7 Profesi Lulusan IT Yang Bisa Kamu Pilih - Anak Teknik Indonesia

7 Profesi Lulusan IT Yang Bisa Kamu Pilih

Potensi Profesi Lulusan IT


Kebanyakan dari orang asing mengatakan anak IT/ lulusan IT itu keren parah. Sampai segala problematika mengenai teknologi dikeluhkan kepada anak IT. Padahal kalau mereka mau tahu, IT sendiri pun memiliki jurusan atau fokus sendiri. Salah satu nya network engineering. Dimana mereka lebih fokus ke jaringan dan perangkat keras saja.


1.       1. Programmer/Developer Startup


Umumnya, profesi ini menjadi pofesi pertama para lulusan jurusan IT. Beberapa perusahaan biasanya sudah memisahkan bagian pekerjaan programmer/developer ini menjadi 2 bagian, Front-end dan Back-end. Front-end berfokus pada tampilan aplikasi dan back-end berfokus pada data yang akan diolah lalu dikirimkan pada bagian front-end.

2.       2. IT support


Staff IT support dirasa sudah menjadi bagian penting pada setiap perusahaan. Bagaimana tidak? Untuk urusan jaringan kantor, ssid, dan perangkat komputer jika tiba – tiba tidak berfungsi atau mengalami kerusahan, siapa yang akan menghandle masalah tersebut. Tidak mungkin kan si bos akan manggil office boy. Salah – salah, bukan nya memperbaiki malah memperparah kondisi.

3.      3. Database Administrator


Tidak melulu lulusan IT harus bekerja di perusahaan teknologi maupun startup. Beberapa perusahaan lain membutuhkan tenaga kerja IT untuk mengolah data perusahaan mereka, seperti rumah sakit dan perusahaan retail. Dengan data yang ribuan dan data yang harus dilindungi, database administrator memiliki tanggung jawab yang besar dalam posisi ini.


4.       4. Project Manager


Jika kalian berada di posisi ini, kalian akan lebih jarang ngoding. Hampir tidak pernah jika memang tidak memungkinkan. Karena project manager disini bertugas mengatur, memprediksi dan melaporkan maupun berdiskusi pada pihak client. Project manager harus mengetahui kapan aplikasi/program akan selesai, memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan programmernya, dan terus memantau kinerja programmernya.  


5. IT Advisor


Tentunya tidak mudah untuk mendapatkan profesi yang dibilang cukup keren ini. Banyak pengalaman dan memiliki skill yang luar biasa lah yang bisa menjadi IT adviser. Dimana fokus pekerjaannya adalah memberikan solusi dan masukan untuk para industri teknologi. Alamanda santika contohnya, setelah mengundurkan diri dari jabatan Vice President Go-Jek, beliau sibuk kesana kemari memenuhi panggilan client yang membutuhkan advise darinya. Memang bukan pekerjaan yang mudah.

6.       6. Hacker 


Dikatakan profesi tapi terkesan bukan, hacker sudah menjadi salah satu daya tarik sendiri untuk mencari pundi – pundi keuntungan bagi lulusan IT. Belakangan aktifitas hacker ini sudah  sangat mencolok di Indonesia seperti beberapa situs jaringan provider yang telah diretas, sampai kejadian terakhir dimana hacker telah menyebarkan virus wanna cry dan ransomware. Agar perangkat kembali berjalan normal, para hacker ini meminta tebusan beberapa uang tunai.


7.       7. CEO startup


Menjadi CEO dari perusahaan teknologi saat ini tidaklah susah, namun juga tidak segampang mengedipkan mata. Di Indonesia dan beberapa negara lain, umumnya CEO dari startup adalah lulusan IT yang dimana mereka sendirilah yang mencetuskan ide untuk membuat startup tersebut. Seperti Facebook, Go-Jek, Qlapa.com, dan BukaLapak.com.


Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget