5 Fakta Menarik Dari Kontes Robot Indonesia Regional 4 Di Gor Pertamina, Universitas Brawijaya Malang - Anak Teknik Indonesia

5 Fakta Menarik Dari Kontes Robot Indonesia Regional 4 Di Gor Pertamina, Universitas Brawijaya Malang


Sabtu kemarin, 6 Mei 2017 telah berlansungnya event terbesar dari Ristekdikti dibidang robotika yaitu Kontes Robot Indonesia atau biasa disebut KRI tingkat regional 4 yang bertempat di GOR Pertamina, Universitas Brawijaya. KRI mempunyai 5 divisi robot, yaitu KRAI (Kontes Robot Abu Indonesia) yang tahun ini bertemakan “Lempar Cakram”, KRSTI (Kontes Robot Seni Tari Indonesia), KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia) yang dibagi menjadi 2 kategori yaitu Beroda dan Humanoid, dan yang terakhir yaitu KRPAI (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia) Berkaki. Oiya, kemarin admin sempat ngeliput acara KRI ini loh di GOR Pertamina, Universitas Brawijaya. Berikut adalah 5 Fakta menarik dari Kontes Robot Indonesia Regional 4.

1. Kontes Robot Indonesia diikuti oleh 40 Universitas, Insitut dan Politeknik dari Jawa Timur, sebagian dari Bali dan Jawa Tengah. Untuk melakukan seleksi, KRI melakukan penyisihan dan dibagi menjadi 4 Regional, yaitu Regional 1 di Sumatra bertempat di Universitas Sriwijaya, Regional 2 di Jawa Barat bertempat di Universitas Telkom, Regional 3 di Jawa Tengah bertempat di Universitas Gajah Mada dan Regional 4 di Jawa Timur bertempat di Universitas Brawijaya. Pelaksanaan KRI berlangsung selama sebulan di bulan Mei dengan selisih seminggu setiap regionalnya. Dan Regional 4 memulai KRI di tahun 2017 ini.

2. KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia) kategori Humanoid hanya dilaksanakan di 2 Regional yaitu di Regional 2 bertempat di Universitas Telkom, Bandung dan Regional 4 bertempat di Universitas Brawijaya, Malang.

3. Tim Robot Ichiro, menambah robot baru KRSBI kategori Humanoid. Ini yang jadi momen paling mengejutkan dari KRI tahun ini, Tim Ichiro menambah robotnya sehingga jumlah robot menjadi 4 robot, dan ukuran robot yang baru berukuran teen size, kurang lebih 100 cm dibekali dengan baterai yang cukup besar. Gimana ga keren coba? :)

4. Tema KRI Regional 4 pada Divisi KRAI (Kontes Robot Abu Indonesia) pada tahun ini yaitu “Lempar Cakram”. Setiap tahunnya, KRAI mengalami perubahan tema seiring dengan aturan dari Kontes Robot Internasional. Pada tahun 2015, bertemakan “Pertandingan Bulutangkis”, pada tahun 2016, bertemakan “Energi Terbarukan”, dan pada tahun 2017 bertemakan “Lempar Cakram”. KRAI merupakan salah satu kategori KRI yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap Universitas, Institut maupun Politeknik karena mempunyai tantangan tersendiri dalam pengerjaan robot tersebut.

5. PENS, Juara Umum KRI (Kontes Robot Indonesia) Regional 4, di GOR Pertamina, Universitas Brawijaya. YAP, memang tidak dapat di pungkiri kalau Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) merupakan langganan Juara Umum Kontes Robot Indonesia di Regional 4. Berikut adalah rekapitulasi seluruh divisi Kontes Robot Indonesia (KRI) 2017 Regional 4 di GOR Pertamina, Universitas Brawijaya Malang, 6 Mei 2017.

DIVISI KRAI
1. PENSAE (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
2. RI-GIANT (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
3. INVICTO (Univeritas Brawijaya)
Juara Harapan : RENGGANIS (Universitas Negeri Surabaya)
Design Terbaik : JR14 (Universitas Negeri Jember)
Strategi Terbaik : PENSAE (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

DIVISI KRPAI
1. DOME (Universitas Muhammadiyah Malang)
2. BHANTARA WIJAYA (Universitas Brawijaya)
3. ABINARA1 (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Juara Harapan : EILERO (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
Design Terbaik : ABINARA1 (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Strategi Terbaik : BHANTARA WIJAYA (Universitas Brawijaya)

DIVISI KRSBI BERODA
1. ERSOW (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
2. ESPARTAN (Universitas Brawijaya)
3. AL-JAZARI (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Juara Harapan : IR-AGROCER (Universitas Negeri Jember)
Design Terbaik : AL-JAZARI (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Strategi Terbaik : SAKERA (Universitas Trunojoyo Madura)

DIVISI KRSBI HUMANOID
1. ICHIRO (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
2. EROS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
3. ALFAROBI (Universitas Gajah Mada)
Juara Harapan : ATOM (Universitas Brawijaya)
Design Terbaik : ICHIRO (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Strategi Terbaik : EROS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

DIVISI KRSTI
1. ADHIRA-ARUNA (Universitas Brawijaya)
2. ERISA (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
3. VIROSE (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Juara Harapan : AZZAHRALY (Universitas Negeri Surabaya)
Design dan Artistik Terbaik : ERISA (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

Juara Umum KRI 2017 Regional 4 : Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Design Terbaik KRI 2017 Regional 4 : ERISA (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

Selamat untuk pemenang, dan tetaplah mengharumkan bangsa Indonesia. Semangat! :)



Labels:
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget