Rela Gak Mudik Demi Listrik Tetap Menyala - Anak Teknik Indonesia

Rela Gak Mudik Demi Listrik Tetap Menyala

Insinyur PLN

Saat seluruh masyarakat Indonesia merayakan Idul Fitri di kampung halaman masing-masing, justru masih banyak para karyawan yang rela meninggalkan waktu kebersamaannya dengan keluarga untuk bekerja. Salah satunya pegawai PT PLN. Mereka mengabdikan dirinya untuk menjaga di beberapa tempat demi memenuhi pasokan listrik di beberapa unit. 

Pemeliharaan Gardu Induk
Dok : @plntv

 Khususnya di idul fitri seperti ini pasti di kota-kota besar mulai sepi karena kebanyakan warganya mudik ke desa. Sehingga pasokan listrik kebanyakan akan dialihkan ke daerah-daerah. Dan disinilah tugas PLN dalam mengatur beban dari pembangkit hingga ke distribusi konsumen. 

Dispatcher PLN
Dok : @plntv
Dan juga, bagi petugas di area pelayanan dimana merupakan kantor PLN yang langsung melayani masyarakat untuk semua kebutuhan dan permasalahan listrik harus berjaga apabila ada gangguan padam di beberapa daerah atau sekedar mendatangi ke lokasi konsumen apabila mengalami keluhan. 

Gardu Induk Listrik
Dok : @plntv
 Bahkan apabila ada gangguan padam, petugas PLN juga harus bersiap melakukan penyisiran letak gangguan dan penormalan di hari idul fitri. Dan disinilah letak kesabaran harus diuji. Rela meninggalkan waktu keluarga demi listrik tetap menyala. 

Inspeksi
Dok : @plntv
Kegiatan preventif juga sering dilakukan bahkan sebelum idul fitri. Petugas PLN sering melakukan pemeliharaan di gardu Induk dan beberapa lokasi jaringan Tegangan Rendah, Menengah hingga Tinggi untuk melakukan pencegahan terjadinya padam di sisi konsumen. Dan notabene hal ini dilakukan ketika ramadhan. Tak hanya itu, kegiatan-kegiatan penyisiran jaringan juga rutin dilakukan petugas PLN di saat malam untuk melihat titik-titik hotspot / korona yang dapat menimbulkan rugi-rugi daya. Dan disinilah gambaran pengabdian petugas PLN yang mengharuskan untuk kerja dan meninggalkan keluarga di bulan ramadhan hingga idul fitri. 
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget