR secara fisik mirip dengan pistol jenis FN yang biasa dipakai oleh tentara.

Berbahan campuran besi plastik dan kayu, pistol ini memiliki panjang 20 sentimeter dengan warna yang tentunya hitam. Berdasarkan penyelidikan polisi diketahui bahwa tersangka RR pernah magang di bengkel pembuatan senapan yang tentunya memiliki pengalaman merakit.

Menurut AKP Sucipto, magang yang dilakukan oleh RR tidak sepenuhnya salah, karena memang sesuai dan berhubungan dengan statusnya sebagai siswa SMK jurusan mesin.

Setelah magang, RR menceritakan dia mulai membuat beberapa senapan di bengkel sederhana dirumahnya yang berada di Kecamatan Kayen Kidul. Senapan senapan tersebut dijual secara online olehnya.

Senapan buatan RR tersebut memiliki bentuk tabung dengan per sebagai tenaga pendorong pada bagian larasnya. Dengan peluru senapan angin yang berukuran cukup besar yakni kaliber 5,5 milimeter. Tepatnya pada sisi tabung bagian atas lubang pelurunya berada. 

RR yang telah menjadi tersangka ini ternyata tidak dilakukan penahanan mengingat latar belakangnya sebagai pelajar dan tidak ada catatan kriminalitas. Hanya saja tersangka diharuskan menjalani wajib lapor pada hari Senin dan Kamis. 

Kasus ini melanggar Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951. Meski senjata tersebut bukan senjata api, namun peluru yang digunakan memiliki ukuran yang melebihi batas ukuran yang telah ditentukan yaitu 4,5 milimiter.

Baca juga : Memiliki Senjata Api Boleh, Namun Setelah Lolos Semua Persyaratan Ini

Aktifitas produksi yang telah berlangsung selama 2 bulan telah menjangkau pasar yang terus meluas. Pembelinya tidak hanya berasal dari daerah lokal, namun Bali, Bogor, hingga Kalimantan juga telah mempercayakan senapan buatan RR tersebut dengan harga yang dibandrol sejumlah Rp1 juta.

Kasus ini terkuak ketika kepolisian mendapatkan laporan akan kecurigaan seseorang terhadap jasa pengiriman barang yang berisi sejumlah paket. Polisi pun egera melakukan pengecekan dan menemukan senjata laras pendek mirip senapan jenis FN.

Labels:
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget