Teknologi Baru Virtual Reality akan Memungkinkan Kita Merasakan Seluruh Tubuh - Anak Teknik Indonesia

Teknologi Baru Virtual Reality akan Memungkinkan Kita Merasakan Seluruh Tubuh

Virtual Reality adalah pemunculan gambar-gambar tiga dimensi yang di bangkitkan komputer, yang terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan tertentu. Ciri terpentingnya adalah dengan menggunakan perangkat yang dirancang untuk tujuan tertentu,

Virtual Reality

Teknologi Virtual Reality

Virtual Reality adalah pemunculan gambar-gambar tiga dimensi yang di bangkitkan komputer, yang terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan tertentu. Ciri terpentingnya adalah dengan menggunakan perangkat yang dirancang untuk tujuan tertentu, teknologi ini mampu menjadikan orang yang merasakan dunia maya tersebut terkecoh dan yakin bahwa yang dialaminya adalah nyata. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual,yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik,tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil penginderaan, seperti suara melalui speaker atau headphone. Virtual reality disingkat dengan VR yang dapat menciptakan sebuah simulasi dunia tiga dimensi.

Bila kita melihat game-game virtual reality (VR) beberapa tahun belakangan, masih ada satu selisih yang nyata antara dunia nyata dan dunia VR, yaitu keterbatasan interaksi dari game dan anggota tubuh tanpa controller. Kita hanya bisa menggerakkan animasi dalam game, tanpa bisa merasakan diri sendiri. Bahkan, terkadang beberapa game hanya memberikan tampilan tangan saja, tanpa ada anggota tubuh lain. Kabar baiknya, merasakan tubuh di VR sepertinya akan menjadi kenyataan dalam beberapa waktu mendatang. Beberapa developer telah mengembangkan berbagai macam cara dan teknologi untuk membuat sensasi “tubuh nyata” di dunia VR menjadi punya banyak fungsi. Salah satunya adalah CloudGate Studio, yang menggabungkan 4 buah controller HTC Vive untuk tangan dan kaki. Hasilnya? Benar-benar luar biasa, kita bisa berinteraksi dengan dunia sekitar di VR layaknya beraksi di dunia nyata. Berikut video dari CloudGate:

Tesla Suit

Tesla Suit

Bahkan yang diteliti oleh National University di Singapura melakukan penelitian untuk pengembangan Virtual Reality (VR) dan mereka menyakini bisa memberikan pengalaman lebih mendalam pada pengguna VR merasakan perubahan suhu dan angin.
Nimesha Ranasinghe dan timnya menciptakan sebuah alat yang mereka beri nama Ambiotherm yang sebelumnya mampu membuat pengguna VR merasakan rasa. Kali ini mereka menambahkan dua fitur baru, yang pertama modul angin melekat pada bagian bawah dari headset.untuk mensimulasikan angin bertiup di wajah pemakainya.

Yang kedua adalah modul suhu yang menempel pada bagian belakang leher si pemakai untuk mensimulasikan panas. Berbagai percobaan menunjukkan bahwa aplikasi bertahap setiap modul dapat meniru bagaimana seluruh tubuh akan benar-benar merasakan suhu sesuai dengan keadaan dalam VR, misalnya, pemakainya sedang berjalan melalui gurun di bawah terik matahari atau sedang ski menuruni lereng gunung.
Merasakan dengan Tesla Suit

Upaya serupa pernah dilakukan untuk menciptakan kondisi lingkungan yang bisa dirasakan pengguna VR seperti dengan kipas angin dan lampu. Dibandingkan dengan Ambiotherm, apa yang dilakukan Nimesha dan timnya adalah sebuah keberhasilan dan sebuah prestasi yang mengangumkan. Ke depan, tim ini berencana untuk membuat pengguna VR dapat merasakan bau dan getaran serta belajar bagaimana emosi manusia dapat ditambah dan diterapkan untuk VR multi indera.

Selain itu, ada juga perusahaan yang membuat TeslaSuit, yaitu baju untuk merasakan feedback dari game. Seperti tembakan, pukulan, sentuhan, bahkan kita bisa merasakan pelukan seseorang dari jarak jauh lewat baju ini! 
Jadi, masa depan VR masih punya banyak potensi dan perkembangan yang begitu besar. Apakah kamu Anak Teknik bisa mengembangkan bagaimana kegunaan VR di masa depan?

[img featured="1" src="https://1.bp.blogspot.com/-y8mPq9ZK0iQ/WNZIauHhxCI/AAAAAAAABo8/AyE8yEVjWHoEoc0y4AnOaF4404_oXseWQCLcB/s1600/virtual-reality.jpg"/] [img featured="2" src="https://3.bp.blogspot.com/-9TzEpTXPvQc/WNZH7pNee7I/AAAAAAAABo4/XC2MSmeYIrYXEqljN_EnX_e_EvwvjgYGwCLcB/s1600/StarVR_OZO_event.jpg"/] [youtube featured="1" src="D-2t25xtw2o"/]
Labels:
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget