Telihat Canggih Dengan Alat Sebesar Kartu Kredit - Anak Teknik Indonesia

Telihat Canggih Dengan Alat Sebesar Kartu Kredit

Rapsberry, Saudara Komputer Yang Membuat Canggih Aktifitas Kamu



Ingin memiliki komputer yang bisa ditaruh disaku? Atau malas membawa perangkat laptop yang beratnya minta ampun? Raspberry bisa jadi solusi buat kamu nih. Selain ukurannya yang saku-able banget, dengan menggunakan raspberry, kamu akan terlihat lebih canggih dan keren, karena gak semua orang memiliki dan mau menggunakan perangkat ini. Yuk ah kita kenalan sama si raspberry. 



Raspberry, perangkat keras yang berukuran mini hampir seukuran dengan kalkulator ini tidak kalah loh kemampuannya dari komputer dan laptop. Perangkat yang dibangun oleh The Raspberry Pi Foundation, memiliki tujuan menyediakan komputer murah dan perangkat lunak gratis. Serta mendorong pendidikan sains komputer, mereka berharap agar komputer kecil dan terjangkau ini akan menjadi alat yang memungkinkan untuk melakukan segala aktifitas komputer.


Di sisi perangkat lunak, saat ini ada tiga sistem operasi berbasis Linux yang didukung oleh Raspberry Pi.Ada 10.000 model B yang diproduksi pada batch produksi pertama, dan semuanya terjual habis dalam beberapa jam setelah mulai dijual. Dan banyak distribusi linux saat ini yang memiliki versi untuk mengoptimalkan perangkat tersebut.


Model B adalah versi $ 35 dengan pilihan konektivitas paling banyak, dan merupakan model yang paling diminati oleh para penggemar. Model B saat ini hadir dengan port USB kedua, port ethernet untuk koneksi ke jaringan, dan RAM 512MB.Model A tanpa ethernet dan dengan satu port USB sedang dalam perjalanan dan akan dijual seharga $ 25 dengan RAM 256MB dan satu port USB.



Adapun spesifikasinya, adalah komputer berukuran kartu kredit ini didukung oleh sistem Broadcom BCM2835-on-a-chip (SoC). SoC ini mencakup prosesor ARM1176JZFS 32-bit, clock 700MHz, dan GPU Videocore IV. Ini juga memiliki RAM 256MB dalam paket POP di atas SoC. The Raspberry Pi didukung oleh charger AC USB 5V atau setidaknya 4 baterai AA (dengan sedikit hacking). Dalam hal ini, GPU Videocore IV agak manjur karena mampu mengurai kode 1080p30 H.264 dengan bit rate hingga 40Mb / s.


Walaupun  raspberry ini lebih lambat dari laptop maupun komputer pada umumnya, namun perangkat ini cukup lengkap dan dapat menyediakan semua kemampuan yang dibutuhkan dengan tingkat konsumsu daya rendah. Dua versi yang paling populer dari perangkat ini adalah Rapsbian dan Pidora, dimana masing - masing perangkat dengan sistem operasi Debian dan Fedora. Dan Raspberry bukanlah satu-satunya alat komputasi kecil di luar sana. Sebenarnya masih ada perangkat lain seperti arduino.
Labels:
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget