Kontribusi Insinyur Asal Indonesia Pada Jembatan Bay Bridge - Anak Teknik Indonesia

Kontribusi Insinyur Asal Indonesia Pada Jembatan Bay Bridge

Ir. Martin Chandrawinata, Insinyur Asal Indonesia Terlibat Proyek Kelas Dunia


Salah satu jembatan terpanjang didunia, Bay Bridge, menjadi saksi bahwa insinyur Indonesia juga memiliki skill yang tak kalah saing. Jembatan yang berada di Maryland, Amerika Serikat ini memiliki panjang 4,3 mil (7km).

Semasa pembangunan jembatan ini, salah seorang putra Indonesia yang tinggal di Amerika, Ir. Martin Chandrawinata ikut berkontribusi dalam proyek kelas dunia ini.

Alumni pasca sarjana Universitas California di Berkeley ini pun tak menyangka jika ikut terlibat dalam proyek pembangunan perpanjangan Bay Bridge tersebut. Selain karena ketatnya kompetisi, saat itu ia pun minim pengalaman kerja dan masih fresh graduate.


Bay Bridge adalah salah satu jembatan favorit Martin, bahkan anak-anaknya menyebut jembatan tersebut jembatan ayah mereka.

Pria yang sejak kecil tertarik dengan gedung-gedung tinggi dan jembatan ini menemukan jalan bagi kekagumannya itu. Bahkan sebelumnya ia pernah berdoa ingin membangun jembatan seperti Golden Gate Bridge. Dan siapa sangka jika tuhan mendengar dan merestui usahanya dengan mengabulkan keinginannya.

“Jembatan itu sebenarnya sebuah seni untuk para insinyur. Bay Bridge ini contohnya. Kalau saya lihat, ini elegan, panjang. Saya berpikir, bagaimana orang bisa menyeberang dari sisi satu ke sisi yang lain, kalau tidak ada jembatan,” ujar Martin.

Baca juga : Daftar Gaji Insinyur Sipil Yang Menggiurkan

Martin seperti dilansir oleh VOA, memberi pesan khusus bagi anak-anak muda yang ingin menjalani profesi seperti dirinya.

“Kita selalu butuh tempat tinggal, selalu butuh infrastruktur untuk membangun ekonomi. Jangan pernah kecil hati. Belajar dan selalu bekerja keras, berteman dengan banyak orang. Juga jangan lupa berdoa kepada Tuhan karena tidak ada yang mustahil si dunia ini!”
Labels:
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget