7 Struktur Exoskeleton di Seluruh Dunia - Anak Teknik Indonesia

7 Struktur Exoskeleton di Seluruh Dunia


Bagi insinyur struktural, membangun estetika hanyalah ceri di atas kue. Substansi sebenarnya dari struktur bangunan terletak pada disain dan pengaturan struktur elemen dan anggota struktur yang kompleks. Lebih sering daripada tidak, fitur struktural penting ini kurang dihargai karena biasanya tersembunyi jauh di dalam kelongsong bangunan untuk memberikan eksterior yang lebih estetis. Namun, sejumlah bangunan tidak takut untuk mengekspos kerangka mereka dan sebagai gantinya, tunjukkan desain struktur mereka secara teknis. Jadi, mari kita lihat tujuh struktur exoskeleton yang paling mengesankan di dunia dan dapatkan apresiasi yang lebih dalam terhadap desain teknis mereka yang rumit.

# 7 NEO Bankside (London)

Sebuah bangunan penthouse mewah yang mewah di jantung kota London, NEO Bankside adalah struktur exoskeleton yang sangat modern. Bangunan ini terdiri dari kerangka beton yang berfungsi sebagai inti dengan perimeter perimeter eksterior yang memberikan stabilitas lateral dari pemuatan angin, yang mengurangi kebutuhan dinding tipis. Hal ini memungkinkan bangunan untuk mendapatkan lebih banyak lantai dan membuka kemungkinan untuk perkembangan masa depan. Pemasangan diagonal dihubungkan pada setiap lantai ketiga oleh node yang disematkan, yang menciptakan sistem yang mentransfer beban lateral ke inti utama struktur. Menatap langit-langit London, bangunan-bangunan ini memberikan pemandangan dan pengalaman kota yang tak ternilai harganya.



# 6 One Maritime Plaza (San Francisco)

Desain ikon dan elegan oleh perusahaan teknik struktur SOM, struktur exoskeleton ini menggunakan braket diagonal yang diimbangi dari dinding tirai kaca. Terletak di distrik keuangan San Francisco, sebagian bangunan itu dibangun di atas tanah karena berada di atas meja air. Desain exoskeleton mendekati memaksimalkan ruang interior yang dapat digunakan karena interferensi kolom di dalam gedung telah dieliminasi. Berdiri di antara kota yang penuh dengan struktur inovatif, One Maritime Plaza memisahkan diri dengan desain struktural eksoskeletonnya.



# 5 Atlantic Plumbing (Washington D.C.)

Dengan desain arsitektur industri, bangunan Plumbing Atlantik memiliki jendela kaca dari lantai ke langit-langit yang luas yang menawarkan pemandangan kota dari Washington DC. Bingkai penguat eksterior bangunan terdiri dari baja pelapukan Corten, yang dirancang untuk menahan beban lateral dan termal. Ini memiliki inti beton yang dilemparkan dan berfungsi sebagai pendukung struktural utama bangunan tersebut. Struktur kerangka exoskeleton ini tidak hanya menawarkan stabilitas struktural, namun juga melengkapi estetika industri dan tegang yang sedang dihadapi arsitek.



# 4 Cannon Place (London)

Direkayasa membangun bisnis, Cannon Place adalah struktur exoskeleton yang luar biasa di London. Hotel ini menyediakan panorama cakrawala kota yang menakjubkan dan menawarkan ruang lantai yang tidak terganggu karena strukturnya hampir bebas dari kolom. Bagian luar bangunan sangat diperkuat dengan anggota baja yang telah diimbangi dari fasad kaca. Perulangan silang dan diagonal besar membawa semua beban struktural dan menyerap beban transien seperti tenaga angin.



Ada total enam bingkai besar X yang mendukung cantilevers 21 meter kembali ke inti struktur dan kemudian diikat bersamaan melalui bingkai X yang serupa. Sistem ini memungkinkan seluruh struktur untuk menyeimbangkan. Gulungan baja yang terbuka didukung pada empat struktur pelat tebal komposit yang beralih ke pondasi bangunan. Eksterior yang kompleks dan eksotis, bangunan Cannon Place adalah salah satu struktur menarik dan inovatif di London.

# 3 Hotel Arts (Barcelona)

Berdiri di sepanjang pantai Mediterania Barcelona, bangunan multi-tujuan ini dirancang dengan peletakan silang exoskeleton perimeter. Hotel Arts menampilkan 44 cerita tentang kelongsong kaca dan kerangka baja terbuka, yang menjadikannya salah satu bangunan tertinggi di Spanyol. Cross bracings di tepi akun bangunan untuk beban angin tinggi dalam arah lateral dengan penguatan penguat silang lebih lanjut di bagian atas dan tengah. Melalui sistem exoskeleton ini, area lantai yang luas dicapai dengan membuat ruang pameran seni yang luas. Hotel ini menampilkan koleksi seni potongan komedi eksklusif abad ke-20 oleh seniman Catalan dan Spanyol kontemporer.



# 2 Pusat Pompidou (Paris)

Menyediakan pemandangan paling indah di atas Paris, Centre Pompidou adalah rumah bagi koleksi seni modern dan kontemporer terbesar di Eropa. Merayakan ulang tahun ke 40 tahun 2017 ini, struktur exoskeleton yang mengesankan ini berfungsi sebagai ikon arsitektur dan teknik di kota Prancis.

Center Pompidou tidak hanya menampilkan karya seni yang indah, ini adalah karya seni teknik yang dirancang sebagai "diagram spasial yang berkembang" oleh arsitek Italia Renzo Piano dan Gianfranco Franchini, dan arsitek Inggris Richard Rogers.



Salah satu desain kerangka bangunan yang berbeda dan terbuka adalah struktur struktural baja yang saling menyilang. Untuk memeriahkan fasad, desainer menggunakan empat warna cerah - biru, merah, kuning, dan hijau - untuk kode warna layanan bangunan dari struktur. Pipa AC bangunan dikodekan dalam warna biru, layanan listrik berwarna kuning, pipa air berwarna hijau, dan merah untuk eskalator dan lift.

# 1 Kantor Pusat HSBC (Hong Kong)

Meski berusia di atas 30 tahun, Markas Besar HSBC di Hong Kong masih dikenal sebagai salah satu bangunan paling cerdas secara struktural di dunia. Sebuah tampilan mengesankan dari desain struktur gantung sangat penting untuk fleksibilitas dan potensi pengembangan bangunan. Bangunan tersebut memperoleh area lantai superstruktur 30% tambahan karena kerangka struktural berada di luar daripada memungkinkan perkembangan masa depan jika peraturan perencanaan diubah.



Susunan kerangka eksterior anggota memungkinkan sistem membawa semua muatan struktural, menciptakan permukaan tanah bebas yang luar biasa. Solusi struktural ini adalah prestasi teknik inovatif yang membuat bangunan menjadi salah satu bangunan yang sangat dihormati di dunia.

Meski rumit karena penglihatan saja, struktur ini telah mengalami analisis teknik yang kritis dan rumit. Malam tanpa tidur dan berjam-jam berpikir adalah blok bangunan dari struktur exoskeleton yang luar biasa ini. Dan mudah-mudahan, daftar sederhana ini memberi anda apresiasi yang lebih berakar pada struktur exoskeleton.

Banyak struktur lain seperti ini ada dan jauh lebih modern jadi jangan ragu untuk memberi tahu kami di bagian komentar di bawah ini jika anda memilikinya untuk ditambahkan ke dalam daftar.

Nah sobat teknik makin terinovasi tidak dengan struktur bangunan yang keren ini, mudah-mudah an sobat teknik di Indonesia ada yang buat bangunan seperti ini untuk mewarnai kota-kota Indonesia yaa.. Selamat berkarya :)
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget