Tak Berbeda Dengan Es, Dosen Juga Bisa "Dicairkan" - Anak Teknik Indonesia

Tak Berbeda Dengan Es, Dosen Juga Bisa "Dicairkan"

Jadikan Dosen Sebagai Sahabat



Tidak hanya memberikan banyak ilmu yang tidak ternilai harganya, dosen juga memberikan banyak peluang untuk para mahasiswa nya jika memang diperlukan. Entah misalnya kamu akan diajak untuk mengerjakan proyek baru dengan nya, atau akan mempermudah kamu dalam mencari pekerjaan nantinya. Kamu mungkin akan diberinya pengalaman berharga yang sebelumnya tidak pernah diceritakan oleh mahasiswa lainnya. Nah, disitu kamu pasti akan merasa sangat beruntung. So, intip yuk tips dan trik nya dibawah ini.

1. Selalu Tersenyum

Jangan tunjukin muka masam kamu ketika bimbingan atau ketika bertemu di jalan menuju kantin. Seberat apapun masalahmu, selalu tunjukan wajah ceriamu. Tapi jangan berlebihan ya, karena jika begitu mereka menganggap kamu sedang mencari perhatian dengan nya. Tersenyumlah senormal dan senatural mungkin. Karena apapun yang berlebihan memang tidak sedap dipandang.

2. Bawalah Sesekali Sarapan

Sama seperti dirimu, dosen juga memiliki beban pikiran yang tidak sedikit. Terkadang saking banyak fikirannya, mereka melupakan hal penting yaitu sarapan. Gak ada salah nya kalau kamu sesekali memberikan sarapan kepada dosenmu. Tapi, ada tapinya nih, disarankan untuk gak kasih sarapan disaat kamu akan kuis atau presentasi dengan beliau. Karena mereka akan mengira kamu sedang mencoba menyogok mereka. Jadi pilih waktu yang tepat ya.

3. Jangan Terlambat Masuk kelas

Walaupun dosen mu sering terlambat masuk kelas, kamu jangan mencontoh tindakan tersebut ya. Karena terkadang, mereka sengaja datang terlambat untuk menguji kesabaran dan diam - diam menilai sejauh mana kamu konsisten terhadap kelas nya itu.

4. Kerjakan Tugas Tepat Waktu

Mungkin memang tugas yang dikasih dosen mu tidak sesulit perkiraan mu. Tidak jarang juga kamu sempat berfikir untuk menunda mengerjakannya. Apalagi kalau waktu pengumpulan tugas masih lama. Nah nah, gak boleh terlena ya. Karena kita kan gak tau nanti bakal ada antrian tugas dari dosen yang lainnya. Terus disaat waktu pengumpulan tugas tiba, kamu masih belum sepenuhnya selesai dengan tugas mu, maka hilanglah respect dosen terhadap mu.

5. Sering Bertanya Dalam Kelas

Terserah deh orang lain mau bilang kamu sok pinter atau cari perhatian. Toh kalo memang kamu benar benar kurang paham ya bertanya saja, gak ada salahnya juga. Dengan begitu, sang dosen akan menilai kamu jauh lebih baik ketimbang mereka yang memilih diam saja tanpa bertanya apa pun. Sudah menjadi rahasia umum kalau sang dosen memberika materi yang sedikit “meloncat”, karena itu menguji sejauh mana kalian memperhatikan sang dosen.

6. Beri Souvenir Selepas Liburan

Libur setelah uts yang biasanya memakan waktu lebih dari satu bulan, dimanfaatkan oleh sebagian mahasiswa untuk berlibur keluar kota. Tidak jarang juga mereka yang memiliki uang lebih memilih untuk berlibur keluar negeri. Gak mungkin banget kan kalau liburan yang jauh seperti itu tidak membawa buah tangan apapun, setidaknya souvenir berukuran kecil yang harganya terjangkau pasti kamu beli disana. Ayolah, jangan pelit pelit sama dosen mu, kasih beliau 1 souvenir yang kamu bawa dari sana. Paling tidak beliau akan merasa senang dan tersanjung deh sama mahasiswanya yang so sweet ini.

7. Mengobrol Santai

Disaat sang dosen sedang makan sendirian dikampus, atau sedang menggunakan sepatu selepas solat dzuhur dimushola, dekati dan cobalah untuk membuka sedikit percakapan dengan beliau. Walaupun mungkin topik pembicaraan tidak begitu penting baginya, setidaknya beliau melihat ada keberanian dan percaya diri yang tinggi untuk mengajaknya berbicara.

Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget