Eksperimen Sains Paling Memukau yang Bisa Anda Lakukan di Rumah - Anak Teknik Indonesia

Eksperimen Sains Paling Memukau yang Bisa Anda Lakukan di Rumah



Saat pulang kerja atau sekolah, terkadang yang ingin anda lakukan adalah bersenang-senang. Karena setelah seharian kita disibukkan dengan kegiatan yang menguras otak dan juga otot. Kebanyakan kita lebih tertarik untuk bermain game. Tapi sebenarnya ada kegiatan yang lebih unik dan antimainstream, yakni bereksperimen dengan sains. Kita bisa bermain dengan api, cairan kimia, listrik dan ledakan-ledakan yang menyenangkan. Jika anda tertarik untuk mencoba eksperimen sains (DIY) ini kita bisa lakukan dirumah,  tidak hanya di lab atau tempat-tempat steril. Yang terpenting adalah keamanan dan keselamatan harus tetap jadi prioritas. Dan berikut adalah daftar eksperimen sains terbaik yang telah dihimpun dari seluruh sumber yang ada!


Rocket Pasta

Percobaan sains ini anda akan bermain dengan api dan roket. Anda bisa menggabungkan sumber bahan bakar padat dan oksidator cair untuk membuat mesin roket hybrid. Prinsip-prinsip ini sama pada skala besar dan kecil. Jika Anda ingin bereksperimen dalam skala kecil, yang anda perlukan hanyalah beberapa pasta penne, obat kumur, dan ragi.



Elephant's Toothpaste

Elephant's toothpaste pada dasarnya adalah busa yang tercipta melalui reaksi campuran dari produksi gas. Reaksi terjadi dari dekomposisi hidrogen peroksida (H2O2). Ketika anda mengkatalisis reaksi dalam wadah dengan cerat kecil, ekspansi busa yang cepat menyebabkan berkembangnya busa dengan sangat cepat. Kita bisa menambahkan beberapa pewarna makanan ke dalam campuran untuk membuat eksperimen lebih menyenangkan.



Lorentz Force

Gaya Lorentz adalah kombinasi gaya listrik dan magnet pada benda karena muatan elektron. Eksperimen ini menunjukkan adanya gaya elektromagnet yang memungkinkan anda membuat motor sederhana hanya dengan menggunakan baterai. Dengan juga menggunakan kawat tembaga dan magnet. Tekuk kawat dengan cara tertentu, untuk bisa membuat motor kecil, walaupun pada dasarnya tidak ada torsi, namun tetap menjadi eksperimen yang keren.



Supersaturasi

Supersaturasi adalah suatu keadaan dimana cairan terlalu banyak garam atau gula yang jenuh dalam cairan yang menyebabkan keadaan tidak stabil sehingga terjadi kristalisasi yang sangat cepat. Cairan supersaturasi kadang-kadang disebut sebagai "es panas." Anda bisa membuatnya dengan menggunakan baking soda, cuka, dan alkohol. Jika Anda ingin melihat cara kerjanya dan cara membuatnya, lihat video di bawah ini.



DIY Hovercraft

Kita semua memimpikan memiliki dan menerbangkan hovercraft kita sendiri. Teknologi untuk membuat hovercraft lebih sederhana dari yang anda duga. Sementara hovercraft ini tidak benar-benar memiliki kemampuan mobil terbang yang pernah diimpikan, mereka secara teknis beroperasi dengan bantal tipis di udara. Jika anda memiliki blower daun cadang yang tidak terpakai di sekitar, maka anda sangat mudah untuk memulai eksperimen ini sendiri. Lihat video di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara membuatnya.



Plastik dari Susu

Percaya atau tidak, pernahkah anda membayangkan untuk membuat plastik yang keras dari bahan susu? Bila diolah dengan benar, anda bisa mengambil protein dari susu dan mengubahnya menjadi bioplastik yang keras. Dengan menambahkan cuka ke susu hangat, terjadi reaksi yang mengisolasi molekul kasein atau protein dalam susu. Dengan mengisolasi kasein, anda akan dapat membuat plastik moldable seperti tanah liat yang bisa anda gunakan untuk membentuk plastik. Bila protein ini dikeringkan, ia mengeras menjadi padatan rapuh. Kembali di tahun 1900-an, plastik berbasis susu ini sebenarnya digunakan untuk membuat barang seperti pena dan pegangan pisau.



Ferrofluid

Ferrofluida pada dasarnya adalah cairan dengan partikel logam magnetik yang tersuspensi di dalamnya. Apa yang membuat cairan ini sangat menarik adalah kenyataan bahwa anda dapat mengamati tata letak medan magnet magnet tanah yang lebih kuat. Hal ini sangat menarik bagi siapa pun yang pertama belajar tentang magnet atau jika anda hanya ingin membuat mainan meja yang menyenangkan. Jika anda akhirnya membuat ferofluid dan ingin menyimpannya untuk sementara waktu, coba cari tempat yang kecil untuk memasukkannya ke dalam dan tutup sehingga anda bisa bermain dengannya tanpa berantakan.



Ini adalah beberapa percobaan sains paling populer dari seluruh web, namun ada banyak lagi proyek yang dapat sobat teknik lakukan jika kalian punya waktu. Jika anda memiliki proyek sains favorit yang dapat anda lakukan di rumah yang tidak kami sebutkan dalam daftar ini, pastikan untuk memberi tahu kami di komentar di bawah ini sehingga pembaca kami dapat memastikan untuk memeriksanya. Selamat bereksperimen !!




Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget