Perbedaan Teknik Elektro dengan Teknik Elektronika - Anak Teknik Indonesia

Perbedaan Teknik Elektro dengan Teknik Elektronika



Mungkin sobat teknik sempat bingung apa bedanya teknik elektronika dengan teknik elektro dan sering muncul pertanyaan saat belajar teknik elektronika: Apakah gaji insinyur elektronik lebih tinggi dari pada insinyur elektro?

Teknik elektronika adalah cabang teknik lain yang terkait erat dengan teknik elektro. Perbedaan utamanya adalah bahwa para insinyur elektronik terutama berfokus pada apa yang ada di bagian gadget elektronik seperti komponen perangkat keras, sementara teknisi listrik sering berurusan dengan menyalakan sistem.

Apa itu teknik elektronika?

Teknik elektronik menggunakan komponen listrik non linier dan aktif. Ini melibatkan perangkat semikonduktor seperti transistor, sirkuit terpadu, resistor, kapasitor, dioda, dll untuk membuat sirkuit elektronik, mikroprosesor, perangkat, mikrokontroler dan sistem lainnya.

Teknik elektronika sering kali berkaitan dengan implementasi aplikasi perangkat keras, prinsip sistem dan algoritma perangkat lunak tertanam yang dikembangkan di dalam area seperti pemrosesan sinyal, sistem kontrol, telekomunikasi, teknik perangkat keras komputer, kontrol tenaga listrik, teknik instrumentasi, rekayasa sistem, robotika dan banyak lagi.

Seperti disebutkan di atas, hal ini saling terkait dengan teknik elektro karena yang terakhir lebih sering berhubungan dengan teknik arus listrik, arus deras, dan tegangan tinggi; Dan insinyur elektro hampir selalu bekerja di tim insinyur elektronik.

Apa tanggung jawab seorang insinyur elektronika?

Insinyur elektronik bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan peralatan elektronik. Seperti peralatan penyiaran dan komunikasi seperti ponsel dan pemutar musik portabel. Insinyur elektronik merancang komponen yang memungkinkan sistem kelistrikan beroperasi sesuai dengan algoritma perangkat lunak tertanam dan sinyal masuknya.

Insinyur elektronik merancang dan mengembangkan perangkat, menguji komponen, peralatan, dan sistem yang terutama dijalankan pada daya voltase rendah atau tinggi. Bagian dari tanggung jawab mereka adalah membahas proposal kepada klien, bekerja sama dengan rekan kerja untuk merancang sistem, sirkuit, ] perangkat baru, memperbaiki teknologi yang ada, menguji model abstrak, spesifikasi penulisan dan laporan teknis.

Insinyur elektronik juga bertanggung jawab untuk mengikuti proses pengembangan yang ditentukan, mengembangkan perancangan detil dari peralatan elektronik, dan memastikan bahwa produk akan bekerja dengan perangkat yang dikembangkan oleh orang lain. Mereka menciptakan user-friendly, menyediakan peraturan keselamatan yang terpenuhi, melaksanakan perencanaan proyek dan menyiapkan anggaran, dan mengawasi teknisi, pengrajin, dan rekan lainnya.

Sebagian besar perusahaan memerlukan gelar di bidang teknik elektro atau elektronik atau bidang terkait lainnya seperti teknik penerbangan, teknik komunikasi, perangkat lunak atau teknik sains komputer, matematika, teknik mekatronik, fisika terapan atau teknik manufaktur.

Baca Juga : Prospek & Proyeksi Lulusan Mahasiswa Teknik Elektro

Memiliki pengetahuan teknis dan keterampilan IT yang tinggi, analisis yang kuat, kemampuan pemecahan masalah yang baik, terutama dalam memperbaiki desain. Keterampilan komunikasi yang baik memungkinkan mereka untuk menjelaskan gagasan kompleks menjadi konsep yang jelas, kreatif, inovatif, memperhatikan detail. Keterampilan berpikir strategis, kesadaran komersial, manajemen proyek dan keterampilan kepemimpinan, kemampuan untuk bekerja dalam tim dan mampu memahami peraturan kesehatan dan keselamatan listrik adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk bidang pekerjaan ini.

Jadi sobat teknik, teknik elektronika itu lebih ke kinerja sistem atau modul yang sudah disediakan, dan bertindak sebagai "Penghidup" dari suatu sistem. Dan teknik elektro itu lebih bekerja bagaimana suatu sistem ini bekerja sesuai dengan modul yang dibuat.
So... Sobat teknik jangan bingung lagi ya tentang perbedaan 2 statemen yang hampir mirip ini walaupun jelas berbeda pembagian kinerja nya. Jadi mikir-mikir lagi ya sobat teknik, lebih suka yang mana..
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget