Setelah Drone, Facebook Kini Uji Coba Helikopter, Buat Apa? - Anak Teknik Indonesia

Setelah Drone, Facebook Kini Uji Coba Helikopter, Buat Apa?

Tether-tenna memiliki fungsi yang sama dengan Aquilla, yaitu menyebarkan internet terutama di daerah bencana.


Facebook nampaknya belum mau menyerah untuk menyebarkan internet untuk semua orang di Dunia. Setelah proyek Drone yang diberinama Aquilla mengalami kecelakan saat tebang, kini Facebook membuat helikopter tak ber-awak Tether-tenna.

Tether-tenna memiliki fungsi yang sama dengan Aquilla, yaitu menyebarkan internet terutama di daerah bencana. Drone Helikopter ini juga bisa mengapung di atas selama berbulan-bulan.

Cara kerja dari Tether-tenna adalah dengan memanfaatkan kabel fiber optik dan aliran Listrik yang masih berfungsi. Jika si Helikopter sudah terhubung dengan kabel fiber dan listrik, maka Tether-tenna akan menjelma menjadi menara base tranceiver station (BTS) sementara.

Teknologi baru yang dikembangkan Facebook ini sangat berguna terutama bagi daerah-daerah yang sering mengalami bencana. Namun sayang, Helikopter Tether-tenna masih dalam proses pengembangan dan belum dapat dipastikan apakah akan diproduksi secara masal.

Sumber: Kompas & Detik
Labels:
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget