8 Moment Ini Yang Bikin Mahasiswa Teknik Terkenal Solid dan Peduli ! - Anak Teknik Indonesia

8 Moment Ini Yang Bikin Mahasiswa Teknik Terkenal Solid dan Peduli !

Tentu beberapa sobat teknik tak pernah menyadari, bahwa 8 moment yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa-mahasiswi teknik ini justru membuat mereka menjadi pribadi yang tangguh dan berbeda, khususnya dalam berinteraksi sosial antar teman.


Ditengah jaman yang serba modern sekarang ini, banyak sekali masyarakat yang disibukkan dengan aktifitas  interaksi media sosial, komunikasi secara tak langsung yang dilakukan dengan bantuan gadget,. Sampai-sampai mereka lupa pentingnya interaksi dan hidup bersosial secara langsung. Apalagi negara kita ini terkenal dengan tradisi dan budaya masyarakatnya yang peduli, gotong royong, dan kehidupan sosialnya yang tinggi. Bahkan parahnya, banyak saat ini ditemui anak muda (pelajar dan mahasiswa) yang mudah depresi. mudah patah hati, mudah emosi dengan pemberitaan yang belum tentu benar. Hal ini dikarenakan kurangnya bergaul dan bersosial.
Namun hal ini sangat berbeda bila dibandingkan anak muda yang banyak berkarya, berorganisasi dan saling peduli bahkan masih mementingkan solidaritas antar teman. Seperti salah satunya lingkungan yang diadopsi oleh beberapa mahasiswa teknik. Mereka memiliki tradisi, cara tersendiri untuk membentuk pribadi yang solid, mengutamakan kerjasama dan sense of belonging antar team yang tinggi.  Tentu beberapa sobat teknik tak pernah menyadari, bahwa 8 moment yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa-mahasiswi teknik ini justru membuat mereka menjadi pribadi yang tangguh dan berbeda, khususnya dalam berinteraksi sosial antar teman. Cekidot! 

1. Masa orientasi kampus dan pendidikan jurusan yang berat


Tentu sudah menjadi hal yang umum kalo mahasiswa teknik memiliki masa orientasi yang bisa dibilang berat ketika menjadi mahasiswa baru (maba) . Mereka memiliki banyak penugasan yang berat. Mulai dari botak / gundul bareng, menggunakan atribut dan warna pakaian khas jurusan, mengerjakan berbagai penugasan dari senior, panggilan malam, dll. Dimana hal tersebut adalah untuk mencetak generasi yang solid antar angkatan di jurusan tertentu. 

2. Kebersamaan satu angkatan saat mengerjakan penugasan 


Tak jarang penugasan yang diberikan senior saat menjadi mahasiswa baru itu bisa dibilang berat bahkan tak berperikemanusiaan (hampir mirip tugas dosen). Mahasiswa baru akan disibukkan dengan berbagai tugas yang merenggut jam tidur mereka. Mulai dari membuat panji / bendera jurusan, mengerjakan buku angkatan yang berisi biodata lengkap teman seangkatan,  meminta tandatangan senior, mengenal sejarah kampus dan jurusan,  menghapal mars jurusan / fakultas dan masih banyak lagi. Tentu hal ini bukan tanpa tujuan,  yakni untuk membentuk generasi yang peduli,  solid, kenal antar teman dan angkatan,  dan pribadi yang tangguh. 

3. Agenda wajib bakti sosial ke panti asuhan / kaum dhuafa / desa binaan 


Pasti menjadi program kerja wajib bagi kalangan mahasiswa fakultas teknik untuk berbagi dan memberi ke kaum yang membutuhkan. Bagaimana tidak,  mereka harus bisa menerapkan agent of change kepada masyarakat. Biasanya acara ini diselenggarakan himpunan mahasiswa, dan dana yang dikeluarkan pun dari dana pribadi / sumbangan antar mahasiswanya. Tentu hal ini sangat membuat mereka lebih peka terhadap kondisi sosial di sekitar mereka. 

4. Lembur ngerjain laporan dan project dari dosen


Tentu bukan hal asing laporan bagi mahasiswa teknik. Seolah seperti makanan wajib bagi seorang anak teknik. Bagaimana tidak,  laporan adalah hal yang harus dikerjakan saat sebelum dan sesudah praktikum. Dan pengerjaannya pun selalu banyak menyita waktu, hingga memaksa kita untuk rela meninggalkan waktu tidur, waktu mandi, waktu makan, waktu bermain, dll. Apalagi project-project akhir (biasanya membuat suatu alat) yang harus dikerjakan secara tim / berkelompok. Malah lebih parah lagi. Kita gak hanya kehilangan waktu (seperti diatas) , tapi juga materi dan tenaga. Bahkan mengorbankan kesehatan. 

5. Susah sedih mengerjakan proker himpunan bersama rekan seangkatan


Proker himpunan adalah program kerja wajib bagi setiap himpunan mahasiswa khususnya teknik. Apalagi sebuah eksistensi jurusan teknik dapat diukur dari megah tidaknya acara yang diselenggarakan. Maka tak jarang kalo banyak mahasiswa teknik yang membuat sebuah acara megah yang bertajuk teknik,  untuk menunjukkan eksistensinya dikalangan mahasiswa lain atau masyarakat. Seperti lomba karya tulis,  lomba robot, lomba pemrograman, lomba inovasi, seminar ilmiah,  dll. Dan biasanya dibalik kesuksesan acara ini ada mahasiswa yang berjuang keras mencari sponsor, dana, perijinan, dll. Dan kebersamaan ini lah yang akan membuat mereka lebih akrab dan solid. 

6. Mengerjakan skripsi / project akhir bersama


Solidaritas mahasiswa teknik juga dibentuk pada tahap ini. Mereka akan selalu bekerjasama dan membantu di kala antar teman kesusahan. Walaupun skripsi / TA adalah tanggungan wajib antar pribadi,  tapi kerjasama tim adalah wajib hukumnya. Karena skill antar teman berbeda beda dan dibutuhkan tukar dan transformasi ilmu untuk menyelesaikan tiap permasalahan yang ada. Apalagi jika diharuskan membuat sebuah alat peraga,  alat inovasi, mesin ataupun elektronik. Pasti sangat dibutuhkan kerjasama tim. Bukan individu 


Kebersamaan mahasiswa teknik juga dapat dilihat ketika mereka kompak meneriakkan jargon dan yel yel masing-masing jurusan ketika kakak tingkatnya di wisuda. Mereka bahkan akan totalitas jika mengarak rekan / kakak tingkatnya yang sudah wisuda. Mulai dari atribut, kendaraan, kembang api, dll akan disiapkan demi menunjukkan kearogansian mereka dalam menyambut. Dan disinilah solidaritas, keseruan, dan kepeduliannya Anak Teknik dapat dilihat demi moment terakhir bersama kakak-kakak yang akan diwisuda.

8. Mendukung ikut serta jurusan di ajang rektor cup / dekan cup


Tentu sebuah ajang tahunan di sebuah kampus dalam menyelenggarakan acara kompetisi (biasanya olahraga) yang dikhususkan bagi seluruh mahasiswa seluruh fakultas dan jurusan. Dan di ajang inilah para mahasiswa khususnya teknik memiliki cara-cara "gila" dalam mendukung tim / jurusan nya ketika bermain di sebuah pertandingan. Mulai dari nyanyian,  yel2, teriakan,  jargon, hingga sedikit pressing untuk lawannya. Disinilah letak solidaritas mahasiswa teknik bisa dilihat.

Nahh,  keren bukan mahasiswa teknik. Sebenernya masih banyak banget moment lain yang gak bisa ditulis satu-satu. Karna memang banyak sekali. Dan dari itu semua memang mahasiswa teknik terkenal dengan budaya dan tradisi solid dan peduli antar teman satu angkatan. Cocok untuk dijadikan pendamping hidup. Hehe...

By : Arkastra Bhrevijana
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget