Jumlah Startup Di Indonesia Tertinggi Se- Asia Tenggara ! - Anak Teknik Indonesia

Jumlah Startup Di Indonesia Tertinggi Se- Asia Tenggara !


Perlu sobat teknik ketahui, bahwa anak muda Indonesia tak henti-hentinya berkarya khususnya dalam bidang teknologi. Setidaknya sejak tahun 2016 Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah start-up tertinggi di Asia Tenggara, yakni sekitar 2.000 lebih. Dan diproyeksikan jumlah bisnis startup berbasis teknologi ini di Indonesia bertumbuh hingga 6,5 kali lipat menjadi sekitar 13.000 pada 2020.


Menurut CHGR, startup Indonesia yang memiliki nilai tertinggi mayoritas beroperasi di 3 bidang yaitu Travel dan Transport, e-commerce, termasuk fesyen dan retail dan media online. Alasan paling kuat penyebab meningkatnya jumlah startup dalam dua tahun terakhir ini adalah derasnya aliran dana yang dikucurkan oleh VC global ke Asia Tenggara. Ada pelbagai faktor yang memberi andil besarnya peluang pertumbuhan di pasar Asia ini, salah satunya adalah kisah kesuksesan Alibaba yang memecahkan rekor IPO tertinggi pada September 2014 silam. Dan kesuksesan Alibaba banyak memotivasi banyak orang, khususnya Indonesia

Memang banyak sekali keuntungan dalam perkembangan startup teknologi di Indonesia. Seperti yang dilansir Lembaga riset International Data Corporation (IDC), adanya peningkatan penerapan transformasi digital di Indonesia, terutama dalam hal belanja teknologi informasi (TI) yang meningkat 8,3% menjadi Rp 214,4 triliun pada 2016 dari Rp 199 triliun pada 2015. Dari jumlah belanja tersebut, sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berkontribusi sekitar 13%. Kepercayaan bisnis yang membuncah tersebut juga sejalan dengan performa penjualan sektor e-commerce sepanjang tahun 2016 yang diprediksi tumbuh 22% di Tanah Air. Sebuah pertumbuhan yang fantastis, karena di India hanya tumbuh 0,24% dan 0,15% secara global.


Presiden Direktur Telkomtelstra Erik Meijer pun mengatakan, "berkembangnya digitalisasi perekonomian tersebut telah menjadikan Indonesia sebagai pasar yang dinamis, khususnya dengan pertumbuhan start-up, yang merupakan bisnis berbasis teknologi, dalam negeri yang terus berkembang dari sisi sektor bisnis maupun jumlahnya."

Dan perkembangan startup sebenarnya ditentukan oleh berbagai faktor yang ada, Seperti studi yang dilansir Startup Genome, yakni ada 8 faktor yang dipakai untuk menilai ekosistem sebuah negara. Di antaranya adalah performa, pendanaan, pangsa pasar, global connectedness, talenta, startup experience, resource attraction, ekosistem demografis, serta demografis founder. Dari keseluruhan faktor tersebut, Silicon Valley masih menjadi yang pertama.


Dan semoga kedepannya Indonesia dapat menjadi basis perkembangan bisnis dalam bidang teknologi seperti di silicon valley. Maka dari itu, perlu adanya kolaborasi, dukungan dari berbagai pihak khususnya pemerintah dan para investor. Terus berinovasi, berkarya dan menjadi anak muda yang kreatif, mandiri, dan berdaya juang tinggi! Salam Antek Indonesia !!! Salam solidaritas !!!
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget