Nintendo Resmi Merilis Konsol Tercanggih “Nintendo Switch” - Anak Teknik Indonesia

Nintendo Resmi Merilis Konsol Tercanggih “Nintendo Switch”

Kali ini kita akan membahas konsol keluaran terbaru keluaran dari Nintendo yang dirilis bulan Maret tahun ini. Konsol yang berbeda dari para pendahulunya ini diberi nama Nintendo Switch. Dilansir laman The Verge, Nintendo membanderol Switch dengan harga USD 300.

Nintendo Switch
Selamat pagi, sobat teknik! Bagi kalian yang hari ini telah melaksanakan ujian tengah semester tetap semangat ya! Kali ini kita akan membahas konsol keluaran terbaru keluaran dari Nintendo yang dirilis bulan Maret tahun ini. Konsol yang berbeda dari para pendahulunya ini diberi nama Nintendo Switch. Dilansir laman The Verge, Nintendo membanderol Switch dengan harga USD 300. Di Indonesia sendiri, harganya berkisar dengan antara 5 – 6 juta. Terdapat First Party game dan Third Party game yang disediakan oleh Nintendo. Nintendo telah mengonfirmasi bahwa akan ada 48 judul game. Namun untuk saat ini, Nintendo telah berjanji untuk mengerjakan 80 judul game.

Sesuai dengan namanya, konsol ini dapat diubah dari bentuk konsol game yang dapat dihubungkan dengan televisi menjadi sebuah tablet yang bisa dibawa kemana-mana. Switch yang dapat berubah bentuk didesain dengan yang sangat ramping layaknya tablet berbentuk persegi panjang. Saat digunakan dalam mode konsol rumah, maka ia dapat disematkan dalam sebuah dock yang memiliki segala jenis konektor yang dibutuhkan untuk dihubungkan dengan layar HD. Perangkat ini ditemani dengan sepasang kontroler yang disebut sebagai Joy-Con. Dimana ketika dalam mode konsol rumahan, ia bisa dipasangkan pada sebuah grip, yang disebut Joy-con Grip, sekaligus otak nirkabel yang memuat baterai agar dapat terhubung dengan konsol utama. Sehingga ia akan terlihat dan berfungsi seperti halnya kontroler Pro milik Wii U. Hanya saja terlihat lebih kotak, karena bentukan grip itu sendiri.

Lalu, bagaimana ketika masuk ke mode konsol portabel? Kita tinggal mencabut tablet atau konsol utama Switch dari dock nya, lalu memasangkan sepasang kontroller Joy-Con ini ke sisi kanan dan kiri tablet sehingga kita bisa mendapatkan sebuah desain konsol portabel ala-ala Sony PS Vita, atau tablet gaming dari Nvidia. Untuk spesifikasinya, dari segi prosessor, Nintendo Switch dipersenjatai dengan prosesor octa core Nvidia Tegra X1 yang dikenal punya performa mumpuni. Menariknya lagi, Nvidia memadukannya dengan chip grafis berbasis Maxwell yang punya 256 core. Alhasil, didapatkan kecepatan chip grafis tersebut berjalan di angka 768 Mhz ketika Switch dalam kondisi ditancapkan ke docking. Dalam kondisi standalone, Switch hanya menyuguhkan kecepatan grafis 307,2 MHz.

Secara hardware, layar Switch hanya mampu menyodorkan resolusi 720 pixel. Namun kemungkinan bisa merasakan resolusi hingga 1080 pixel bila Switch ditancapkan ke layar televisi. 
Yang terakhir yang tak kalah pentingnya adalah memori internal yang disuguhkan Switch sebesar 32 GB yang nantinya dapat ditambahkan dengan menggunakan microSDXC.
Switch dapat dimainkan dalam 3 mode, diantaranya: 

  • TV Mode
Jika Switch dimainkan dalam TV mode, output yang akan dihasilkan pada layar TV yakni full HD 1080p dengan framerate sebesar 60fps. Kita tetap dapat memainkannya menggunakan Joycon.

  • Tabletop Mode

Tablet Mode
Pada mode ini, Switch dapat dimainkan dimana saja ketika bermain multiplayer games. 2 Joycon disisi kanan dan kiri dapat dipergunakan masing-masing 1 orang. Output yang dihasilkan pada layar yakni HD 720p dengan framerate sebesar 60fps demi menghemat baterai dan tergantung dari game yang dimainkan.
  • Handheld Mode
Handled Mode
Switch pada mode ini jika kita memainkan permainan hanya 1 orang saja. Joycon dapat dipasang kembali disisi kanan dan kiri layar. Handheld yang nyaman dipegang akan membuat gamer merasa betah bermain seharian.

Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget