Wanna Cry Beraksi Kembali, Penyerangan Ransomware WannaCry - Anak Teknik Indonesia

Wanna Cry Beraksi Kembali, Penyerangan Ransomware WannaCry


cyber crime

Ini berada di jalur untuk menjadi salah satu serangan ransomware terbesar yang tercatat, dengan puluhan ribu komputer yang terinfeksi di hampir 100 negara.
Serangan hari Jumat menyerang bisnis dan organisasi besar: rumah sakit Inggris, sebuah telekomunikasi Spanyol, FedEx, Kementerian Dalam Negeri Rusia. Tapi berapa banyak individu perlu khawatir tentang komputer pribadi mereka menjadi sasaran?

wanna cry
officeArt object 
Ransomware adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang mengambil alih komputer dan mengunci pengguna, mencegah mereka mengakses file apa pun sampai mereka membayar uang. Program khusus ini, yang disebut WannaCry, meminta sekitar $ 300, meski harganya meningkat dari waktu ke waktu. WannaCry mengambil keuntungan dari cacat Windows yang ditemukan oleh NSA dan dipublikasikan oleh peretas pada bulan April. Microsoft meluncurkan patch untuk kerentanan pada bulan Maret. Tapi komputer dan jaringan yang tidak memperbarui sistem mereka masih berisiko.
Pada hari Jumat, seorang peneliti keamanan secara tidak sengaja menciptakan "saklar pembunuh" untuk membantu menghentikan penyebaran ransomware ini. Namun, seorang hacker bisa menulis ulang kode untuk menghilangkan saklar membunuh dan mulai mencoba menginfeksi mesin baru dengan versi barunya.
 Seluruh dunia dari serangan cyber besar masalah ini terutama berdampak pada bisnis, dimana ia dapat menyebar dengan cepat melalui jaringan untuk mencatat keseluruhan perusahaan. Bisnis membutuhkan waktu lebih lama untuk menginstal pembaruan dan tambalan penting, seringkali untuk menghindari dampak perangkat lunak lawas apa pun yang mereka jalankan.
Tapi individu dengan PC yang menjalankan Windows masih harus melakukan beberapa tindakan pencegahan. Pertama, instal pembaruan perangkat lunak apa pun segera dan jadikan ini kebiasaan biasa. Aktifkan updater otomatis jika tersedia (Microsoft menawarkan opsi itu). Microsoft juga merekomendasikan menjalankan perangkat lunak anti-virus gratis untuk Windows.
Jika Anda belum memiliki rutinitas cadangan, mulailah sekarang dan simpan salinan semua file Anda secara teratur. Dengan cara itu jika mesin Anda terinfeksi dan foto dan dokumen Anda dienkripsi, Anda tidak perlu khawatir kehilangannya.
Akhirnya, selalu waspada. Jangan klik link yang tidak Anda kenal, atau download file dari orang yang tidak Anda kenal secara pribadi.
Bukan hanya komputer Anda yang perlu Anda khawatirkan. Serangan ini telah mempengaruhi banyak layanan dan organisasi besar, termasuk rumah sakit di Inggris, perusahaan telekomunikasi dan gas alam di Spanyol, dan FedEx. Layanan dasar yang mempengaruhi kehidupan Anda dapat terpengaruh bahkan jika mesin Anda sendiri bersih. Berhati-hatilah dan terus update berita ransomware ini hanya di anakteknikindo. Dan sebarkan berita ini agar seluruh keluarga dan kerabat kalian. Aman dari serangan ini.



Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget