Seluruh Kereta Api Listrik di Belanda Kini Gunakan Energi Angin - Anak Teknik Indonesia

Seluruh Kereta Api Listrik di Belanda Kini Gunakan Energi Angin

Kereta bertenaga angin di proyek kereta berkecepatan tinggi lain di seluruh dunia, sebenarnya telah rampung pada akhir 2015, bahkan pemerintah Belanda berencana mengubah daya kereta listrik di seluruh negeri sepenuhnya dengan tenaga angin sampai tahun 2018. Namun, di luar dugaan program renewable energy yang memanfaatkan tenaga angin tercapai hingga 75% pada tahun 2016.

Kereta Api Belanda
Sangat menginspirasi, Maraknya renewable energi belakangan ini mendorong Pemerintah Belanda pada tahun ini,gencar memfasilitasi seluruh kereta api listrik yang menjangkau hingga ke pelosok negeri tersebut akan digerakkan oleh tenaga angin. Usaha yang maksimal telah ditempuh oleh perusahaan kereta api nasional Nederlandse Spoorwegen (NS) sejak beberapa tahun belakangan. Tak disangka, cita-cita itu terwujud setahun lebih cepat dari perkiraan. 

Rencana Proyek

Kereta bertenaga angin di proyek kereta berkecepatan tinggi lain di seluruh dunia, sebenarnya telah rampung pada akhir 2015, bahkan pemerintah Belanda berencana mengubah daya kereta listrik di seluruh negeri sepenuhnya dengan tenaga angin sampai tahun 2018. Namun, di luar dugaan program renewable energy yang memanfaatkan tenaga angin tercapai hingga 75% pada tahun 2016.

Sejak 1 Januari 2017 , seluruh kereta listrik telah 100% menggunakan tenaga angin. Kesuksesan Belanda memanfaatkan energi angin dipelopori perusahaan kereta api Belanda NS dalam menciptakan transportasi massal yang ramah lingkungan.  Melalui salah satu perusahaan kereta api terbesar di Belanda, yang dikenal sebagai NS, bermitra dengan perusahaan energi Eneco pada tahun 2015, keduanya bekerja sama mewujudkan energi terbarukan ke dalam armada kereta listrik, yang setiap harinya membawa 600.000 penumpang.
Kereta Energi Angin
Listrik yang digunakan untuk menjalankan kereta berasal dari peternakan angin di Belanda, Belgia, dan Finlandia, yang sebagian besar baru dibangun baru-baru ini, yang dibuka lebih cepat dari jadwal untuk mendorong percepatan peralihan energi terbarukan.
[next]

Efisiensi Energi

Komitmen Belanda pada pemberdayaan energi terbarukan terutama tenaga angin mencapai prestasinya pada tahun 2015 lalu. Global Wind Energy Report 2015 mencatat turbin-turbin angin yang memiliki tenaga sebesar 586 Mega Watt (MW) yang dipasang otoritas Belanda sejak bulan Januari hingga Desember 2015. Total kapasitas kumulatif yang dicapai tahun itu mencapai 3.431 MW. Sementara jumlah turbin angin meningkat menjadi 2.174. 
Kereta Energi Angin
Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun 2010 saat pemerintah Belanda memiliki 1973 turbin angin termasuk 98 buah di dua lokasi lepas pantai. Di tahun yang sama PLTA di Belanda mampu memenuhi 4,1 persen kebutuhan listrik nasional. Pencapaian itu setara dengan 9,4 persen kebutuhan listrik Jerman dan 14 persen kebutuhan listrik Portugal. Penambahan turbin di tahun 2015 membuat kemampuannya meningkat jadi 5,6 persen.

Tahun lalu, Belanda kembali menjadi berita utama saat sebuah area “peternakan angin” yang mampu menghasilkan tenaga hingga 700 MW di lepas pantai dekat kota Borssele didaulat menjadi kelompok kincir angin paling efektif di dunia. 
Keren ya Negara Belanda, Indonesia kapan?? Semoga menginspirasi teknokrat indonesia untuk terus mengembangkan energi bersih bagi kebutuhan listrik Indonesia ...Salam anak teknik indonesia.
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget