Beda Style, Beda Juga Fitur JOOX Dan Spotify - Anak Teknik Indonesia

Beda Style, Beda Juga Fitur JOOX Dan Spotify

JOOX dan Spotify, Better Mana?


Kesel gak sih kalau kamu download lagu tapi hasil dari download nya malah ada banyak "suara semut" nya? Udah gitu file nya pun mengandung banyak virus yang bisa merusak handphone maupun data yang ada di ponsel kamu. Karena hal itulah, banyak kawula muda yang lebih mempercayakan kualitas musik favorit mereka yang akan didengar dengan aplikasi JOOX maupun Spotify. Yup, pastinya kalian udah gak asing lagi dengan aplikasi musik streaming yang satu ini ya.

Mendengarkan musik dengan aplikasi musik streaming bisa lebih menghemat penyimpanan (memori) ponsel kamu. Hanya saja dengan musik streaming ini, kuota data kamu menjadi taruhannya. Saking keren dan hebatnya kedua aplikasi ini, membuat beberapa orang malah menggunakan kedua aplikasi ini didalam ponselnya.

Karena masih banyak yang berargumen atau membandingkan kehebatan dan kecanggihan aplikasi ini, berikut akan kami ulas fakta yang terkandung didalam kedua aplikasi tersebut.


#1 Tampilan Aplikasi



 JOOX Interface

Spotify Interface

Dari segi tampilan aplikasi, JOOX lebih banyak memainkan warna dan sangat anak mudah banget. Sedangkan spotify terlihat lebih dewasa dengan warna yang tidak mencolok, bahkan terlampau simple. JOOX sendiri memiliki nilai tambah dimana dia menyediakan fitur Theme Center yang dapat merubah tema tampilan aplikasi joox kamu sesuai mood. Namun sayangnya, Spotify belum memiliki fitur seperti itu sampai artikel ini ditulis.

#2 Performa


Kelebihan JOOX dari segi tampilan ternyata setimpal dengan performa yang dihasilkan dari aplikasi tersebut. Mungkin karena terlalu banyak nya fitur yang diberikan oleh JOOX tersebut, membuat pengoperasian aplikasi menjadi lebih berat. Terlebih disaat ponsel tersebut memiliki ram yang kecil dan processor yang belum up to date. Sedangkan Spotify, aplikasi ini jauh lebih ringan ketika digunakan. Hal ini mungkin karena tampilannya yang sederhana dan fitur yang tidak terlalu banyak seperti di JOOX.

#3 Penggunaan


Kedua aplikasi ini jelas lebih baik jika dibandingkan dengan Apple Music dari segi penggunaan aplikasi. Karena kedua aplikasi tidak membutuhkan kartu kredit ketika pengguna melakukan sign up. Untuk pendaftaran, JOOX dapat menggunakan akun We Chat, Facebook, Email. Spotify juga dapat menggunakan akun Email serta Facebook, namun tidak dengan We Chat.   


#4 Kategori, Genre & Katalog Musik



Tidak banyak perbedaan yang dihasilkan dari segi ini. Hanya saja JOOX lebih mendetail dari Spotify seperti dangdut, bahkan pop sunda pun ada. Untuk koleksi lagu, Spotify mengatakan bahwa telah tersedia 30+ Juta lagu, namun JOOX baru memiliki sekitar 5+ Juta lagu dalam koleksi musiknya. Salah satu yang menonjol dari Spotify dari segi ini adalah fitur Mood-nya. Dimana musik koleksi mereka telah difilter berdasarkan mood. Lain halnya dengan JOOX, mereka identik dengan chart nya yang sesuai dengan kategori chart.

#5 Layanan VIP & Premium


Trial gratis tentunya diberikan oleh JOOX dan Spotify. JOOX memberikan waktu 1 bulan untuk menikmati koleksi musik diaplikasi nya secara gratis. Beda dengan Spotify, mereka memberikan waktu hanya 1 minggu saja. Namun dengan begitu, bukan berarti pengguna tidak dapat mendengarkan kembali koleksi nya, hanya saja pengguna harus rela mendengarkan iklan sesaat yang sedikit mengganggu tersebut. 

Untuk upgrade ke layanan VIP, JOOX terbilang cukup mudah karena pembayaran melalui google play. Jadi buat kalian yang belum memiliki kartu kredit, fitur ini sangat membantu sekali karena dapat hanya menggunakan pulsa. Sedangkan Spotify, belum mengaplikasikan fitur seperti JOOX, semoga segera ada fitur yang memudahkan pengguna ya.

#6 Fitur Tambahan


JOOX memiliki fitur unik nih, yaitu Kartu Lirik. Kartu lirik ini dapat dishare di sosial media, karena lirik yang dikandung dalam lagu dapat mewakilkan perasaan kamu pada saat itu yang ingin kamu bagi kepada teman - teman dalam sosial media. Tentunya fitur ini belum dimiliki oleh Spotify guys.

Jika sebelumya kita harus searching lirik terlebih dahulu agar bisa ikut menyanyi dengan pas, namun kini tidak lagi dengan JOOX. Lirik lagu akan muncul secara otomatis ketika pengguna memulai sebuah lagu. Hanya di JOOX ya.

Seringnya kita mendengarkan musik sebelum tidur membuat kita lupa untuk mematikan lagu yang sedang diputar. Lagu yang berputar terus juga akan memakan bateri ponsel lama kelamaan. Maka dari itu, JOOX memberikan fitur Timer yang membantu kita untuk mengatur waktu dalam menghentikan pemutar lagu.

Gimana, kalian lebih prefer menggunakan JOOX atau Spotify?
Labels:
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget