10 Monumen Berstruktur Kaca Di Dunia - Anak Teknik Indonesia

10 Monumen Berstruktur Kaca Di Dunia



Desain arsitektur romantis ditambah dengan solusi teknik yang cerdas seringkali menghasilkan sebuah yang menakjubkan yang bisa mencuci mata publik. Struktur fasad kaca adalah contoh di mana arsitektur dan teknik bertemu untuk saling merancang bangunan yang monumental dan inspiratif. Nah sobat teknik berikut beberapa monumen kaca yang terindah di dunia:

#10 Louvre Pyramid (Paris)



Terletak di halaman utama Istana Louvre, piramida kaca besar ini berfungsi sebagai pintu masuk utama ke Museum Louvre di Paris, Prancis. Meskipun piramida Louvre berukuran kecil, dengan tinggi 21,6 m, bangunan ini masih menonjol sebagai arsitektur dengan teknik kaca yang elegan. Dengan 603 cabang berbentuk segi enam dan 70 segmen segitiga, struktur memodernisasi Istana Louvre terlihat canggih dan luar biasa. Sepotong monumental dari struktur seni, Louvre Pyramid juga sebagai tempat romantis di Prancis.

#9 Federation Square (Melbourne)



Bentuk unik Federation Square didukung dengan geometri tektonik yang berbeda dari fasad kaca. Materialnya cladding, batu pasir, seng, dan kaca digabungkan dalam kotak pinwheel segitiga. Kemudian sistem cascading panel segitiga hingga pada akhirnya membentuk 'mega panel', yang dilengkapi dengan kerangka struktural untuk membangun fasad kaca. Berdiri sebagai daerah kewarganegaraan baru di jantung kota Melbourne, Federation Square adalah keindahan bangunan dengan struktur kaca yang enak untuk dilihat.

#8 The Crystal (Copenhagen)



Beristirahat di tempat yang unik dan memanjakan mata, bangunan serbaguna ini mengapung di atas kota Kopenhagen yang ramai. Pelataran kaca bangunan Crystal menarik perhatian di siang hari dan sekitarnya menggunakan kaca-kaca ganda. Kaca fitur tabir surya terintegrasi yang memungkinkan bangunan untuk menyesuaikan diri secara otomatis dengan mengubah kondisi cahaya. Terlepas dari estetika yang menarik, kaca luarnya juga mencakup desain sutra halus yang mengendalikan aliran sinar matahari yang memberi kehidupan pada suasana kawasan pelabuhan. Mewakili definisi Skandinavia yang sangat indah.

#7 Garak Tower East (Seoul)



Fasad kaca GT Tower di Seoul, Korea Selatan dirancang dengan efek yang terlihat seolah bergerak seperti gelombang. Sudut-sudut yang 'montok' membuat bangunan terpisah dari setiap struktur fasad kaca lainnya. Desain menara itu terinspirasi dari bentuk aliran puisi tradisional Korea. Keselarasan fasad kaca memungkinkan cahaya alami menembus bangunan untuk memberi iluminasi. Melayani sebagai ruang perkantoran, struktur kaca melengkung juga merupakan landmark monumental di kota oriental.

#6 Emporia Shopping Mall (Malmö)




Dirancang oleh arsitek Swedia Gert Wingårdh yang terkenal, bangunan Emporia dibalut dengan fasad kaca emas yang memungkinkan matahari menembus pintu masuk halaman. Struktur penggunaan campuran ini adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Skandinavia dan berdiri sebagai tengara monumental Malmö di samping stasiun kereta Malmö Arena dan Hyllie.


#5 Reichstag Dome (Berlin)



Berlin's Reichstag Dome adalah kota masa lalu seperti dibangun untuk mengubah bangunan Bundestag yang hancur karena perang. Sebagai tempat pertunjukan seni. Untuk memanfaatkan cahaya alami, kubah ini dibangun dengan kaca fasad yang didesain untuk memperhatikan pergerakan sinar matahari. Ini membuat keterbukaan dan memantulkan matahari dan dalam struktur dengan bentuk kubahnya dilapisi dengan kaca. Sistem kaca cerdas diotomatisasi dengan naungan matahari yang melindungi bagian dalam bangunan dari keuntungan matahari langsung yang tidak diinginkan.

#4 The Shard (London)



Berdiri tinggi pada ketinggian 306 m, Shard adalah bangunan tertinggi di Eropa Barat dan struktur kaca ikon di jantung kota London. Bangunan itu memiliki kelongsong kaca biru dengan kualitas sangat tinggi, yang dirancang untuk mencerminkan langit, awan, dan sinar matahari. Ini berkilau seperti pecahan kaca pada hari yang cerah yang memberi suar tepat di tengah kota.



Tentu saja, kita tidak bisa membicarakan Shard dan tidak membahas teknik konstruksi 'top-down' pertama di dunia yang digunakan untuk membangun menara kaca ini. Struktur kaca yang menakjubkan ini merupakan keajaiban arsitektur dan teknik.



#3 Aldar Headquarters (Abu Dhabi)



Meski melingkar di ketinggian, gedung Markas Aldar di Abu Dhabi menggunakan panel kaca segitiga yang disusun dalam grid bentuk berlian. Sistem cerdas ini menangkap geometri melengkung bangunan yang menyediakan ruang interior yang hampir bebas dari kolom. Gagasan tradisional dan modern diresapi untuk mencapai struktur fasad kaca yang inovatif ini.

#2 Harpa Concert Hall (Reykjavik)

Terinspirasi oleh alam, fasad kaca geometris dari Konser Harpa Concert Hall dirancang dari karakteristik formasi basal lokal wilayah ini. Karena bangunan itu mencerminkan dan menangkap cahaya alami. Fasad kaca dikonseptualisasikan untuk "dematerialise" bangunan sebagai entitas yang masih hidup dan memungkinkannya untuk berinteraksi dengan warna sekitarnya. Kehidupan bangunan bersumber dari cahaya kota, lautan, dan cahaya langit. Henning Larsen, perancang arsitektur Harpa, menjelaskan konsep di balik sistem fasad bangunan mereka.
“Made of glass and steel in a twelve-sided space-filling geometric modular system called the ‘quasi-brick’, the building appears a kaleidoscopic play of colors, reflected in the more than 1000 quasi-bricks composing the southern facade”.
#1 One World Trade Center (New York)



Menjulang di atas hutan beton New York, One World Trade Center adalah struktur kaca-fasad monumental yang dibangun untuk membangun kembali masa lalu kota yang hilang. Strukturnya naik di atas distrik keuangan Manhattan bagian bawah dan merupakan salah satu gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Tepian dinding tirai kaca biru dan bercahaya membalut menara dari lantai 20 sampai ke observatorium, memberinya keanggunan kristal.

Melihat rentan karena ketinggiannya yang ekstrim 541 m, unit kaca dapat menahan beban angin yang besar yang diterapkan pada bangunan yang sangat tinggi yang memenuhi langkah-langkah keamanan ketat yang diperlukan untuk jenis struktur ini. Selain itu, ini adalah gedung pencakar langit pertama yang memasang kaca berisolasi yang membentang dari lantai ke lantai tinggi tanpa menggunakan tiang tengah antara atau batang penghubung. Dan belajar dari sejarah tragis kompleks World Trade Center, menara baru ini didesain ulang untuk menahan bom truk setelah fasad kaca gagal selama pengujian awal. 



Melayani sebagai perkantoran untuk jaringan bisnis besar di negara ini sambil memberikan pandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya mengenai Kota, One World Trade Center juga merupakan arsitektur yang signifikan dan mudah diingat yang dapat menangkap kembali cakrawala New York.

Sobat teknik, struktur kaca ini cukup menakjubkan dan luar biasa . Beri tahu kami di bagian komentar jika ada struktur fasad kaca yang ingin Anda ketahui - bagikan dengan kami bangunan yang menangkap dan menginspirasi Anda. Kapan nih Indonesia dapat membuat salah satu struktur kaca tertinggi di Indonesia dan terhebat yang pastinya, anak teknik Indonesia pasti bisa !


Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget