Mobil Presiden RI 1 Kok Mogok? Simak Penyebabnya! - Anak Teknik Indonesia

Mobil Presiden RI 1 Kok Mogok? Simak Penyebabnya!

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala menjelaskan, mobil RI-1 sempat mogok saat Presiden Joko Widodo mengunjungi Kalimantan Barat (Kalbar). Kondisi itu terjadi karena faktor umur kendaraan. Di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Darmansjah membenarkan mobil dinas presiden sempat mogok setelah presiden dan rombongan meresmikan 8 Mobile Power Plant (MPP) di Desa Jungkat, Kabupaten Mempawah, Sabtu (18/3) siang. Mobil yang digunakan saat itu Mercedes Benz S-600 keluaran tahun 2007 yang dibawa dari Jakarta. "Iya, mogok di perjalanan setelah menempuh perjalanan lebih kurang 30 menit," kata Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin yang juga ikut dalam rombongan Jokowi. Menurut Bey, mobil Mercedes Benz S-600 itu mogok diduga karena gasnya bermasalah. Masalah tersebut membuat kendaraan tidak bisa berjalan dalam keadaan normal. Berselang 5 menit, Jokowi dan Iriana akhirnya dipindahkan ke mobil Toyota Alphard. "Ajudan mengecek situasi lebih dulu, kemudian Ibu Negara naik ke Alphard, baru Bapak menyusul," ucap Bey.

Mobil RI 1

Kok Bisa Mogok?

Rupanya, mobil yang sempat mogok itu merupakan mobil lama. Mobil Mercedes Benz S-600 Pullman Guard itu diadakan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Inilah mobil kepresiden terakhir yang saat ini digunakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Mercedez-Benz S600 Pullman Guard sebagai mobil dinas khusus kepresidenan dan sekaligus pelindungnya saat mengaspal di jalanan. Mobil Dinas Jokowi, Mercedez-Benz S600 Pullman Guard bukan mobil mewah biasa. Mobil ini merupakan teraman yang dipasarkan di seluruh dunia, yang biasanya digunakan para pemimpin negara. Mercedes S600 Pullman Guard untuk Jokowi dibuat dengan material antipeluru berstandar Eropa B6/B7. Mercedez-Benz sendiri berasal dari Jerman keluaran 2008 yang menggunakan nomor polisi B 1190 RFS. Mobil itu bisa menahan tembakan senjata ringan, granat tangan, dan bahan peledak ringan.
[next]

Spesifikasi Mobil RI 1

Sebagai kendaraan khusus kepresidenan, Mercy buatan 2008 ini dibekali mesin 6.000 CC V12 dengan tenaga 525 daya kuda. Jika bannya kempes atau bocor, Mercy Jokowi masih mampu melaju hingga sejauh 60 kilometer. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mengunci penyebaran api.
Spek Mobil RI 1

Untuk kondisi darurat, mobil ini memiliki fitur pengaturan udara segar, sistem kontrol pneumatik untuk membuka jendela secara elektronik, serta panic alarm system jika ada ancaman keamanan. Selain berlapiskan Baja, Mobil Keamanan Jokowi yang satu ini dilengkapi juga tenaga tambahan power window, pada kaca mobil dilapisi dengan polikarbonat anti peluru dan ledakan, dimana mengantisipasi serangan secara langsung. Menariknya Mercedez-Benz ini di memiliki pengaturan udara segara dalam kondisi darurat, serta dilengkapi juga panic alarm system guna untuk memberi informasi adanyan ancaman keamanan.
Spek Mewah RI 1

Dilihat dari segi interior Mercedez-Benz mobil kemamanan Jokowi, dilengkapi night view assist system atau layaknya sonar inframerah yang berfungsi sebagai pemantau kondisi luar dalam keadaan gelap. Selain itu, adanya 4 pintu dengan kemampuan adjustable doorhold dan kamera belakang, kaca depan, dan jendela depan anti panas. Dan untuk spesifikasi mesin yang digunakan oleh Mercedez-Benz, yakni mesin berkapasitas 6.000 cc V12 dengan turbo ganda, dan memiliki tenaga mencapai 523 hp. Tangki bahan bakarnya berkapasitas 90 liter dan dilengkapi sistem pemadam kebakaran otomatis agar tidak meluas. Dengan semua kelebihan dan spesifikasi yang memenuhi standar yang ada pada Mercedez-Benz memang disediakan untuk mobil dinas dari pemerintah untuk memberikan keamanan yang maksimal untuk pemimpin nomor satu Indonesia.
[img featured="1" src="https://3.bp.blogspot.com/-y2H_XnlDKx4/WNFN7joCNHI/AAAAAAAABmA/AQ9E5ztYa8YrxU-Xi7WLhIXsOH4jRGdQgCLcB/s1600/unnamed%2B%25287%2529.jpg"/]
[youtube featured="1" src="1zLAwhPf9XQ"/]
Labels:
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget