8 Konsep Proyek Konstruksi Paling Gila dalam Sejarah - Anak Teknik Indonesia

8 Konsep Proyek Konstruksi Paling Gila dalam Sejarah



#1 Freedom Ship



Konsep ini awalnya diusulkan pada tahun 1990an, yaitu kapal Freedom sebuah proyek konstruksi paling gila yang pernah ada. Jika dilihat, konsep ini akan menjadi kota terapung yang penuh dengan banyak fasilitas didalamnya. Kapal raksasa itu dapat melintasi dunia dalam dua tahun. Desainnya dapat menampung populasi sekitar 50.000 orang, lapangan pekerjaan, sekolah, restoran, pertokoan bahkan bandara. Kapal ini sangat besar sehingga tidak akan bisa benar-benar berlabuh di dermaga konvensional dan penduduk akan melakukan perjalanan ke daratan melalui bandara dek puncak. Kegagalan dari konsep ini adalah karena kesulitan teknisnya dan hingga akhirnya konsep ini kurang diminati warga potensial. Sebuah gagasan aneh dan berani!

#2 Shimizu Mega-City Pyramid (Tokyo)



Contoh lain dari proyek konstruksi paling gila yakni Shimizu Mega-City Pyramid, dimana bangunan ini dapat menampung sekitar satu juta orang. Usulan itu untuk membangun kota terapung di pelabuhan Tokyo yang begitu besar sehingga bisa menampung gedung pencakar langit hingga 100 lantai di dalamnya. Namun saat ini, kota berpenduduk padat seperti Tokyo masih kesulitan dalam hal teknis karena dikhawatirkan dapat membuat malapetaka. Desainnya adalah dengan membuat piramida hingga lima gulungan ditumpuk di atas satu sama lain, masing-masing seukuran Piramid Besar Giza. Sementara ini masih belum direalisasikan, dan dianggap konsep yang masih fiksi.

#3 Vertical Farming



Konsep berikutnya yang masuk dalam daftar proyek konstruksi paling gila yakni, gedung vertikal dengan banyak tumbuhan didalamnya.  konsep gedung ini dibuat karena meningkatnya populasi dan untuk mengurangi lahan yang tersedia pada pertanian. Yakni dengan membuat pertanian yang menjulang ke atas! Konsep umumnya adalah bertani pada struktur tipe pencakar langit dan banyak di antaranya cukup menjanjikan. Jika disadari, jenis struktur ini dapat mengurangi tekanan pada kebutuhan pangan untuk menggeser populasi kota dan mengurangi atau mencegah kebutuhan akan transportasi makanan yang mahal dan boros di seluruh dunia. Proposal ini sudah diajukan oleh Dragonfly di New York City. Namun sampai saat ini, kemampuan kita untuk membangun struktur semacam itu belum sesuai dengan ambisi manusia

#4 Sutyagin House (Rusia)



Inilah contoh nyata dari salah satu proyek konstruksi paling gila. Pada tahun 1992, Nikolai Sutyagin tidak bisa puas dengan ukuran dan skala rumahnya. Jadi dia mencoba untuk menambah skala luasan rumahnya dengan menumpuk beberapa bangunan diatasnya. Justru yang terlihat malah aneh dan abstrak. 

#5 Phare Du Monda (Road Tower) , Paris



Tahun 1930-an merupakan saat yang menarik dalam banyak hal. Pada bagian akhir dekade ini, sebuah konsep untuk membangun menara setinggi 700 meter dengan sebuah jalan diusulkan. Menyerupai sesuatu yang mirip dengan tiang barber di jalan, bagian atas menara akan memiliki sebuah hotel yang bisa Anda lewati di menara untuk dijangkau dan diparkir. Ternyata, menara tersebut bisa menampung hingga 400 mobil dan juga memiliki restoran yang terjepit di antara hotel dan garasi!

#6 Plan Voisin, Paris



Paris tentu tidak kebal terhadap konsep proyek konstruksi paling gila. Meskipun tahun 1930-an ada konsep menarik bagi Paris, ini telah berlanjut beberapa dekade yang lalu. Dapatkah Anda membayangkan rencana untuk menghancurkan sebagian besar kota Paris dan membangunnya kembali dengan 18 menara kaca yang dihubungkan oleh kereta bawah tanah? Sekarang bayangkan struktur yang dikelilingi oleh taman kota?  itu Plan Voisin. Idenya adalah untuk membangun sebagian besar bisnis Paris di struktur ini.

Syukurlah rencananya tidak disadari, meski akan menarik reaksi orang Prancis terhadap konsep semacam itu. Namun, kami menghargai arsiteknya, dia baru berusia empat dasawarsa lebih awal dari proyek serupa tahun 1960an, paling tidak di Inggris.

#7 Alain De Botton's Atheist Temple (London)

Meskipun secara teknis hal ini dapat mudah dibangun, proyek ini tampaknya telah dibuat sejak proposal pada tahun 2012. Idenya adalah untuk membangun sebuah "kuil" untuk ateisme di London dengan rencana untuk menambah masyarakat beragama atheis di seluruh dunia. Meski prinsipnya bisa diratakan pada atheis aktual, desainnya membuat banyak akal. Itu dimaksudkan untuk menjadi 46 meter, mewakili 4,6 miliar tahun keberadaan Bumi. Tidak ada rencana jelas yang dibuat untuk penggunaan sebenarnya bangunan itu.

#8 Project Chariot, Alaska



Penggalian menggunakan bahan peledak atau mesin kimia terlalu lama menurut anda? Alternatif yang jelas adalah menggunakan beberapa nukes kan? Benar. Selama akhir 1950-an AS memiliki rencana untuk membangun pelabuhan di Alaska dengan menggunakan ledakan Nuklir. Hei, kenapa tidak? Rupanya, ini adalah langkah awal untuk menunjukkan kepada dunia bahwa teknologi baru ini dapat digunakan dengan baik di dunia

Nah sobat teknik, gimana menurut kalian, cukup aneh dan gila ya, tapi ya apa daya untuk sebuah konsep, walaupun di masa depan nanti ada beberapa yang membutuhkan konsep gila tersebut.
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget