Animator Film Populer Ini Ternyata Orang Indonesia ! - Anak Teknik Indonesia

Animator Film Populer Ini Ternyata Orang Indonesia !

Dibalik film populer yang kita tonton di di bioskop tentunya menggunakan efek dan desain animasi komputer yang dikemas secara baik oleh animator hebat. Inilah beberapa animator terkenal yang menggarap animasi film populer yang ada di negeri ini bahkan film box office internasioanl.

Animator Indonesia Terkenal
Tentu sobat teknik tak asing lagi dengan kata animasi. Ya, animasi yaitu sebuah gambar / ilustrasi yang diciptakan untuk dibuat seolah – olah sebagai wujud 2 dimensi hingga 3 dimensi dari manusia atau makhluk lainnya. Dan sudah sering kita lihat di kartun televisi bahkan di film bioskop. Siapa kira dibalik film yang telah sobat teknik tonton, ada sejumlah nama yang merupakan anak bangsa. dan Indonesia patut berbangga memiliki anak bangsa yang berpotensi menciptakan berbagai karya yang mampu dikenal dan dinikmati oleh seluruh manusia di belahan dunia manapun. Siapa mereka? Simak profilnya.

1. Andre Surya
Andre Surya
Star Trek, Terminator Salvation, Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull, Iron Man 2, Dan Transformers: Ravenge of the Fallen. Anda pastinya pernah menonton film-film popular ini. Nah, Andre Surya adalah salah satu orang yang tergabung dalam pembuatan film-film tersebut.

Cowok yang lahir di Jakarta pada 1 Oktober 1984 ini pernah bekerja di perusahaan efek terbesar dunia, Industrial Light and Magic telah memberikan Andre Surya kesempatan-kesempatan untuk berkarya di kancah Internasional. Pasca melalang buana lewat pekerjaannya di Industrial Light and Magic,  Andre Surya kini tengah disibukkan dengan pembangunan dan pengembangan perusahaannya sendiri yaitu Studio EnspireStudio.

2. Rini Triyani Sugianto
Rini Triyani Sugianto
Pernah mendengar atau menyaksikan film The Adventure of Tintin dan the Avengers 1 dan 2? Jika pernah maka kita patut berbangga karena salah satu tim yang terlibat dalam pembuatan film animasi tersebut adalah orang Indonesia.

Rini adalah lulusan S2 dari Academy of Arts di San Fransisco, California, AS. Pasca menggarap Tintin, Rini sempat bekerja pada perusahaan milik sutradara Peter Jackson, WETA digital di Selandia Baru. Setelah bekerja di Weta Digital, kini Rini sedang fokus untuk menggarap Animasi film TED 2 dibawah Tippet Studio yang berlokasi di San Fransisco.

3. Marsha Chikita Fawzi
Marsha Chikita Fawzi

Masyarakat Indonesia tentu sangat familiarr dengan film kartun Upin-Ipin yang berasal dari Malaysia. Tapi siapa sangka jika ternyata ada orang Indonesia yang terlibat langsung dalam pembuatan film itu. Ia adalah Marsha Chikita Fawzi, anak dari pasangan Ikang Fawzi dan Marissa Haque. Kini, Marsha Chikita Fawzi telah kembali ke Indonesia untuk mendirikan perusahaan animasi bernama Monso House bersama lima orang rekannya.

4. Ronny Gani
Ronny Gani
Alumni UI ini terlibat dalam pembuatan transformers: Age of Extinction. Dan percaya tidak percaya, pria ini ternyata belajar animasi secara otodidak. Lewat kerja kerasnya, Ronny Gani mampu menjadi salah satu karyawan di sebuah perusahaan film animasi yang berbasis di Singapura, yaitu Industrial light & magic, anak perusahaan dari LucasFilm.

Selain itu ia juga terlibat dalam pembuatan film Warcraft (2016) Ant Man (2015), Strange Magic (2015), Noah (2014, Pacific Rim (2013), dan The Avengers (2012)

5. Griselda Sastrawinata
Griselda Sastrawinata
Buat Anda yang suka dengan film Shrek, Kungfu Panda, Madagascar dan Monster Aliens Inc, selain itu film Kungfu Panda, dan Monster Aliens Inc. Ia pindah ke Amerika sejak kelas 2 SMA, kemudian melanjutkan pendidikan di Art Center College of Design di Pasadena, AS. Griselda kini bekerja di salah satu studio film animasi besar.

6. Christiawan Lie
Christiawan Lie
Lulus dari ITB, ia berhasil mendapatkan beasiswa full bright di jurusan Sequential Art atau komik di Savannah College of Art and Design. Dari situlah ternyata langkah berkarier Christiawan terbuka. Ia berhasil terlibat dalam pembuatan animasi film Transformers 3, GI: Joe, Spiderman, Star Wars dan Lord of the Rings. Kecintaannya pada animasi kelas dunia tidak membawa pria berusia 40 tahun ini meninggalkan Indonesia. Bahkan kini ia telah mendirikan Caravan Studio di Indonesia.

7. Michael Reynold Tagore
Michael Reynold Tagore
Tentu tak asing dengan film The Hobbit, The Avenger dan Iron Man 3. Film animasi ini sangat menampilkan betapa detailnya para animator dalam membuat animasinya. Lulusan Desain Grafis Universitas Tarumanegara dan S-2 jurusan desain di University Technology of Sydney ini  bekerja di WETA Digital, Selandia Baru yang turut memproduksi film The Hobbit: AN Unexpected Journey dan Iron Man3. Selain itu, cowok kelahiran Surabaya, 24 Mei 1979 adalah seorang texture artist dari film – film tersebut.Selain itu juga ia berperan dalam banyak film, yaitu Alvin and the Chipmunks: The Road Chip (2015) sebagai shader/texture, Maze Runner: The Scorch Trials (2015) sebagai shader/ texture, Dawn of the Planet of the Apes (2014) sebagai Textures Department, The Hobbit: The Battle of the Five Armies (2014) sebagai Texture Artist, Iron Man 3 (2013) sebagai Digital Effects Crew, The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013) sebagai Texture Artist, The Wolverine (2013) sebagai Model/Texture, dan Happy Feet Two (2011) sebagai Surfacing Artist. 

Sungguh hebat bukan? Mereka adalah pahlawan dibalik film-film hebat yang populer dimata jutaan penonton. Dan jangan heran kalau pendapatannya bisa mencapai ratusan juta setiap bulannya. Tertarik dengan dunia animasi ? 
Labels:
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget