PT DI, Satu-Satunya Di ASEAN Yang Akan Memproduksi Jet Tempur ! - Anak Teknik Indonesia

PT DI, Satu-Satunya Di ASEAN Yang Akan Memproduksi Jet Tempur !

PT Dirgantara Indonesia. Dimana sebelumnya pabrik pesawat ini bernama " Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN)". Pabrik yang terletak di kawasan Bandara Husein Sastranegara, Bandung ini memiliki luas wilayah mencapai 80 hektar. Dan patut dibanggakan mengingat, Pabrik pesawat milik Indonesia satu-satunya yang beroperasi di wilayah Asia Tenggara. PTDI sudah mengekspor pesawat di negara-negara ASEAN, seperti : Venezuela, Turki, Burkina Faso, Pakistan, Guam, Senegal, Korea Selatan, Thailand, dan Malaysia. Hingga saat ini, pesawat yang diproduksi dan dirakit Dirgantara Indonesia antara lain CN235-220 MPA, CN235-200M, NC212-200, C212-400, NC212i, dan versi terbaru CN295. Dan total pesawat yang telah diekspor mencapai 396 unit. Dan baru-baru ini PT Dirgantara Indonesia mengirim pesawat NC-212 ke Thailand. Dan komposisi yang diproduksi pun sudah didominasi buatan Indonesia.


Indonesia Fighter Xperiment (IFX)
Tentu sobat teknik sudah tak asing lagi dengan perusahaan BUMN ini, yakni PT Dirgantara Indonesia. Dimana sebelumnya pabrik pesawat ini bernama " Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN)". Pabrik yang terletak di kawasan Bandara Husein Sastranegara, Bandung ini memiliki luas wilayah mencapai 80 hektar. Dan patut dibanggakan mengingat, Pabrik pesawat  milik Indonesia satu-satunya yang beroperasi di wilayah Asia Tenggara. Produsen pesawat satu-satunya di Asia Tenggara ini juga menggandeng European Aeronautic Defence and Space Company (EADS), yang menawarkan berbagai tipe pesawat terbang dalam memenuhi kebutuhan ekspor pesawat baru di kawasan ASEAN. Bahkan dari teknologi, produk pesawat dari PTDI ini terbilang sangat canggih dan terdepan. Karena dari segi kualitas dan harga, produk pesawat dan helikopter RI dapat dikatakan sangat kompetitif. Hal ini yang kemudian menjadi daya tarik bagi negara di kawasan ASEAN.

Kebanggan Indonesia
 
Setidaknya, PTDI sudah mengekspor pesawat di negara-negara ASEAN, seperti : Venezuela, Turki, Burkina Faso, Pakistan, Guam, Senegal, Korea Selatan, Thailand, dan Malaysia. Hingga saat ini, pesawat yang diproduksi dan dirakit Dirgantara Indonesia antara lain CN235-220 MPA, CN235-200M, NC212-200, C212-400, NC212i, dan versi terbaru CN295. Dan total pesawat yang telah diekspor mencapai 396 unit. Dan baru-baru ini PT Dirgantara Indonesia mengirim pesawat NC-212 ke Thailand. Dan komposisi yang diproduksi pun sudah didominasi buatan Indonesia.
PT DI
Dan kabar terbaru PT Dirgantara Indonesia (PTDI) saat ini telah menggandeng Korea Aerospace Industries (KAI) untuk mengembangkan dan memproduksi jet tempur generasi 4.5 bernama Korea Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment (KFX/IFX). Dimana  Asia Tenggara baru PT DI yang memproduksi. Menurut Direktur Utama PTDI, Budi Santoso "Korsel digandeng karena bersedia memberikan penguasaan teknologi sampai 100%. Indonesia juga dilibatkan dari awal pengembangan hingga produksi. Dari total proyek yang senilai US$ 8 miliar atau Rp 111,52 triliun (US$ 1 = Rp 13.940), Indonesia berkontribusi 20% dan sisanya yakni 80% ditanggung oleh Korsel."


Indonesia Fighter Xperiment (IFX)

Menurut Budi Santoso, "Kita belajar ke Korea karena mereka telah kembangkan Jet twmpur T-50. Dia kerjasama dengan Amerika Serikat tapi nggak semua teknologi yang dikembangkan diberikan ke Korea. Akhirnya, mereka mau kembangkan sendiri, dan nggak mau gandeng negara maju karena nggak mau kasih teknologi. Ini kesempatan kita cari partner karena nggak setiap negara punya program pengembangan jet,"

Semoga kedepannya, PTDI ini terus melahirkan pesawat-pesawat yang mumpuni dari segi teknologi, kehandalan dan harganya. Mengingat Indonesia adalah negara meritim yang sangat luas dan sangat perlu adanya kendaraan ini sebagai alat transportasi dan sebagai alutsista yang menunjang dalam menjaga keutuhan NKRI, Maka dari itu, perlu generasi insinyur yang hebat dan cerdas untuk meneruskan perjuangan dan cita-cita Bapak Habibie. Maju terus insinyur Indonesia !!!! We Proud of you !!!!!
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget