Gak Nyangka! Orang-Orang Hebat Ini Ternyata Lulusan Teknik! - Anak Teknik Indonesia

Gak Nyangka! Orang-Orang Hebat Ini Ternyata Lulusan Teknik!

Tentu sebagian sobat anakteknik tak pernah menyangka, jika banyak orang beken / terkenal terlahir dari Fakultas Teknik. Menjadi CEO, Founder, Pemimpin yang menginspirasi banyak orang. Bahkan mereka bisa sukses dari bidang non-teknik. Menjadi inspirasi dan berkarya di bidang lain selain teknik.

Indonesia Hebat
Tentu sebagian sobat anakteknik tak pernah menyangka, jika banyak orang beken / terkenal terlahir dari Fakultas Teknik. Menjadi CEO, Founder, Pemimpin yang menginspirasi banyak orang. Bahkan mereka bisa sukses dari bidang non-teknik. Menjadi inspirasi dan berkarya di bidang lain selain teknik. Siapa saja orang-orang tersebut ? Cekidot ..

1. Aburizal Bakrie
Aburizal Bakrie

Siapa yang tak kenal aburizal bakrie ? Beliau adalah anak sulung dari keluarga Achmad Bakrie, pendiri Kelompok Usaha Bakrie, dan akrab dipanggil Ical. Selepas menyelesaikan kuliah di Fakultas Elektro Institut Teknologi Bandung pada 1973, Ical memilih fokus mengembangkan perusahaan keluarga, dan terakhir sebelum menjadi anggota kabinet, Bapak ini memimpin Kelompok Usaha Bakrie (1992-2004). Selama berkecimpung di dunia usaha, Ical juga aktif dalam kepengurusan sejumlah organisasi pengusaha. Sebelum memutuskan meninggalkan karier di dunia usaha, dia menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) selama dua periode (1994-2004).

2. Basuki Tjahaja Purnama
Basuki Tjahaja Purnama

Ahok lahir di Belitung pada tanggal 29 Juni 1966. Dia adalah anak pertama dari pasangan Indra Tjahaja Purnama dan Buniarti Ningsing yang merupakan keturunan Tionghoa-Indonesia. Ahok adalah lulusan Universitas Trisakti dengan Jurusan Teknik Geologi di Fakultas Teknik Mineral. Setelah lulus dan mendapatkan gelar Insinyur Geologi, pada tahun 1989 Ahok kembali ke Belitung dan mendirikan CV Panda yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan PT Timah. Dan kini ahok aktif di dunia politik.

3. Habibie

Beliau merupakan presiden ke - 3 Republik Indonesia yang lebih dikenal Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Seorang teknokrat Indonesia yang telah banyak menginspirasi banyak orang baik dari dalam dan luar negeri. beliau adalah lulusan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung, beliau mendapatkan beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk melanjutkan kuliahnya di Jerman, Karena pada waktu itu pemerintah Indonesia dibawah Soekarno gencar membiayai ratusan siswa cerdas Indonesia untuk bersekolah di luar negeri menimba ilmu disana. Habibie kemudian memilih jurusan Teknik Penerbangan dengan spesialisasi Konstruksi pesawat terbang di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule (RWTH) Jerman.

4. Erwin Gutawa

Anak kedua dari tujuh bersaudara pasangan Gutawa Sumapraja dan Sariati Kodiat ini adalah lulusan dari Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Dia memperoleh pendidikan musik formal dengan mengikuti les piano klasik selama dua tahun, sejak ia masih duduk di kelas empat SD di Jakarta. Sejak di kelas enam SD, ia sering mengikuti kegiatan nge-band secara amatir sebagai pemain bass. Pria kelahiran Jakarta ini mulai terjun ke industri musik rekaman dan panggung secara profesional pada 1980 sejak ketika itu ia masih belajar di SMU di Jakarta. Dalam periode SMU pula, ia mulai bergaul dengan permainan orkestra untuk musik pop. Pada tahun 1970-an, Gutawa pernah beberapa kali bermain film. Dan di tahun 1980 ia menjadi bassist pada Orkes Telerama pimpinan Isbandi yang ditayangkan di TVRI. 

5. Hatta Rajasa

Adalah lulusan Teknik Perminyakan Insitut Teknologi Bandung. Hatta Rajasa merupakan pengusaha dan CEO sukses yang kini berkonsentrasi jadi politisi. Semua perusahaannya dijual setelah masuk partai. Bapak yang dulunya menjadi mantan wakil presiden sekaligus mantan menteri (Sekarang Sekjen Partai Amanat Nasional) ini selalu mendahulukan kepentingan bangsa. Terlatih bekerja keras, jujur, mandiri dan bekerjasama sejak kecil. 

6. Nicholas Saputra

Siapa tak kenal Nicholas Saputra ? Alumni Teknik Arsitektur, Universitas Indonesia ini sangat cinta pada dunia fotografi bangunan dan dunia per-filman. Ia mengawali karier sebagai seorang model, dimana dalam dunia akting membuat nya harus bekerja keras untuk mendapatkan sebuah peran di  film. Nicholas sering mengikuti beberapa kali casting, dan akhirnya peran dalam sebuah film “ Ada Apa Dengan Cinta “ di tahun 2002 menjadi awal karir yang baik. Peran Rangga memang sangat melekat sampai sekarang, nama Nicholas Saputra menjadi sangat populer sejak kehadiran film “ AADC “ bersama artis Indonesia Dian Sastro Wardoyo. Sederet judul film Indonesia telah sukses di perankan oleh Nicholas Saputra dan berbagai penghargaan bergengsi telah Nicholas Saputra raih selama berkarier di dunia per filmman Indonesia. Benar-benar anak teknik yang membooming.
7. Ridwan Kamil

Tentu sobat teknik sangat mengenal dengan sosok walikota sekaligus arsitektur ini. Mochammad Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil beserta biodatanya yang kini menjabat sebagai walikota Bandung. Beliau Lahir di Bandung pada tanggal 4 Oktober 1971, Ia merupakan anak kedua dari lima bersaudara. Ia suka membaca komik dan melihat foto dari berbagai kota di luar negeri karena dia menyukai berimajinasi sejak kecil. Dan hal ini yang membuatnya setelah tamat SMA, untuk melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung dengan mengambil jurusan Teknik Arsitektur dari tahun 1990 hingga 1995. Ridwan kamil juga aktif dalam kelompok-kelompok mahasiswa dan unit kegiatan seni. Ia memiliki semangat kewirausahaan sejak kecil dan berlanjut hingga di kampus, untuk mencari dana tambahan untuk kuliah, ia membuat ilustrasi cat air atau maket untuk dosen. Lulus dari ITB, ia memilih untuk bekerja di Amerika Serikat. Tapi hanya bertahan empat bulan bekerja ia berhenti karena dampak krisis moneter Indonesia yang membuat klien tidak membayar pekerjaannya. Ia tidak langsung pulang ke Indonesia, dia bertahan di Amerika sebelum akhirnya mendapat Beasiswa S2 di University of California, Berkeley. Sambil mengambil S2 di Univesitas tersebut Ridwan Kamil bekerja paruh waktu di Departemen Perancanaan Kota Berkeley. Untuk bertahan hidup di Amerika, ia makan sekali sehari dengan menu murah seharga 99 sen. Perjuangan Ridwan Kamil untuk bertahan hidup di Amerika terus diuji ketika istrinya, Atalia Praratya akan melahirkan anak pertama mereka.

Gimana? Banyak kan orang terkenal dan pemimpin yang dilahirkan dari pendidikan FT ! Sebenarnya masih banyak sekali tapi tidak bisa dibahas semuanya. Namun yang perlu dimaknai adalah kisah sukses mereka dan kegigihannya. Tentu hal ini tidak terlepas dari kerasnya budaya dan tradisi lingkungan teknik untuk mencetak generasi berbobot seperti mereka. Baik kerja kerasnya, kegigihan dan kekuatan fisik mentalnya yang membuat mereka sukses di lingkungan masyarakat. Walaupun tidak melanjutkan berkarya di bidang teknik, tapi yang terpenting mereka dapat berguna bagi orang sekitar. Terus berkarya Anak Teknik Indonesia!!!

Baca Juga :
Inilah Kampus Pencetak CEO Startup Sukses 
Animator Film Terkenal Ini Ternyata Orang Indonesia
Labels:
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget